Musim Hujan Udah Mulai Datang, Ikuti Tips Ini Biar Tubuh Tetap Fit dan Gak Gampang Sakit

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 2 November 2021 16:03
Musim Hujan Udah Mulai Datang, Ikuti Tips Ini Biar Tubuh Tetap Fit dan Gak Gampang Sakit
Cuaca kayak gini bikin badan jadi gampang sakit, nah coba ikuti cara ini biar badan tetap fit!

Saat ini, hampir setiap hari sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan. Itu artinya masyarakat harus bersiap memasuki musim penghujan. Nah selama musim hujan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan.

Buat kamu yang belum tahu, kuman dan bakteri menjadi semakin aktif dan mudah menyebar selama musim penghujan. Terlebih selama masa pandemi virus corona atau Covid-19, kesehatan dan imunitas tubuh harus tetap terjaga. Merangkum dari

1 dari 8 halaman

Sediakan Payung atau Jas Hujan

Ilustrasi kehujanan © Diadona

Para peneliti menemukan bahwa saat tubuh kedinginan, terutama bagian kaki, akan rentan terserang gejala flu. Cara agar dapat menjaga kehangatan tubuh adalah membatasi aliran darah ke kaki. Gunakanlah payung atau jas hujan jika terjebak dalam hujan.

2 dari 8 halaman

Tingkatkan Vitamin C

Ilustrasi Makanan yang Mengandung Vitamin C © Diadona

Vitamin C, baik dalam sumber alami atau suplemen dapat membantu mempercepat pemulihan dari serangan virus flu. Asupan sehat mengandung vitamin C dapat membantu memperkuat antibodi dan mengurangi keparahan flu. Cobalah untuk memasukan paprika, pepaya dan nanas ke dalam makanan, karena mereka sumber vitamin C yang baik.

3 dari 8 halaman

Mandi Setelah Terkena Hujan

Ilustrasi kehujanan © Diadona

Mandi air hangat usai terjebak dalam hujan akan perlahan-lahan meningkatkan suhu tubuh kita. Cara ini juga bisa membantu kita menyingkirkan kuman dan melindungi kita dari infeksi. Selain mandi, kita juga bisa merendam kaki kita ke dalam air hangat.

4 dari 8 halaman

Konsumsi Minuman Hangat

Ilustrasi Teh dan Jahe © Diadona

Selain terasa nikmat, mengonsumsi minuman hangat di musim hujan juga sangat baik untuk kesehatan kita. Kita bisa mengonsumsi teh hijau atau cokelat panas. Selain itu, kita juga bisa mencoba semangkuk sup panas agar suhu tubuh kita tetap hangat. Cara tersebut bisa membuat kita tidak muda mengalami masuk angin atau infeksi yang bisa terjadi karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba.

5 dari 8 halaman

Makan Makanan Bernutrisi

Ilustrasi makanan sehat © Diadona

Makanan yang kaya akan mikronutrien dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan tubuh kamu di musim hujan dan banjir.

Jika tubuh kekurangan mikronutrien seperti zinc, selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E, bisa memengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan memudahkan penyakit menginfeksi tubuh. Sertakan beragam jenis sayur dan buah pada makanan kamu, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

6 dari 8 halaman

Mencuci Tangan

Ilustrasi Mencuci Tangan © Diadona

Karena penularan virus yang mudah melalui kontak fisik, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan hingga bersih untuk mencegah penyebaran kuman penyakit.

Kamu bisa menggunakan hand sanitizer ke mana pun kamu pergi untuk meminimalkan risiko penularan penyakit. Lakukan langkah sederhana ini sebagai cara menjaga kesehatan kamu di musim hujan.

7 dari 8 halaman

Olahraga

Tetaplah berolahraga dan beraktivitas fisik sebagai cara menjaga kesehatan di musim hujan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

Sebuah studi mengungkapkan, olahraga 20 menit dapat menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi respon anti peradangan. Ada beragam olahraga yang menunjang kesehatan tubuh, seperti yoga, pilates, bersepeda, dan lainnya.

Beri Komentar