Mengenal Fun Seeker, Tipe Kakek Nenek yang Suka Manjakan Cucu

Reporter : Riza Umami
Minggu, 5 Desember 2021 07:17
Mengenal Fun Seeker, Tipe Kakek Nenek yang Suka Manjakan Cucu
Apasih fun seeker itu?

Kakek dan nenek selalu punya tempat tersendiri bagi cucunya. Kedekatan yang terjalin antara kakek nenek dan cucunya ini memang spesial. Gak jarang anak seringkali minta untuk mengunjungi kakek dan neneknya di hari libur atau saat ada waktu luang.

Anak begitu suka bertemu dengan kakek neneknya karena terkadang mereka begitu suka memanjakan cucunya. Keinginan cucunya pasti diturutin apalagi kalau mau beli ini dan itu. Hal inilah salah satu sebabnya anak jadi begitu dekat dengan kakek dan neneknya.

1 dari 5 halaman

Tipe kakek nenek yang terlalu memanjakan cucunya inilah yang disebut dengan 'fun seeker'. Mereka biasanya sudah merencanakan hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan dengan cucunya misalnya main bersama, jalan-jalan bareng atau bahkan membelikan mainan baru.

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

2 dari 5 halaman

Dilansir dari laman orami.co.id, tipe kakek nenek 'fun seeker' ini mempunyai sisi yang positif dan juga negatif bagi anak. Sisi yang positif yaitu anak mendapatkan cinta dan perhatian yang penuh dari kakek neneknya. Hubungan mereka pun jadi begitu dekat.

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

3 dari 5 halaman

Sayangnya, bila kakek dan nenek terlalu memanjakan cucunya seperti ini, mereka mungkin akan tumbuh menjadi anak yang manja dan susah diatur. Saat anak menginginkan sesuatu, kemauannya pun harus segera dituruti dan biasanya anak yang manja ini pun sangat jarang ditegur meski melakukan kesalahan.

Bila ibu ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, tentu pola asuh kakek nenek tipe 'fun seeker' ini sangat mungkin bisa bertentangan dengan cara parenting Mom. Perbedaan pola asuh ini mungkin menyebabkan konflik di antara Mom dengan kakek dan nenek anak.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

Kalau sudah begitu, Mom dan pasangan perlu mengkomunikasikan dengan kakek dan nenek anak. Beri pemahaman bahwa pola asuh perlu diselaraskan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan tidak manja. Pola asuh yang mengajarkan tentang kemandirian dan kedisiplinan sejak dini.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

Bila sudah sepaham, maka kakek nenek pun tetap bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan dengan anak tetapi dalam batas tertentu dan tidak sampai terlalu memanjakannya. Nah, itulah ulasan mengenai kakek nenek tipe fun seeker. Semoga cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar