Sering Salah Kaprah, Sebenarnya Apa sih Perbedaan Gym dan Fitness?

Reporter : Mila
Senin, 1 November 2021 07:57
Sering Salah Kaprah, Sebenarnya Apa sih Perbedaan Gym dan Fitness?
Jangan sampai salah ya.

Apakah kamu mulai ingin menerapkan gaya hidup sehat dengan aktif bergerak? Itu hal yang bagus. Tapi, pada tahap awal, orang yang baru memulai kerap dibuat bingung dengan perbedaan gym dan fitness.

Meski mirip, ternyata ini adalah dua hal yang berbeda lho! Setidaknya dengan mengetahui perbedaannya, kamu akan lebih mudah memahami berbagai istilah di dunia olahraga.

Lantas apa sih bedanya?

1 dari 3 halaman

Apa Itu Gym?

Ilustrasi Angkat Beban © Diadona

Gym adalah tempat orang beraktivitas fisik. Biasanya, gym berupa tempat dalam ruangan (indoor) yang dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk olahraga.

Diketahui, gym sudah ada bahkan sejak 3.000 tahun lalu sejak masa Peradaban Persia Kuno. Pada masa itu, gym disebut degan zurkhaneh.

Ada yang memang didesain khusus untuk angkat beban, ada pula yang untuk strength training, dan banyak lagi. Tapi, dalam satu tempat gym ini tidak ada kelas-kelas terpisah seperti yang ditawarkan studio olahraga.

Karena ada banyak peralatan dan mesin di gym, kamu bisa memilih sesuai dengan tujuan olahraga masing-masing. Artinya, setiap orang berlatih sendiri dan bukan dalam kelompok. Tapi terkadang, untuk para pemula bisa ditemani dengan seorang personal trainer.

2 dari 3 halaman

Konsep Fitness

Ilustrasi Fitness © Diadona

Berbeda dengan gym, fitness adalah gaya hidup sehat dan tidak hanya sebatas angkat beban saja. Di dalamnya ada banyak variasi aktivitas fisik seperti sit up, push up, atau olahraga lain seperti berenang, bersepeda, dan banyak lagi.

Untuk melakukannya, tidak harus di tempat khusus. Kamu bisa melakukannya di mana saja, bahkan di rumah sekalipun.

Selain itu, ada juga yang disebut dengan fitness center. Mirip gym, fitness center adalah tempat untuk orang bisa beraktivitas fisik. Ada banyak jenis dan bentuk dari fitness center dan terdapat pilihan kelas-kelas yang hisa diikuti anggotanya. Fitness center biasanya jauh lebih lengkap dengan adanya kolam renang, lapangan, klinik, ruangan locker, kamar mandi, dan banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Manfaat yang akan Didapatkan

Setelah tahu perbedaan fitness dan gym, kali ini kamu harus tahu tentang apa saja manfaat menjalani gaya hidup sehat:

  • Aktivitas pengusir stres
  • Sumber motivasi
  • Bertemu teman baru
  • Belajar hal/pengalaman baru
  • Tubuh Bugar

Mau pilih nge-gym atau fitness, yang terpenting adalah konsistensi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar