10 Tips Efektif Menghilangkan Jerawat dalam Satu Malam, Bye-Bye Insecure!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 18 April 2024 15:18
10 Tips Efektif Menghilangkan Jerawat dalam Satu Malam, Bye-Bye Insecure!
Jerawat bikin penampilan kamu nggak pede? Cara di bawah ini bisa bantu kempesin jerawat kamu dalam semalam loh.

Salah satu masalah wajah yang sering mengganggu penampilan adalah munculnya jerawat. Jerawat muncul karena kondisi wajah yang kurang bersih, terlalu berminyak, hormonal, stress, ataupun konsumsi obat-obatan atau makanan tertentu. 

Jerawat bisa muncul kapan saja dan di mana saja, hingga sering membuat para cewek nggak pede. Seringkali, kita ingin menghilangkan jerawat dengan cepat apalagi jika kita akan ada acara-acara penting.

Meskipun tak mungkin menghilangkan jerawat dalam satu malam, ada beberapa yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi peradangan atau mengempeskan jerawat dengan cepat. Berikut tips efektif yang dapat membantu kamu menghilangkan jerawat dalam satu malam.

1 dari 4 halaman

1. Bersihkan Wajah dengan Lembut dan Bersih

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Bersihkan Wajah dengan Lembut dan Bersih © Diadona

Munculnya jerawat bisa disebabkan karena wajah kamu kurang bersih dan terlalu banyak minyak. Mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah yang lembut dan non-iritan. Pastikan untuk membersihkan kulit secara menyeluruh untuk menghilangkan debu, minyak, dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Menggunakan Obat Jerawat Oles

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Menggunakan Obat Jerawat Oles © Diadona

Penggunaan obat jerawat dapat mengecilkan jerawat dalam satu malam. Kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat dalam obat jerawat mampu menyembuhkan peradangan dan melawan bakteri sebagai penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, obat jerawat juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih di wajah. Sebelum menggunakannya, pastikan wajah kamu bersih dari kotoran dan minyak. 

3. Berikan Es Batu untuk Mengurangi Peradangan

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Berikan Es Batu untuk Mengurangi Peradangan © Diadona

Dinginnya es batu dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakkan di wajah kamu. Selain itu, kamu dapat mengurangi rasa sakit atau perih pada jerawat.

Untuk menggunakannya, kamu bisa membungkus es batu dengan kain bersih dan tempelkan es batu pada jerawat selama beberapa menit di wajah kamu. Dengan es batu, kamu juga bisa membuat wajah menjadi lebih rileks dan segar.

4. Gunakan Masker Tea Tree 

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Gunakan Masker Tea Tree © Diadona

Masker wajah yang mengandung tea tree dapat membantu menyerap minyak berlebih dan mengurangi peradangan. Walaupun efektif untuk menghilangkan jerawat, kandungan tea tree sebenarnya bisa menimbulkan efek samping, seperti kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar.

Namun, setelah menggunakannya kamu bisa gunakan pelembap atau gunakan minyak alami pada area berjerawat sebelum menggunakan tea tree oil.

2 dari 4 halaman

5. Hindari Memencet Jerawat di Wajah

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Hindari Memencet Jerawat di Wajah © Diadona

Meskipun jerawat mengganggu penampilan, namun kamu perlu menghindari memencet jerawat agar tidak memperparah peradangan atau infeksi lebih lanjut. Selain itu, kamu tidak boleh memencet jerawat agar tidak meninggalkan bekas luka atau noda. Pastikan kamu juga tidak memegang jerawat dengan tangan yang kotor ya.

6. Kompres Jerawat dengan Teh Hijau

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Kompres Jerawat dengan Teh Hijau © Diadona

Teh hijau tak hanya bermanfaat sebagai minuman saja, namun teh hijau dipercaya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain itu, teh hijau ini kaya akan antioksidan yang mampu mengurangi minyak berlebih di wajah dan meredakan peradangan. Kamu dapat menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam teh hijau dan tempelkan di area kulit yang berjerawat.

7. Oleskan Gel Lidah Buaya

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Oleskan Gel Lidah Buaya © Diadona

Dengan manfaatnya yang sangat banyak, gel lidah buaya seringkali dijadikan bahan utama untuk berbagai produk perawatan kulit. Gel lidah buaya dipercaya dapat mengurangi peradangan, melawan bakteri penyebab jerawat, dan masalah wajah lainnya. Kamu dapat menghilangkan jerawat dengan cara mengoleskan gel lidah buaya di area kulit yang berjerawat atau ke seluruh wajah.

3 dari 4 halaman

8. Hindari Makanan Berlemak

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Hindari Makanan Berlemak © Diadona

Untuk mengurangi peradangan atau menghilangkan jerawat dengan cepat, kamu perlu menghindari makanan berlemak dan tinggi gula agar tidak memicu peradangan, memperburuk kondisi jerawat, dan memicu produksi minyak berlebih. Selain itu, pastikan kamu meminum air yang cukup dan makan-makanan yang kaya akan antioksidan dan bernutrisi. 

9. Gunakan Masker Belerang

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Gunakan Masker Belerang © Diadona

Penggunaan masker belerang dapat meredakan peradangan pada jerawat sekaligus membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh minyak yang berlebih dan kotoran. Walaupun memiliki bau yang menyengat, masker belerang cukup efektif dalam menghilangkan jerawat dengan cepat. Kamu dapat mengoleskan masker belerang di area jerawat atau di seluruh wajah.

10. Pakai Acne Patch 

Tips Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam - Pakai Acne Patch © Diadona

Dikenal sebagai pimple patch atau hydrocolloid patch yang merupakan perangkat kecil yang ditempelkan langsung pada jerawat atau bintik-bintik jerawat. Patch ini terbuat dari bahan yang biasanya digunakan dalam perawatan luka seperti hydrocolloid, yang bertujuan untuk menarik kelebihan cairan dari jerawat dan membantunya sembuh lebih cepat. 

4 dari 4 halaman

Nah itulah tips yang cukup efektif untuk menghilangkan jerawat dalam satu malam. Kamu dapat mencoba tips di atas agar kamu dapat tampil lebih percaya diri lagi ketika jerawat muncul.

Sebelum menggunakan berbagai produk, seperti masker wajah, acne patch, atau obat jerawat, pastikan kamu membersihkan wajah terlebih dahulu ya, Diazens..

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar