8 Mimbar Masjid Minimalis yang Hemat Ruang dengan Tampilan Indah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 7 November 2023 21:04
8 Mimbar Masjid Minimalis yang Hemat Ruang dengan Tampilan Indah
Berbagai model mimbar masjid minimalis yang tampilannya nggak kalah bagus dengan mimbar model mewah.

Mimbar masjid minimalis cukup diminati sekarang ini. Mimbar sendiri merupakan bagian penting di dalam masjid sebagai elemen simbolis dan fungsional. Mimbar ini biasanya menghadap ke arah jamaah, yang digunakan untuk menyampaikan khotbah sebelum sholat berjamaah hari Jum’at atau ceramah seputar nasihat dan pengajaran agama kepada jamaah. 

Seiring berjalannya waktu, mimbar masjid mulai berevolusi dengan berbagai model dan bahan yang bervariasi. Salah satunya model mimbar masjid minimalis. Konsep minimalis ini biasanya menekankan pada kesederhanaan elemen desain dan lebih ramping yang dapat menyesuaikan dengan ukuran ruang masjid apabila tidak terlalu besar. 

Mimbar minimalis cukup laris untuk dipilih di era modern saat ini. Tentunya karena desainnya yang tidak terlalu rempong dan mencolok juga harganya yang tidak terlalu menguras kantong ketimbang model mimbar yang mewah dengan ukiran rumit. 

Di sini redaksi Diadona sudah mengumpulkan berbagai model mimbar masjid minimalis yang bisa diterapkan di masjid sekitar rumah kamu. Berikut ini modelnya:

 

1 dari 8 halaman

Mimbar Masjid Minimalis Warna Hitam Elegan

Mimbar Masjid Minimalis © Diadona

Rekomendasi yang pertama adalah mimbar dengan model simpel dengan warna hitam gloss. Jika kamu biasanya menjumpai mimbar masjid dengan beragam ukiran yang unik, kali ini berbeda. Mimbar masjid ini memiliki tampil sederhana dengan penggunaan elemen dekoratif yang minim dan secukupnya. 

Mimbar ini berukuran tidak terlalu besar, jadi tidak akan menghabiskan banyak ruang untuk menempatkannya. Mimbar ini pasti cocok digunakan pada ruang masjid yang tidak terlalu besar.

2 dari 8 halaman

Mimbar Masjid Minimalis dengan Ukiran

Mimbar Masjid Minimalis © Diadona

Jika sebelumnya model mimbar yang elegan, model mimbar satu ini tampil dengan warna cokelat kayu serta ukiran. Mimbar ini memiliki model yang tidak terlalu besar, jadi dapat ditempatkan di ruangan yang tidak terlalu luas sekalipun. 

Ukiran bunga pada bagian atas mimbar dan kaligrafi pada bagian tengah memberikan kesan yang artistik meskipun ukuran mimbar tidak terlalu besar. Model mimbar ini menjadikannya tetap menonjol dengan sentuhan seni ukir yang apik.

3 dari 8 halaman

Mimbar Masjid Minimalis dengan Slim Material Akrilik

Mimbar Masjid Minimalis © Diadona

Dengan mengusung konsep praktis dan sederhana, mimbar minimalis satu ini terlihat slim dengan material akrilik yang digunakan. Berbeda dengan mimbar kayu, mimbar akrilik ini menawarkan keindahan yang elegan dan modern. 

Tampilannya yang bening dan transparan memberikan kesan yang ringan. Model ini juga dapat dikombinasikan dengan material lain seperti stainless pada bagian kerangka mimbar serta elemen tambahan seperti gambar kaligrafi pada bagian depannya. Selain itu, dari segi harga pun cukup murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan material kayu.

4 dari 8 halaman

Mimbar Masjid Minimalis dengan Sisi Belakang Tinggi

Mimbar Masjid Minimalis © Diadona

Selanjutnya adalah mimbar dengan bagian belakang yang tinggi. Bagian belakang mimbar dibuat lebih tinggi menonjolkan elemen pola desain yang berwarna emas dan kaligrafi yang diletakkan di bagian paling atasnya memberikan tampilan yang artistik. 

Dengan merancang bagian belakang lebih tinggi, menciptakan titik fokus yang mencolok di dalam masjid. Selain itu dengan perpaduan warna cokelat kayu dengan elemen dekorasi berwarna emas, mimbar ini menghadirkan tampilan yang indah dan elegan.

5 dari 8 halaman

Mimbar Masjid Minimalis dengan Tempat Duduk

Mimbar Masjid Minimalis © Diadona

Mimbar masjid dengan tempat duduk ini biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan model mimbar lainnya. Mimbar model ini bisa menjadi solusi alternatif terutama ketika kondisi khatib tidak memungkinkan akibat berdiri terlalu lama karena durasi khutbah atau ceramah yang tidak sebentar. 

Jadi, khatib tidak perlu berdiri terlalu lama dan bisa sambil duduk bila kelelahan atau karena alasan lain. Selain itu, ceramah dengan posisi duduk berhadapan dengan para jamaah membawa nuansa yang lebih interaktif dan akrab dalam diskusi dan pengajaran khutbah.

6 dari 8 halaman

Mimbar Masjid Minimalis Slim Kombinasi Stainless

Mimbar Masjid Minimalis © Diadona

Desain mimbar yang satu ini memiliki tampilan yang simpel dan slim. Tidak hanya model kayu atau akrilik saja, model satu ini juga dapat menjadi pilihan tepat untuk ruang masjid yang terbatas.

Menggunakan material yang tahan lama, mimbar masjid satu ini bisa menjadi pilihan yang kokoh. Mimbar masjid dengan kombinasi stainless ini menjadi perpaduan sederhana yang elegan dan modern untuk tampilan dalam ruang masjid.

7 dari 8 halaman

Mimbar Masjid Minimalis Slim Material Kayu

Mimbar Masjid Minimalis © Diadona

Model mimbar selanjutnya yakni model mimbar slim dengan material kayu. Meskipun terlihat sederhana, tetapi tampilannya tidak membosankan untuk dilihat. Mimbar ini memiliki ornamen-ornamen ukiran pada sisi depan serta kaligrafi bertuliskan lafaz Allah yang terlihat indah. 

Tampilannya yang slim, tidak terlalu memakan ruang yang banyak. Tentunya mimbar model ini dapat ditempatkan di berbagai ukuran ruangan termasuk masjid dengan ukuran yang tidak terlalu luas.

8 dari 8 halaman

Mimbar Masjid Minimalis dengan Kubah

Mimbar Masjid Minimalis © Diadona

Model mimbar yang terakhir adalah model mimbar dengan kubah. Mimbar masjid ini memiliki daya tarik yang sangat menonjol yang terletak pada segala sisinya termasuk pada kubahnya. 

Mimbar ini dihiasi dengan ornamen ukiran kaligrafi yang menghiasi berbagai sisi mimbar termasuk pada bagian kubahnya, sehingga menciptakan atmosfer visual yang indah pada ruang masjid. 

Baik, itu dia berbagai model mimbar masjid minimalis yang sudah redaksi Diadona sajikan untuk kamu. Ternyata banyak sekali model mimbar yang bisa dipilih untuk diterapkan di masjid. Tidak perlu mewah, mimbar yang minimalis juga memiliki kualitas bagus dengan harga yang ramah di kantong. 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar