Resep Kue Rangin Kering, Jajanan Jadul yang Gurih dan Legit Cocok untuk Hidangan Lebaran

Reporter : Arifina
Selasa, 2 April 2024 10:00
Resep Kue Rangin Kering, Jajanan Jadul yang Gurih dan Legit Cocok untuk Hidangan Lebaran
Terbuat dari ketan dan kelapa, rasanya super lezat!

Resep kue rangin kering bisa menjadi referensi membuat jajanan untuk Lebaran nanti. Olahan kue satu ini bisa dibilang salah satu jajanan jadul yang sudah turun temurun hadir di Indonesia.

Kue rangin kering disebut juga kue sagon kelapa. Kue ini memiliki tekstur yang padat, tapi rapuh dan lumer dimulut ketika dimakan.

Bahan utama dari kue ini terbuat dari ketan dan kelapa. Kue rangin kering hadir dengan beraneka bentuk sesuai selera pembuatnya.

 

1 dari 6 halaman

Resep Kue Rangin Kering © Diadona

Ada yang berbentuk bulat, persegi panjang, lonjong, ataupun dicetak menggunakan cetakan kue. Namun, apapun bentuknya kue rangin kering ini selalu memiliki cita rasa gurih dan legit yang khas.

Bisa dikatakan, kue rangin kering tak jauh berbeda dengan kue rangin basah yang biasa ditemui di pinggir jalan. Hanya saja, teksturnya lebih kering mirip dengan camilan kue kering pada umumnya.

Cara membuat kue rangin kering ini tidaklah sulit. Bahkan, bahan yang dibutuhkan juga praktis dan mudah ditemui di pasaran. Yuk, simak resepnya berikut!

 

2 dari 6 halaman

Resep Kue Rangin Kering

Pastikan menggunakan bahan-bahan berkualitas agar hasil cita rasa kue lebih nikmat. Kue rangin kering ini memiliki rasa khas kelapa yang gurih.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian jajanan Lebaran satu ini hanya 6 jenis saja lho! Sangat praktis sekali dan tidak ribet.

Bahan-Bahan:

  • 150 gram tepung beras ketan
  • 2 butir telur
  • 250 gram kelapa parut (sangrai)
  • 150 gram gula pasir
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Rangin Kering

Resep Kue Rangin Kering © Diadona

Sangrai terlebih dahulu kelapa parut. Tambahkan daun pandan, dan pastikan kamu menyangrai hingga kering dan tidak menggumpal. Sisihkan sampai uap panasnya hilang.

Selanjutnya, sangrai juga tepung beras ketan sambil terus diaduk-aduk sampai teksturnya keset dan terasa ringan. Diamkan sejenak sampai uap panasnya hilang, sisihkan.

Siapkan wadah besar, campurkan tepung bersa ketan dan kelapa parut yang sudah disangrai. Sisihkan terlebih dahulu.

 

4 dari 6 halaman

Di wadah lain, campurkan gula dan telur, kocok hingga mengental dan mengembang menggunakan mixer atau whisk. Tambahkan vanili bubuk, garam, dan campuran tepung beras ketan dan kelapa parut sangrai.

Aduk-aduk adonan menggunakan spatula hingga tercampur rata. Perhatikan tekstur adonan, jangan sampai terlalu basah dan menggumpal.

Siapkan loyang dan cetakan untuk membentuk kue rangin kering. Ambil sedikit adonan, lalu tekan-tekan ke dalam cetakan sampai benar-benar memadat. Lakukan proses ini sampai adonan habis.

 

5 dari 6 halaman

Resep Kue Rangin Kering © Diadona

Siapkan oven, panaskan di suhu 180 derajat Celcius. Kemudian, panggang kue rangin kering selama 25 menit atau sampai matang, angkat dan tiriskan.

Diamkan sejenak kue rangin kering hingga agak dingin. Lalu, simpan dalam toples kedap udara.

Kue rangin kering siap dinikmati ataupun untuk stok kue Lebaran mendatang. Kamu bisa menambahkan variasi bentuk seperti bintang atau bunga dengan aneka warna lho!

Mudah dan praktis bukan cara buatnya? Itulah resep kue rangin kering yang bisa kamu recook di rumah. Kamu bisa menyajikan untuk camilan harian ataupun suguhan saat Lebaran tiba. Selamat mencoba!

Beri Komentar