Minum Sambil Berdiri Seolah Aman Aja, Padahal Bisa Timbulkan Bahaya Kesehatan Berikut lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 29 Oktober 2021 17:03
Minum Sambil Berdiri Seolah Aman Aja, Padahal Bisa Timbulkan Bahaya Kesehatan Berikut lho!
Masih sering minum sambil berdiri nih?

Minum sambil berdiri mungkin terlihat sebagai suatu hal yang biasa kita lakukan. Namun ternyata kebiasaan ini membawa pengaruh yang nggak bisa disepelakn lho. Posisi kita saat minum ternyata bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Meskipun minum air putih setiap harinya memang dapat membantu menjaga kesehatan, namun tetap saja berdampak buruk jika dilakukan dengan berdiri. Dilansir dari Liputan6.com, ini nih bahaya yang bisa terjadi jika kamu melakukan kebiasaan ini.

1 dari 6 halaman

Risiko terkena Artitis

Ketika minum air sambil berdiri, maka keseimbangan cairan di dalam tubuh bisa terganggu. Jika sudah begini, maka terjadilah penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh yang dapat menyebabkan artisis.

Artitis sendiri adalah peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai rasa sakit, bengkak, kaku, bahkan keterbatasan gerak. Nah hal ini memang umumnya baru kita rasakan dalam jangka waktu yang lama.

2 dari 6 halaman

Mengganggu pencernaan

Ilustrasi Gangguan Pencernaan © Diadona

Jika minum sambil berdiri, air yang masuk melewati tubuh akan langsung jatuh ke dinding perut lho. Dalam jangka panjang tentu saja hal ini akan merusak dinding perut dan saluran pencernaan.

Sebaliknya, ketika kita minum dengan duduk akan membuat cairan yang diminum bisa lebih cepat dicerna bersama dengan makanan lain, karena otot dan sistem saraf dalam kondisi rileks.

3 dari 6 halaman

Dampak Buruk Pada Sendi

Ilustrasi Gangguan Sendi © Diadona

 

Dampak buruk lainnya dari minum sambil berdiri adalah gangguan pada sendi. Salah satu gangguan yang dapat terjadi karena kebiasaan tersebut adalah arthritis. Walau begitu, ternyata hal tersebut tidak tepat. Meski berdampak buruk pada sendi belum tentu dapat menyebabkan terjadinya arthritis karena belum ada bukti ilmiah tentang hal tersebut. Dampak yang lebih parah disebabkan kebiasaan tersebut adalah masalah pada paru-paru dan jantung.

4 dari 6 halaman

Proses Pengenceran Kadar Asam Terganggu

Minum sambil berdiri juga dapat menyebabkan proses pengenceran kadar asam terganggu. Air memang sebaiknya diminum sedikit demi sedikit dan perlahan sambil duduk. Dengan begitu akan membantu pengenceran kadar asam dalam tubuh sesuai dengan proporsi cairan yang dibutuhkan.

5 dari 6 halaman

Kerusakan Ginjal

Ilustrasi Sakit Ginjal © Diadona

Minum sambil berdiri dapat menyebabkan fungsi ginjal jadi terganggu. Hal ini bisa menyebabkan kotoran menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang nantinya mengakibatkan gangguan pada saluran kandung kemih. Efek jangka panjangnya tentu saja bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

Nah ternyata cara minum bisa mempengaruhi kesehatan kita, bahkan dampak yang ditimbulkan nggak sesimpel itu. Jadi masih mau minum sambil berdiri nih?

Beri Komentar