8 Model Teras Rumah Klasik yang Modern, Bikin Tampilan Depan Hunian Jadi Super Menawan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 7 November 2023 18:36
8 Model Teras Rumah Klasik yang Modern, Bikin Tampilan Depan Hunian Jadi Super Menawan
Dengan model teras rumah klasik ini tampilan depan rumah jadi makin eye-catching dan menarik.

Model teras rumah klasik bisa menjadi pilihan untuk membuat tampilan depan rumah terlihat lebih elegan. Teras klasik biasanya menonjolkan arsitektur yang terkesan megah dan mewah mulai dari tiang-tiang yang tinggi hingga ornamen yang artistik. Model teras klasik memang memiliki daya tarik yang timeless, maka tidak heran model teras klasik ini cukup digemari sampai saat ini. 

Teras sendiri merupakan bagian terdepan dari struktur rumah yang menjadi ‘central of view’ pertama yang dilihat oleh tamu ketika berkunjung. Hal ini tentu saja memainkan peranan penting dalam menciptakan kesan pertama. Model yang mengedepankan unsur klasik ini menawarkan kesan elegan yang tercipta dari arsitektur, material serta elemen dekoratif yang digunakan. 

Teras juga bukan hanya sebagai elemen yang memperindah tampilan rumah saja, tetapi juga berfungsi sebagai tempat bersantai. Pasalnya teras dengan model klasik ini juga dirancang untuk memberikan kenyamanan bersantai dengan sentuhan elegan dan megah.

Tertarik untuk  merombak teras rumah kamu? Nah, berikut ini beberapa rekomendasi model teras rumah klasik yang bisa kamu tiru untuk membuat hunian terlihat makin menawan.

1 dari 8 halaman

Model Teras Rumah Klasik dengan Pilar Ganda

Model Teras Rumah Klasik © Diadona

Pilar ganda yang tinggi selain menjadi pendukung atap teras juga memiliki peranan untuk membuat tampilan depan rumah jadi lebih menawan. Rumah klasik dengan pilar ganda memang tidak perlu diragukan dalam menciptakan tampilan yang mewah. 

Pilar ganda ini tampil polos dengan tidak memiliki sentuhan corak di setiap bagiannya.  Meskipun pilar ini terlihat sederhana, tetapi mampu membuat tampilan yang elegan dan mewah.

2 dari 8 halaman

Model Teras Rumah Klasik dengan Ornamen Kayu

Model Teras Rumah Klasik © Diadona

Sentuhan warna putih memang membuat bangunan rumah dapat terlihat elegan. Dengan mengadopsi gaya bangunan ala Eropa, tekstur kayu yang berpadu dengan warna putih ini memiliki daya tarik memikat pada tampilan luar rumah. 

Dengan struktur bangunan yang sederhana, bagian teras pun terlihat simpel dengan dilengkapi dua kursi rotan untuk bersantai yang menghadap ke arah taman rumah. Dengan ornamen dekoratif kayu pada bagian atap dan pagar rumah, membuatnya terlihat mengesankan.

3 dari 8 halaman

Model Teras Rumah Klasik dengan Balustrade

Model Teras Rumah Klasik © Diadona

Menambahkan sentuhan balustrade pada rumah bergaya klasik, menjadikannya semakin terlihat indah. Balustrade atau railing merupakan elemen arsitektur yang biasanya digunakan di tepi tangga atau dapat digunakan di pinggiran teras. Hal ini digunakan untuk memberikan batas dan sentuhan estetik pada bagian depan rumah. 

Untuk tampilan klasik yang satu ini menggunakan material kayu sebagai pilihannya. Balustrade dengan material kayu yang dicat berwarna putih menampilkan kesan yang alami, bersih dan klasik.

4 dari 8 halaman

Model Teras Rumah Klasik dengan Pencahayaan Klasik

Model Teras Rumah Klasik © Diadona

Model teras yang klasik tentu memerlukan elemen dekoratif untuk membuat tampilannya lebih maksimal. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pencahayaan klasik agar tampilan luar hunian dapat terlihat lebih memukau dan elegan pada malam hari. 

Pencahayaan yang klasik ini melibatkan penggunaan lampu-lampu yang memiliki sentuhan berkelas pada desain eksterior rumah. Gunakan lampu dinding di tiang rumah yang mampu menyorot dari dua arah yaitu atas dan bawah untuk memberikan efek pencahayaan yang estetis dan elegan.

5 dari 8 halaman

Model Teras Rumah Klasik dengan Tangga Luas

Model Teras Rumah Klasik © Diadona

Teras rumah klasik dengan tangga yang luas menciptakan tampilan megah dan mewah pada hunian. Tangga yang luas tidak hanya sebagai akses untuk menuju ke pintu utama, tetapi juga menjadi elemen arsitektur yang memperindah desain eksterior hunian. 

Tangga dirancang dengan lebar yang mencolok untuk memberikan kesan megah dan menonjol di bagian depan rumah. Selain itu, penambahan elemen dekoratif seperti lampu gantung yang memiliki ornamen dan pencahayaan yang mewah, akan menambah kesan elegan.

6 dari 8 halaman

Model Teras Rumah Klasik dengan Tanaman Hias

Model Teras Rumah Klasik © Diadona

Penambahkan tanaman hias pada teras rumah klasik memberikan tampilan yang indah dan segar. Pot dengan corak atau ukiran yang khas ini akan memberikan sentuhan klasik pada teras rumah.

Penggunaan tanaman hias dengan bunga yang berwarna-warni dapat memberikan sentuhan warna lain pada eksterior rumah. Kamu dapat menambahkan tanaman rambat atau tanaman berwarna cerah seperti begonia, geranium, atau mawar dalam pot-pot untuk menghadirkan nuansa yang lebih segar dan berwarna.

7 dari 8 halaman

Model Teras Rumah Klasik yang Autentik

Model Teras Rumah Klasik © Diadona

Model teras klasik yang satu ini menggabungkan kombinasi yang apik antara elemen-elemen klasik dan modern. Desain teras ini menciptakan suasana yang elegan dan unik sehingga tampilan depan rumah akan terlihat berbeda daripada yang lain.

Atap joglo yang melengkung dan berpadu dengan material batu alam sebagai elemen dekoratif dinding teras ini menghadirkan tampilan klasik dan elegan pada teras. Selain itu, dengan ukuran teras yang cukup besar dapat ditambahkan satu set kursi dengan meja untuk menjadi tempat menerima tamu sekaligus bersantai yang nyaman.

8 dari 8 halaman

Model Teras Rumah Klasik Ala Tropis

Model Teras Rumah Klasik © Diadona

Pengin model teras rumah klasik yang sejuk dan nyaman? Model teras rumah klasik yang terakhir ini cocok untuk kamu, loh! Teras klasik ala tropis ini memiliki sentuhan aksen kayu pada bagian atapnya yang menjadikannya terlihat apik ketika dipandang dari jauh. 

Kamu dapat memanfaatkan space lahan depan rumah untuk dijadikan taman. Kamu pun bisa menambahkan tanaman rindang, rambat atau tanaman berdaun besar untuk memberikan kesan teduh. Teras klasik ala tropis ini bukan hanya memberikan keindahan pada eksterior rumah, tetapi juga menciptakan lingkungan yang segar dan nyaman. 

Nah, itu tadi beberapa model teras rumah klasik yang bisa kamu jadikan referensi untuk merombak teras rumahmu. Kira-kira nih dari 8 model teras rumah klasik di atas, desain mana yang paling cocok dengan selera kamu? Tulis di kolom komentar di bawah ya! 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar