7 Sketsa Rumah Minimalis untuk Hunian supaya Makin Nyaman dan Elegan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 6 November 2023 18:30
7 Sketsa Rumah Minimalis untuk Hunian supaya Makin Nyaman dan Elegan
Berbagai sketsa rumah minimalis berikut ini nggak bikin rumah terasa sempit dan menguras budget.

Sketsa rumah minimalis bisa menjadi inspirasi sebelum memutuskan untuk membangun rumah. Kehadiran sketsa digambarkan secara rapi dan detail, sehingga dapat memudahkan calon penghuni rumah untuk mengetahui rancangan hunian. 

Untuk memilih sketsa rumah, pastinya kamu juga harus mempersiapkan ide atau inspirasi terhadap bentuk rumah yang diinginkan. Adapun berbagai ide sketsa rumah saat ini juga disertai tawaran harga yang cukup terjangkau untuk membangun rumah, sehingga nggak bikin kantong jadi kering.

Biar nggak lama-lama lagi, ini dia rekomendasi sketsa rumah minimalis yang bisa kamu jadikan referensi sebelum membangun rumah.

1 dari 7 halaman

Sketsa Rumah Minimalis untuk Tipe 21

Sketsa Rumah Minimalis © Diadona

Rumah tipe 21 merupakan jenis hunian yang terbilang cukup sederhana dan cocok untuk dihuni oleh keluarga baru yang belum memiliki anak atau yang seseorang masih melajang. Tipe 21 dibangun di atas tanah seluas 21 meter. 

Rumah tipe ini terdiri dari 1 ruang kamar tidur utama, 1 kamar mandi, dan 1 carport. Dengan ukurannya yang mini, budget yang dikeluarkan untuk membeli rumah tipe 21 tentunya akan sangat ramah di kantong.

2 dari 7 halaman

Sketsa Rumah Minimalis untuk Tipe 36

Sketsa Rumah Minimalis © Diadona

Rumah tipe 36 banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki luas yang pas dan harga yang cukup terjangkau. Rumah tipe ini dapat menampung keluarga kecil yang memiliki 1-2 anak. 

Tipe 36 terdiri dari 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur tambahan dan 1 kamar mandi. Antara bagian ruang makan dan ruang keluarga sengaja tidak ditambahkan penyekat atau pembatas ruangan untuk menampilkan konsep open space yang tidak membuat ruangan menjadi terasa sumpek.

3 dari 7 halaman

Sketsa Rumah Minimalis untuk Tipe 45

Sketsa Rumah Minimalis © Diadona

Rumah tipe 45 sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan rumah tipe 36, hanya saja tentu lebih luas. Tipe 45 memiliki ukuran rumah yang pas, sehingga tidak membuat para penghuni rumah merasa terlalu luas ataupun sempit.

Umumnya, dimensi yang digunakan untuk membangun rumah tipe 45 yakni 6 meter x 7,5 meter, 5 meter x 9 meter dan 8 meter x 5,6 meter.

4 dari 7 halaman

Sketsa Rumah Minimalis untuk Tipe 60

Sketsa Rumah Minimalis © Diadona

Seperti namanya, rumah dengan tipe 60 ini memiliki luas sebesar 60 meter persegi. Rumah tipe 60 dapat dibangun dengan dimensi yang berbeda-beda seperti 6 meter x 10 meter, 8 meter x 7 meter hingga 6 meter x 12 meter. 

Tipe ini dapat dibangun sesuai bentuk layout yang diinginkan, baik 1 lantai ataupun rumah 2 lantai. Inspirasi dalam menciptakan ruang keluarga pada rumah tipe 60 di lantai 2 seperti ini, dapat memberikan ekstra kenyamanan bagi para penghuni.

5 dari 7 halaman

Sketsa Rumah Minimalis untuk Tipe 70

Sketsa Rumah Minimalis © Diadona

Rumah tipe 70 sangat cocok untuk keluarga yang beranggotakan 4 sampai 6 orang di mana bisa dibuat 2-3 kamar tidur di dalamnya. Tipe 70 memiliki ukuran yang cukup luas dan banyak disukai oleh masyarakat, khususnya untuk kalangan menengah ke atas. 

Dimensi yang biasanya dibangun pada rumah yang memiliki luas halaman 70 meter persegi ini antara lain 7 meter x 10 meter dan 5 meter x 14 meter. Semakin besar luas tanah yang diberikan, maka harga yang ditawarkan pun akan semakin tinggi. Untuk tipe rumah ini biasanya berkisar antara 150 juta hingga miliaran rupiah.

6 dari 7 halaman

Sketsa Rumah Minimalis untuk Gaya Rumah Skandinavia

Sketsa Rumah Minimalis © Diadona

Gaya Skandinavia merupakan gaya interior rumah yang terinspirasi dari negara-negara kawasan Eropa Utara atau sering disebut dengan Nordik. Gaya Skandinavia membawa 3 konsep utama yaitu kesederhanaan, fungsional dan elegan. 

Salah satu ciri gaya rumah ini ditampilkan dengan adanya tampilan ruangan secara terbuka untuk mendapatkan sumber pencahayaan alami selain lampu. Seperti pada sketsa rumah berikut ini, di mana terdapat bangunan balkon (ditunjukkan pada huruf J) yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai sekaligus meningkatkan intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah. Sketsa rumah ala Skandinavia ini memiliki ukuran 5,5 meter x 10 meter.

7 dari 7 halaman

Sketsa Rumah Minimalis untuk Gaya Rumah Tropis

Sketsa Rumah Minimalis © Diadona

Rumah bergaya tropis sangat cocok untuk diterapkan pada rumah di Indonesia. Adapun inspirasi dalam membangun hunian tropis dapat ditemukan seperti pada sketsa rumah berikut ini. 

Sketsa rumah ini mengusung konsep terbuka, sehingga memudahkan para penghuninya untuk mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang bisa masuk ke rumah dengan baik. Sketsa ini terbagi menjadi 2 bangunan utama di sisi kiri dan kanan serta 1 bangunan tengah yang digunakan sebagai konektor. 

Itulah ide sketsa rumah minimalis yang punya tampilan indah dan terasa homey. Semoga bisa membantu ya. Mana nih sketsa rumah yang paling kamu suka, Diazens?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar