9 Penyebab HP Panas dan Batre Cepat Habis yang Kamu Perlu Tahu

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 8 Juli 2020 20:08
9 Penyebab HP Panas dan Batre Cepat Habis yang Kamu Perlu Tahu
Ternyata hal-hal ini yang menjadi penyebab HP cepat panas guys!

Penyebab HP cepat panas dan batre cepat habis ini biasanya sering dialami oleh pengguna smartphone. Sebab, dengan ponsel pintar semua bisa diakses dengan mudah. Maka dari itu, gadget seolah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi jadi sebal ya guys, kalau aktivitas terganggu karena HP cepat panas dan daya daya batre habis. Bahkan meski HP baru nggak memungkiri juga jika digunakan akan cepat panas atau overheat. Kenali apa saja penyebabnya agar kamu bisa mengatasinya.

1 dari 5 halaman

Penyebab Hp Panas dan Batre Cepat Habis

Penyebab HP Cepat Panas © Diadona
Berikut ini merangkum dari berbagai sumber apa saja penyebab HP panas dan batre cepat habis.

Menggunakan HP Sambil Di-charge


Hayo.. ngaku, siapa nih yang punya kebiasaan pakai hp saat charging? Padahal, saat dalam kondisi charging, suhu HP akan meningkat dan kalau kamu pakai bisa menjadikan HP cepat panas dan batre cepat habis. Bahkan bisa meningkatkan risiko HP meledak loh!

Digunakan pada Suhu yang Panas


Menggunakan HP saat cuaca dan suhu udara panas juga berpengaruh loh! Sebaiknya jangan menggunakan HP saat udara panas, apalagi kontak langsung dengan matahari. Selain menjadi overheat, layar sentuh juga cepat rusak jika terpapar matahari langsung.

2 dari 5 halaman

Sinyal Tidak Stabil


Kondisi sinyal yang nggak stabil juga menjadi penyebab HP panas dan batre cepat habis. Hal ini disebabkan karena HP akan terus mencari sinyal sampai stabil.

Ada baiknya kalau sinyal labil, kamu beralih menggunakan Wi-Fi atau bisa juga biarkan HP dalam airplane mode.

Membuka Terlalu Banyak Aplikasi


Apakah kamu suka menggunakan HP dengan membuka aplikasi yang banyak sekaligus? Kalau iya, perlu waspada nih guys! Soalnya salah satu penyebab Hp panas dan batre cepat habis lantaran banyak aplikasi yang digunakan.

Hal ini juga dipengaruhi kalau kamu keluar atau menutup aplikasi hanya dengan menggunakan tombol home. Padahal cara ini sebenarnya kamu belum menutup aplikasi, hanya menyembunyikan aplikasi yang berjalan.

Bug pada Aplikasi


Selain membuka aplikasi banyak sekaligus, bug pada aplikasi juga menyebabkan hp panas dan batre cepat habis nih! Kondisi ini membuat prosesor jadi bekerja lebih keras. Itu kenapa selalu ada notifikasi pembaruan atau update.

Kalau sudah begini, maka sebaiknya kamu rajin memperbaharui software dan aplikasi di smartphonemu. Dengan begitu, bug akan memperbaiki ulang sehingga kerja prosesor bisa kembali optimal.

3 dari 5 halaman

Penyebab HP Android Cepat Panas

Penyebab HP Cepat Panas © Diadona
Selain hal-hal umum di atas, ada juga penyebab Hp cepat panas lainnya yang perlu kamu tahu, apalagi pengguna android nih!

Charger Bermasalah


Kondisi penyebab HP cepat panas bisa dipengaruhi charger yang bermasalah. Biasanya letak HP yang cepat panas karena charger ada di dekat port charger. Kemungkinan lainnya charger tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone yang kamu gunakan.

Hal ini membuat charger memberi daya yang berlebih atau malah kurang dari kebutuhan ponsel. Sehingga HP menjadi lebih cepat panas karena tegangan yang diterima tidak sesuai dengan kapasitas baterai.

4 dari 5 halaman

Baterai yang Bermasalah


Selain charger, baterai yang bermasalah juga bisa menjadi pemicu HP android cepat panas loh! Panas di HP ini biasanya terletak di bagian mana baterai berada, yaitu belakang ponsel. Hal ini dikarenakan kondisi baterai menurun atau rusak.

Menggunakan Aplikasi Streaming Terlalu Lama


Kalau kamu menggunakan aplikasi streaming, tentu saja butuh koneksi internet dan daya yang besar. Oleh sebab itu, terlalu lama streaming juga bisa menjadi penyebab HP cepat panas.

Hal ini juga berlaku buat kamu yang suka bermain game dengan waktu lama. Misalnya saja PUBG yang membuat kinerja GPU ponsel lebih berat sehingga menjadi cepat panas.

5 dari 5 halaman

Penganturan Ponsel Tidak Optimal


Menerapkan pengaturan pada ponsel yang tidak optimal juga bisa jadi kemungkinan membuat HP cepat panas. Misalnya saja seperti tingkat kecerahan, widget yang terlalu banyak atau pemakaian live wallpaper.

Jadi, hal-hal di atas yang perlu kamu hindari karena menjadi penyebab HP panas dan batre cepat habis.

Beri Komentar