Wanita Ini Badannya Pernah Turun sampai 28 Kg karena Anoreksia dan Bulimia, Gangguan Apa Ini?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 23 Desember 2021 12:27
Wanita Ini Badannya Pernah Turun sampai 28 Kg karena Anoreksia dan Bulimia, Gangguan Apa Ini?
Badannya pernah kurus kering karena gangguan makanan tersebut.

Untuk beberapa orang, mereka mempunyai kisah hidup yang kelam, yang tak bisa dengan mudah dilupakan begitu saja. Kisah tersebut begitu melekat di hidupnya sekarnag, bahkan menjadi pengingat dan motivasinya agar tetap menjalani hidup dengan lebih lurus.

Begitu pula yang dialami oleh seorang bernama Gemma Walker. Kepada Dailymail.co.uk, pernah mempunya tubuh yang beratnya hanya 28 kg saja. Ternyata, ketika umur 14 tahun, Gemma pernah didiagnosa menginap gangguan makan yang disebut dengan anoreksia nervosa dan bulimia.

Gemma dirawat di rumah sakit secara berulang karena turunnya berat badannya secara drastis. Dokter bahkan memperingatinya bahwa dirinya bisa meninggal dunia jika tidak ada pengobatan dan perawatan. Wah, kelam sekali. Sebelum megnetahui apa itu gangguan makan anoreksia, alangkah lebih baiknya kita simak sepenggal kisahnya berikut ini.

 

1 dari 5 halaman

Gemma merupakan wanita asal Queensland, Australia. Gangguan makannya tersebut disebut dikarenakan 3 hal, yaitu ejekan temannya di sekolah, ekepektasi keluarga, serta dirinya yang perfeksionis. Ya, dia mengungkapkan ini sendiri.

" Aku berada di sebuah kelompok yang populer di sekolah tapi aku di-bully. Aku punya teman tapi aku selalu dijadikan target. Sebagai seorang perfeksionis, aku bisa melakukan banyak hal tapi tidak yang terbaik dan itu menggangguku," ungkapnya.

" Waktu itu, aku merasa aku harus mengikuti ekspektasi keluarga dan ketika aku mulai menurunkan berat badan, aku merasa telah mencapai sesuatu. Tapi aku tidak mau orang-orang tahu," lanjutnya.

 

2 dari 5 halaman

Keadaan Gemma pun kian hari semakin memburuk. Turunnya berat badannya yang semakin drastis membuatnya jadi kurus kering. Hingga akhirnya, Gemma akhirnya berkeinginan untuk sembuh, dam sempat makan dalam jumlah yang banyak dalam 18 bulan. Namun, berat badannya dalam 7 bulan malah naik 40 kg, dan justru menyerang kesehatan mentalnya.

" Kenaikan berat badanku sangat cepat. Dalam waktu kurang dari 7 bulan aku menaikkan 40 kg, tiga kali lipat berat badanku, tapi secara mental aku berada dalam situasi terburuk."

 

3 dari 5 halaman

Namun pengalamannya dan perjuangannya untuk sembuh kini membuahkan hasil, meskipun tidak mudah. Dia pun membagikan pengalamannya dan perubahannya ketika masih kurus banget dan sekarang ini di laman Instagram-nya.

Gemma Walker © Diadona

4 dari 5 halaman

Anoreksia dan Bulimia Secara Singkat

Jadi, berdasarkan dari laman Alodokter.com, anoreksia nervosa itu adalah gangguan makan yang menyebabkan pengidapnya mengalami penurunan berat badan drastis. Mereka yang pengindap anoreksia takut banget dengan kenaikan berat badan. Oleh karena itu, anoreksia pun termasuk gangguan mental yang tidak boleh dianggap remeh apalagi didiamkan.

Sementara itu bulimia merupakan memuntahkan kembali makanan dengan sengaja yang telah dimakannya. Hal ini berkaitan dengan anoreksia karena merasa tidak puas dengan berat badannya dan merasa ingin terus dikuruskan, seperti yang pernah dialami oleh Gemma Walker itu.

Beri Komentar