Bukan Cuman Bikin Nyaman, Tidur Pakai Guling Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 24 Desember 2021 07:03
Bukan Cuman Bikin Nyaman, Tidur Pakai Guling Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan Lho!
Kamu sering tidur pakai guling juga nggak?

Sebagian orang memilih guling sebagai teman tidur selain bantal. Bukan hanya karena alasan kenyamanan saja, ternyata guling memberikan beragam manfaat untuk menjaga kualitas tidur kita.

Stephanie Silberman, seorang pakar kesehatan dan psikolog dari Jerman menyebutkan bahwa memeluk guling ketika tidur membantu penderita sleep apnea atau henti napas untuk mengurangi gejalanya. Hal ini dikarenakan penderita akan lebih nyaman dengan posisi tidur memeluk guling.

Selain bermanfaat untuk penderita sleep apnea memeluk gulung ketika tidur juga memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

1 dari 5 halaman

Mendukung Postur Tubuh

Ilustrasi Tidur Peluk Guling © Diadona

Dilansir dari idntimes.com, sebuah penelitian yang dilakukan pada perempuan yang tidur menyamping dengan memeluk guling menunjukkan jika guling termasuk dalam alat intropedi. Saat memeluk guling dalam posisi miring maka tulang punggung akan tetap lurus saat tidur sehingga akan memperbaiki postur tubuh. Selain itu dapat mencegah tubuh keseleo saat tidur.

2 dari 5 halaman

Menghilangkan Ketegangan di Leher

Leher kerap kali tegang karena berbagai aktifitas berat yang dilakukan tubuh. Nah saat penggunaan guling dapat digunakan juga lho sebagai penyangga leher saat tidur. Cara ini bisa membantu membuat otot kembali tenang dan rileks. Alhasil, peredaran darah juga jadi lancar, dan lebih sehat saat bangun tidur.

3 dari 5 halaman

Meredakan Nyeri Punggung

Ilustrasi Sakit Punggung © Diadona

Area pinggul seringkali mendapat tekanan ketika tubuh membawa barang berat saat beraktifitas sehari-hari. Guling ternyata dapat membantu otot kembali rileks karena dapat menjadi penyangga tulang pinggul sehingga skit punggung dapat lebih cepat mereda.

4 dari 5 halaman

Mencegah Tidur Mendengkur

Perlu diketahui, tidur miring sambil memeluk guling dapat membuat jalur udara di kerongkongan tidak terhambat. Hasilnya, dengkuran saat kamu sedang terlelap pun bisa diminimalkan.

" Mendengkur sering disebabkan oleh tonsil yang jatuh ke belakang saat tubuh berada di posisi rebahan sehingga menutupi jalan nafas. Tidur miring bisa jadi solusi, dengan guling lebih bagus," ungkap dr. Astrid Wulan.

 

 

5 dari 5 halaman

Membuat Napas Lebih Stabil

Ilustrasi tidur dengan makeup © Diadona

Dengan memeluk guling otomatis paru-paru akan berada di tempat yang seharusnya , sehingga pola pernapasan akan lebih stabil. hal ini dikarenakan guling memiliki kontur yang lebih kaku dan memanjang.

Guling ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga kualitas tidur kita. Namun sebagian orang sudah nyaman dengan memakai bantal saja, atau bahkan tidak memakai keduanya. Jika kamu sulit mendapatkan tidur yang nyenyak maka cobalah memakai guling untuk membantu tidur nyenyak.

 

Beri Komentar