Resep Kue Kering Selai Strawberry, Referensi Jajanan Lebaran yang Legit, Gurih dan Lezat Banget

Reporter : Arifina
Kamis, 4 April 2024 10:00
Resep Kue Kering Selai Strawberry, Referensi Jajanan Lebaran yang Legit, Gurih dan Lezat Banget
Sudah menyetok kue Lebaran apa aja nih? Cobain resep satu ini yuk!

Resep kue kering selai strawberry bisa jadi pilihan yang menarik untuk membuat camilan Lebaran. Bentuknya yang simple dengan tambahan warna merah selai di tengahnya menjadikan kudapan satu ini begitu menggoda.

Kue kering selai strawberry akan menjadi suguhan yang berbeda di antara jajan Lebaran lainnya seperti, kue kastengel, nastar, putri salju, hingga kue chocochips lho! Warna merah dari selai strawberry dari kue ini begitu terlihat menyegarkan.

Membuat kue dengan isian selai strawberry tidaklah sulit. Sebab, bahan-bahan yang dibutuhkan sama persis dengan adonan kue kering pada umumnya.

 

1 dari 7 halaman

Resep Kue Kering Selai Strawberry © Diadona

Hanya saja, kamu bisa berkreasi membuat bentuk olahan kue kering yang menarik dengan pemberian selai strawberry di bagian tengahnya. Umumnya, kue yang satu ini dibuat seperti thumprint kemudian diberi selai strawberry.

Kamu bisa menambahkan aneka topping seperti, keju, gula halus, dan yang lainnya sesuai selera. Jika ingin bentuk paling simple, kamu cukup mengolah kue dengan bentuk bulat dipipihkan yang bagian tengahnya bolong untuk isian selai strawberry.

Nah, penasaran cara buatnya? Simak resepnya berikut yuk!

 

2 dari 7 halaman

Resep Kue Kering Selai Strawberry

Cocok buat suguhan Lebaran, bahan-bahan pembuatan kue kering selai strawberry ini mudah sekali didapatkan di pasaran lho! Dengan mengikuti langkah-langkah pada resep ini, dijamin kamu akan mendapati hasil kue yang memiliki tekstur renyah namun juga lembut saat digigit.

Bahan-bahan:

  • 225 gram tepung terigu
  • 20 gram tepung maizena
  • 1 butir putih telur
  • 1 butir kuning telur
  • 120 gram gula halus
  • 150 gram margarin
  • 50 gram keju parut
  • 1 sdt baking powder
  • 20 gram susu bubuk
  • Selai strawberry

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Kue Kering Selai Strawberry

Resep Kue Kering Selai Strawberry © Diadona

Siapkan margarin dan gula halus dalam wadah. Campur dengan diaduk menggunakan whisk atau mixer hingag merata. Kemudian, tambahkan kuning telur sambil diaduk-aduk rata.

Langkah berikutnya, masukkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan baking powder. Aduk-aduk merata adonan kue menggunakan spatula sampai kalis dan tidak lengket di tangan.

Bentuk kue: ambil sedikit adonan, lalu bentuk menjadi bulatan. Celupkan adonan ke putih telur dan baluri dengan keju parut.

 

4 dari 7 halaman

Letakkan adonan kue yang sudah dibentuk di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti. Tekan bagian tengah kue dengan jempol tangan, ini nanti untuk isian selai strawberry.

Kamu juga bisa membentuk kue menggunakan cetakan, seperti bentuk bunga, ataupun bulat apa adanya tanpa campuran keju ya. Sesuaikan saja dengan selera, dan lakukan proses ini sampai adonan kue habis.

Tahap pemanggangan: masukkan kue yang sudah ada di loyang ke dalam oven. Panggang di suhu 160 derajat Celcius selama 15 menit api atas bawah.

 

5 dari 7 halaman

Resep Kue Kering Selai Strawberry © Diadona

Keluarkan kue kering dari oven, diamkan sebentar hingga hangat. Lalu, beri isian selai strawberry di bagian tengahnya.

Panggang kembali kue dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 5 menit atau hingga kue dirasa matang. Angkat, tiriskan dan biarkan dingin atau sampai uap panasnya hilang.

Kue kering selai strawberry siap dinikmati langsung atau bisa kamu pindahkan ke dalam toples kedap udara untuk suguhan jajan Lebaran ya!

 

6 dari 7 halaman

Kue kering satu ini bisa dikreasikan dengan berbagai topping lho! Kamu bisa mengganti toping keju dengan gula halus, kacang almond, ataupun yang lainnya untuk variasi rasa yang lebih menarik.

Mudah dan simple bukan cara buatnya? Itulah resep kue kering selai strawberry untuk bisa kamu recook sebagai referensi jajanan Lebaran di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar