Resep Kastengel Terigu 500 Gram untuk Lebaram, Lembut dan Renyah dalam Setiap Gigitan

Reporter : Arifina
Sabtu, 9 Maret 2024 12:00
Resep Kastengel Terigu 500 Gram untuk Lebaram, Lembut dan Renyah dalam Setiap Gigitan
Sudah kepikiran buat kue Lebaran belum? Bikin kastengel aja yuk!

Resep kastengel keju 500 gram bisa dijadikan pilihan untuk inspirasi membuat kue Lebaran. Kastengel seakan menjadi salah satu kue kering yang seakan khas ada di suguhan moment hari besar umat Isalam setiap tahunnya.

Kue kastengel memiliki cita rasa gurih dan renyah, dengan tambahan keju parut di atasnya seakan melengkapi kenikmatannya. Tak ayal, sajian kue ini pun banyak disukai oleh hampir semua kalangan

1 dari 6 halaman

Resep Kastengel Terigu 500 Gram © Diadona

Kue kering asal Belanda ini, aslinya berbentuk memanjang yang mencapai 30 cm. Namun, di Indonesia kue kastengel ukurannya cukup kecil karena menyesuaikan dengan alat pemanggangannya.

Selain untuk sajian di moment Lebaran, kue ini juga cocok untuk isian hampers lho! Cara membuatnya tidaklah sulit, kamu perlu menyiapkan bahan utama berupa tepunng terigu hingga keju.

Ingin membuat sajian jajanan Lebaran satu ini? Cobain resep kastengel 500 gram berikut yuk!

2 dari 6 halaman

Resep Kastengel 500 Gram

Selain bahan utama tepung terigu 500 gram, kamu perlu mencampurkan bahan lainnya untuk menghasilkan kue kastengel yang super lembut dan renyah. Beri juga taburan keju biar cita rasanya semakin gurih saat digigit.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram terigu segitiga
  • 2 sdm maizena
  • 50 gram margarin
  • 250 gram keju cheddar parut
  • 300 gram mentega
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 butir kuning telur

Bahan Polesan dan Topping:

  • 2 butir kuning telur
  • Keju cheddar

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Kastengel 500 Gram

Tips Kastengel Renyah dan Garing © Diadona

Siapkan terlebh dahulu keju cheddar parut, lalu angin-anginkan agar kering. Ini untuk membuat tekstur keju lebih krispi pada kastengel.

Kemudian, siapkan wadah lalu mulai masukkan mentega dan margarin. Mixer kedua bahan tersebut sampai tercampur rata dan lembut.

Tambahkan kuning telur dalam adonan margarin, lalu mixer lagi sampai tercampur rata. Angkat, dan sisihkan terlebih dahulu.

Masukkan keju, maizena, dan susu bubuk. Aduk rata dengan adonan margarin.

 

4 dari 6 halaman

Selanjutnya, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit saja ke adalam adonan sambil di aduk-aduk rata. Diamkan adonan selama 15 menit.

Sembari menunggu, siapkan loyang, olesi dengan margarin atau alasi dengan kertas roti. Panaskan oven selama 10 menit dan atur suhu di 160 derajat Celcius.

Cetak adonan sesuai selera, bisa berbentuk persegi panjang kecil. Lalu tata di atas loyang, olesi dengan kuning telur, dan taburi dengan keju parut.

5 dari 6 halaman

Tips Kastengel Renyah dan Garing © Diadona

Panggang kue kastengel selama 35 menit sampai matang. Angkat, lalu biarkan dingin.

Kue kastengel siap dinikmati atau masukkan ke dalam toples untuk disimpan sebagai sajian di Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Mudah sekali bukan cara membuatnya? Itulah resep kastengel tepung terigu 500 gram yang bisa kamu recook di rumah. Dengan acuan resep ini kamu bisa menghasilkan kue Lebaran yang super lembut, renyah, dan ngeju abis! Selamat mencoba ya!

Beri Komentar