Jangan Begini kalau Mau Jadi Kakek dan Nenek yang Hebat!

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 30 Oktober 2021 06:45
Jangan Begini kalau Mau Jadi Kakek dan Nenek yang Hebat!
Kebanyakan kakek-nenek berusaha keras untuk menjadi kakek-nenek terbaik bagi cucu mereka.

Tapi niat baik tidak selalu berarti melakukan hal yang benar. Bahkan kakek-nenek yang berusaha sekuat tenaga terkadang melampaui batas.

Ketika kakek-nenek tidak hebat di mata cucu mereka, itu mungkin akibat dari perbedaan generasi. Siapa yang tahu dunia akan berubah begitu cepat dan meninggalkan jurang pemisah antara generasi?

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Kakek Nenek © Diadona

Kadang-kadang kakek-nenek telah menghabiskan beberapa dekade bertanggung jawab dan mengalami kesulitan untuk memasuki peran baru dengan parameter yang berbeda. Terkadang justru sebaliknya, kakek-nenek telah menjadi penegak untuk sementara waktu, dan sekarang mereka ingin menjadi orang yang memanjakan.

Apa pun yang ada di balik kesalahan ini, ada baiknya untuk melihat kakek-nenek dengan jujur. Bagi kalian anggota keluarga yang tinggal bersama atau paling tidak ingin menjalin relasi yang lebih baik dengan kakek-nenek, cobalah hindari enam kesalahan umum dalam bersikap yang dapat menyebabkan hubungan antara kakek-nenek dan keluarga jadi buruk.

2 dari 6 halaman

Kakek-Nenek yang Terjebak di Hari Tua yang Baik

Kakek-nenek kuno memiliki banyak hal untuk dibagikan kepada cucu. Anak-anak dapat memperoleh manfaat dari pengenalan keterampilan tradisional mereka, pengetahuan mereka tentang sejarah keluarga, dan nilai-nilai hidup mereka.

3 dari 6 halaman

Kakek-Nenek yang Tak Mau Berbagi

Ilustrasi Kakek Nenek © Diadona

Beberapa kakek-nenek tidak bisa mendapatkan cukup dari anak-anak dan cucu-cucu mereka. Mereka ingin diikutsertakan dalam setiap perayaan keluarga, jalan-jalan, dan liburan. Terkadang generasi muda semuanya ada di dalamnya. Misalnya, liburan multi-generasi memiliki beberapa keuntungan yang pasti, termasuk memiliki babysitter yang khusus mengurus kakek-nenek.

Ingatlah bahwa meskipun anak-anak dan cucu-cucu mungkin senang menghabiskan banyak waktu bersama kakek dan nenek, terkadang mereka juga ingin waktu berduaan dengan lingkaran teman dekat dan kakek-nenek lainnya.

4 dari 6 halaman

Kakek-nenek yang Tidak Menghargai Perbedaan

Ketika generasi berbenturan, mungkin tergoda untuk mengatakan, " Aku tidak membesarkanmu seperti itu!" Tapi cobalah untuk melawan dan lebih bijak.

Orang dewasa membuat keputusan sendiri, dan terkadang mereka berubah pikiran tentang sesuatu yang diajarkan kepada mereka sebagai anak-anak. Kemungkinannya adalah, kakek dan nenek mungkin juga melakukannya. Jadi cobalah untuk tidak tersinggung jika anak atau cucu misalnya memiliki pandangan politik yang berbeda , atau filosofi pengasuhan yang berbeda.

5 dari 6 halaman

Kakek-nenek yang Menghakimi

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

Menjadi orang tua adalah pekerjaan yang sulit, dan anak-anak yang sudah dewasa layak mendapatkan dukungan karena mereka berusaha untuk melakukan yang terbaik. Orang tua baru sangat rentan terhadap saran apa pun bahwa mereka seharusnya melakukan sesuatu yang berbeda.

6 dari 6 halaman

Kakek yang Tidak Bisa Mengatakan Tidak

Hak kakek-nenek untuk memanjakan cucu tertanam kuat dalam budaya kita, tetapi kakek-nenek yang logis tahu bahwa ada batasannya.

Katakan tidak ketika cucu meminta sesuatu yang tidak diizinkan orang tua mereka, entah itu makanan manis atau menonton televisi selama satu jam. Dan, tentu saja, katakan tidak ketika cucu meminta sesuatu yang dapat membahayakan kesehatan atau keselamatan mereka.

Beri Komentar