Resep Kue 8 Jam, Sajian Jajan Lebaran Khas Palembang yang Super Lembut, Legit, dan Nikmat Abis!

Reporter : Arifina
Jumat, 5 April 2024 11:00
Resep Kue 8 Jam, Sajian Jajan Lebaran Khas Palembang yang Super Lembut, Legit, dan Nikmat Abis!
Gak melulu kue kering, kue basah satu ini juga bisa buat suguhan jajan Lebaran lho!

Resep kue 8 jam bisa menjadi variasi pilihan hidangan untuk jajanan Lebaran lho! Kue basah tradisional satu ini merupakan kudapan yang terkenal asal Palembang.

Biasanya, kue 8 jam menjadi sajian khusus di moment Lebaran. Nah, alih-alih menghadirkan aneka kue kering, olahan kue berwarna kecoklatan ini cukup menggoda untuk disuguhkan kepada tamu dan kerabat.

 

1 dari 6 halaman

Resep Kue 8 Jam © Diadona

Dinamakan kue 8 jam, karena proses mengolahnya membutuhkan waktu yang lama yakni selama 8 jam. Hal ini bukan tanpa alasan, waktu pengolahan ini dimaksudkan agar kue bisa lebih tahan lama.

Meski proses memasaknya cukup lama, namun cara membuat olahan kue satu ini tidaklah sulit. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup mudah ditemui di pasaran.

Kue 8 jam menghadirkan cita rasa yang gurih, legit, dengan tekstur super lembut dalam setiap gigitan. Tertarik untuk menghidangkan jajanan yang berbeda di hari Lebaran? Cobain resepnya berikut yuk!

 

2 dari 6 halaman

Resep Kue 8 Jam

Super lembut dan legit, kue 8 jam ini salah satu kue legendaris khas Pamembang lho! Biasanya, dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh bagi pelancong.

Bahan yang digunakan untuk membaut kue ini bisa menggunakan telur ayam ataupun telur bebek. Namun, orang asli Palembang lebih suka menggunakan telur bebek untuk menghadirkan cita rasa yang original. Simak yuk bahan pembuatannya berikut!

Bahan-Bahan:

  • 15 butir telur ayam (telur bebek)
  • 300 gram gula pasir
  • 75 gram margarin
  • 300 ml susu kental manis

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue 8 Jam

Resep Kue 8 Jam © Diadona

Langkah awal, lelehkan dulu margarin, lalu sisihkan. Siapkan loyang untuk cetakan kue, beri alas kertas roti dan olesi dengan seikit margarin.

Olah bahan kue: campurkan gula, margarin cair dan susu kental manis. Aduk-aduk rata bisa menggunakan whisk atau manual menggunakan spatula.

Siapkan wadah terpisah, kocok telur (bisa menggunakan telur ayam atau telur bebek) sampai tercampur rata. Lalu, masukkan kocokan telur ke dalam adonan margarin, aduk-aduk rata.

 

4 dari 6 halaman

Setelah adonan tercampur sempurna, tuangkan ke dalam cetakan loyang. Kemudian, tutup loyang dengan plastic wrap atau apa saja hingga tidak ada celah sehingga kue tidak keluar dari permukaan cetakan.

Lalu, tutup permukaannya dengan tutup aluminimu dan beri pemberat. Lengkah berikutnya, pengukusan kue.

Panaskan kukusan, kemudian Kukus kue hingga 8 jam non stop. Sesekali, setiap satu jam tambahkan air di dalam kukusan dengan perlahan agar tidak kering.

 

5 dari 6 halaman

Resep Kue 8 Jam © Diadona

Begitu selesai dikukus,m angkat, dan tiriskan. Kue 8 jam siap disajikan untuk sajian Lebaran bareng keluarga nih!

Mudah bukan cara buatnya? Kamu hanya butuh kesabaran saja karena mengolahnya yang memakan waktu. Tapi, dijamin hasilnya legit, dan gurih sempurna.

Itulah resep kue 8 jam khas Padang yang bisa kamu recook untuk sajian jajan basah Lebaran di rumah. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar