Padahal untuk Kesehatannya Sendiri, Kenapa Ya Lansia Sering Menolak Diajak Periksa ke Dokter?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 10 Desember 2021 18:03
Padahal untuk Kesehatannya Sendiri, Kenapa Ya Lansia Sering Menolak Diajak Periksa ke Dokter?
Terus gimana cara mengatasinya?

Lansia merupakan kelompok usia yang rentan dengan berbagai jenis penyakit, contohnya penyakit degenaratif. Nah, cara terbaik untuk menjaga kesehatan lansia adalah dengan mengajaknya rutin berkonsultasi ke dokter. Sayangnya, tidak semua tidak semua lansia mau berkunjung ke dokter.

Mereka justru bilang kalau istirahat lebih lama, nanti sakitnya juga sembuh. Tapi sebenarnya apa sih alasan mereka nggak mau periksa ke dokter?

1 dari 6 halaman

Lansia Periksa ke DokterLansia Periksa ke Dokter © Shutterstock.com

Apakah kamu khawatir karena orangtua sering menolak konsultasi ke dokter setiap kali kamu mengajaknya? Tenang, kamu tidak sendiri. Pasalnya, keluhan ini juga dialami banyak orang yang juga merawat lansia. Namun, kenapa lansia sering kali menolak periksa ke dokter.

Guna menjawab pertanyaan tersebut, Orlando Health melakukan survei nasional di Amerika Serikat pada lansia, kenapa meraka tidak mau periksa kesehatan ke dokter, dan berikut hasilnya.

2 dari 6 halaman

  • Terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mengunjungi dokter, sebanyak 22 persen.
  • Takut setelah tahu seperti apa kondisi kesehatan yang dialaminya, sebanyak 21 persen.
  • Tidak nyaman ketika menjalani serangkaian tes fisik, terutama pemeriksaan kesehatan di sekitar organ intimnya, sebesar 8 persen.
  • Takut nantinya dokter mengajukan berbagai pertanyaan yang membuat mereka merasa tidak nyaman, contohnya ketika lansia masih saja merokok, padahal kebiasaan tersebut merusak kesehatan. Ada 8 persen lansia yang menjawab pertanyaan tentang hal ini.
  • Tidak ingin mengetahui seberapa parah hasil diagnosis dokter terkait kesehatannya, sebanyak 7 persen.

3 dari 6 halaman

Lansia Periksa ke DokterLansia Periksa ke Dokter © Shutterstock.com

Kemudian, survei tahun 2014 yang dilakukan oleh CDC di AS, menunjukkan bahwa lansia yang lebih banyak menolak untuk pergi ke dokter adalah pria. Dengan kata lain, lansia wanita lebih mudah kamu ajak periksa ke dokter ketimbang lansia pria.

Tidak hanya itu, survei yang dilakukan pada tahun 2016 oleh Cleveland Clinic menemukan jika sebanyak 53 persen pria memilih tidak membicarakan masalah kesehatannya ke orang lain. Survei tersebut juga menemukan sebanyak 22 persen pria bahkan tidak pernah membahas kondisi kesehatannya dengan siapa pun, termasuk pasangan dan anak mereka.

4 dari 6 halaman

Lansia Periksa ke DokterLansia Periksa ke Dokter © Shutterstock.com

Merawat lansia pasti membuat benak kamu penuh dengan berbagai pertanyaan seputar kesehatan mereka. kamu bisa saja menemukan informasi dari buku maupun internet. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu langsung melakukan konsultasi ke dokter.

Jika orangtua kamu sering menolak memeriksakan diri ke dokter, dan sering mengatakan bahwa tidak ada gunanya menemui dokter, hal tersebut mungkin karena mereka merasa tidak nyaman. Sikap keras kepala yang mereka tunjukkan merupakan cara untuk menutupi segala ketakutannya.

5 dari 6 halaman

Kunci agar kamu berhasil mengajak lansia periksa kesehatan ke dokter adalah harus bisa membujuk dan menjelaskan padanya mengenai kondisi kesehatan tubuhnya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengajak bicara orangtua kamu seputar masalah kesehatan lansia agar mereka lebih peduli terhadap kesehatannya.

  • Tunjukkan fakta terkait kondisi kesehatannya.
  • Ajukan alasan tentang kenapa alasan tak mau ke dokter.
  • Bersikap lemah lembut dan mengajak dengan penuh hati-hati.
  • Sebaiknya, jangan langsung memaksa. Tapi pahami dulu dan ajak pelan-pelan.
  • Temani orangtua saat periksa ke dokter.

Beri Komentar