Badan Malah Pegal-Pegal saat Bangun Tidur, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 22 Desember 2021 14:27
Badan Malah Pegal-Pegal saat Bangun Tidur, Kenapa Ya?
Padahal, harapannya dengan tidur badan jadi segar bugar...

Tidur merupakan solusi yang banyak orang pilih ketika ingin mengistirahatkan tubuh. Namun, masih banyak di antara kita yang malah mendapatkan kebailkannya. Ya, bukannya badan segar ketika bangun tidur, malah jadi pegal-pegal. Kalian juga sempat gini dan bingung, bukan?

Kira-kira, kenapa ya? Melansir dari Hello Sehat, ini alasannya!

 

1 dari 6 halaman

Olahraga Berlebihan

Ilustrasi Wanita Olahraga Minum Es © Diadona

Agar badan tetap sehat, olahraga memang diperlukan. Namun jika berlebihan, akan berdampak buruk pada tubuh. Misalnya di keesokan harinya ketika bangun tidur, badan jadi pegal-pegal. Apalagi jika olahraga berlebihan tersebut dilakukan sebelum tidur. Badan pegal-pegal pun rasa sakitnya jadi lebih parah.

 

2 dari 6 halaman

Pakai Kipas Angin Terlalu Dekat

Ilustrasi Kipas Angin © Diadona

Kalau pengap, emang enaknya pakai kipas angin. Namun kalau terlalu dekat, malah bisa pegal-pegal nih di keesokan paginya. Jadi gini, kalau tubuhmu terkena angin secara langsung itu bisa membuat otot tegang. Apalagi kalau kipasan semalamam. Otot pun jadi kaku dan kram saat bangun tidur di pagi harinya.

3 dari 6 halaman

Minum Alkohol dan Merokok

Bagi sebaian orang, menutup hari yang melelahkan dengan alkohol dan rokok adalah hal yang sempurna. Namun, jangan salahkan jika ke esokan paginya badna jadi pegal-pegal. Spesialis obat pereda nyeri di Cleveland Clinic, George Girgis, DO, mengatakan bahwa asak rokok bisa mengganggu aliran kaya oksigen dan nutrisi untuk tulang dan jaringan. Sementara alkohol bisa bikin ingin buang air kecil tersebut, yang malah bisa bikin tidur tak nyenyak dan malah bikin badan pegal-pegal.

 

4 dari 6 halaman

Salah Bantal

Kondisi salah bantal ternyata memang benar adanya bikin badan pegal-legal. Leher pun jadi korban utama di sini. Apalagi kalau memang posisi tidur tidak sesuai, anggota badan lainnya juga ikut terdampak. Biasanya, keluhan badan pegal terjadi saat tidur dengan posisi tengkurap.

 

5 dari 6 halaman

Ada Masalah Kesehatan Lain

Ilustrasi Tidur Ngorok © Diadona

Meski demikian, tak semua badan pegal-pegal disebabkan hal di atas. Bisa jadi disebabkan masalah kesehatan tertentu, seperti rematik alias peradangan pada sendi, kurangnya vitamin D, dan juga ada gangguan tidur sleep apnea.

 

6 dari 6 halaman

Untuk mencegahnya, lakukan pola hidup sehat dan juga sesuai porsi, jangan berlebihan. Pemilihan bantal dan posisina juga berpengaruh. Kalau pengap, jangan meletakkan kipas angin terlalu dekat. Oke? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar