Sering Dialami Lansia, Benarkah Diabetes Tak Bisa Disembuhkan?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 4 November 2021 18:03
Sering Dialami Lansia, Benarkah Diabetes Tak Bisa Disembuhkan?
Yuk, coba lihat penjelasannya berikut ini.

Salah satau penyakit yang serin dialami oleh Lansia adalah diabetes. Penyakit yang disebut silent killer ini memang disebut sebagai induk segaa=la jenis penyakit karena membawa komplikasi lain.

Hal inilah yang sering membuat penderita diabetes patah semengat. Mereka sering bertanya-tanya, apakah diabetes bisa disembuhkan? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, yuk kita lihat penjelasannya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Dilansir dari laman Klikdokter, diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak dapat memetabolisme gula darah akibat kekurangan insulin. Insulin berfungsi mengelola gula dalam darah (pada diabetes tipe 1) atau tubuh yang tidak sensitif terhadap insulin (pada diabetes tipa 2).

Tumpukan gula darah tersebut memicu gangguan pada organ tubuh dan menimbulkan sejumlah gejala khas diabetes, seperti mudah lapar, mudah haus, sering buang air kecil, dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. Gejala lain yang bisa timbul adalah mudah lelah, gatal di area kemaluan, luka yang sulit sembuh, dan gangguan penglihatan.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Di antara berbagai penyakit metabolik, diabetes adalah salah satu penyakit yang angka kejadiannya semakin tinggi. Sebagaimana dicatat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), jumlah penderita diabetes di dunia terus bertambah, terutama di negara berkembang. Indonesia sendiri menempati urutan keempat dalam daftar negara dengan kasus diabetes terbanyak. Diperkirakan, sekitar 10 juta orang mengalaminya.

Bertambahnya jumlah penderita diabetes tentu berdampak pada banyak aspek. Diabetes kerap disebut sebagai silent killer, atau pembuluh dalam senyap.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Karena, gejalanya sering terjadi perlahan tanpa disadari penderitanya, dan berujung pada berbagai komplikasi. Tak jarang, pasien diabetes memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan saat sudah terjadi gangguan ginjal, penglihatan, saraf, penyakit jantung, masalah pembuluh darah, dan sebagainya.

Dampak lainnya adalah, diabetes menyebabkan usia harapan hidup seseorang berkurang sekitar 5-10 tahun. Diabetes adalah salah satu penyebab kegagalan organ tubuh dan kematian pada usia muda.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Fakta-fakta di atas membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah ada terapi yang bisa menyembuhkan diabetes?

Dokter jarang menyebutkan kata “ sembuh” pada penderita diabetes, karena memang penyakit tersebut tak bisa sembuh. Namun, diabetes bisa “ sembuh”, dalam arti kadar gula gula darah stabil dan terkontrol. Inilah yang merupakan tujuan pengobatan diabetes. Dengan demikian penderitanya bebas dari gejala, terhindar dari komplikasi yang berat, dan pada akhirnya dapat menjalani aktivitas sehari-hari tanpa gangguan penyakit ini.

5 dari 6 halaman

Supaya gula darah stabil serta penyakit terkontrol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Mengatur pola makan
  • Rutin berolahraga
  • Jaga berat badan
  • Minum obat penurun gula darah.

Jadi, apakah diabetes bisa disembuhkan? Jawabannya tidak. Namun, diabetes dapat dikontrol. Dengan melakukan pola hidup sehat dan pengobatan yang tepat, penderita penyakit gula dapat merasakan hidup yang bebas dari gejala, serta terhindar dari komplikasi, dan penderita diabetes bisa menjalani aktivitas tanpa gangguan.

Beri Komentar