Bikin Adem, Tapi Bagus Gak Sih Tidur di Lantai?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 31 Oktober 2021 08:27
Bikin Adem, Tapi Bagus Gak Sih Tidur di Lantai?
Kalian sering tidur di lantai nggak nih?

Banyak di antara kita yang masih tidur di lantai, apalagi ketika cuaca lagi panas-panasnya. Rasanya nyaman, dan adem gitu. Meski nyaman, namun ada yang mengatakan bahwa tidur di lantai itu nggak bagus buat kesehatan. Emang iya?

Melansir dari Hellosehat.com, ternyata tidur di lantai ada sisi baik dan buruknya nih buat kesehatan. Simak yuk!

1 dari 3 halaman

Sisi Baik Tidur di Lantai

Meski ada yang bilang tidur di lantai itu tidak bagus, ternyata punya sisi baiknya nih buat kesehatan!

Ilustrasi Wanita Tidur di Lantai © Diadona

1. Peredaran darah lancar

Ya, peredaran darah bisa jadi lancar dengan tidur di lantai nih guys. Tidur di lantai berarti tidur mendatar. Kerja jantung pun lebih baik dalam memompa dan lebih mudah mengalirkannya ke seluruh tubuh. Di samping itu, sistem limfatik juga bisa bekerja menjadi lebih baik. Racun pun bisa dibilas dengan cepat.

2. Tubuh Postur Membaik

Tau nggak sih, tidur di lantai itu ternyata bisa membuat postur tubuh jadi lebih baik, nih, dengan telentang. Jika di atas kasur empuk, tubuh cenderung tertekan ke dalam mengikuti lekuk kasur. sehingga tulang belakang juga mengikutinya.

3. Pegal Linu Hilang

Yang lagi pegal linu, bisa nih tidur di atas lantai. Apalagi yang habis menghabiskan waktu lama di kantor seharian. Sebab, pegal linu biasanya disebabkan karena tubuh kurang gerak, atau postur tubuh yang buruk. Bisa juga karena semalaman tidur di kasur yang kelewat empuk.

2 dari 3 halaman

Sisi Buruk Tidur di Lantai

Nah, itu sisi baiknya. Kalau sisi buruk tidur di lantai, gimana ya?

Ilustrasi Wanita Tidur di Lantai © Diadona

1. Bikin Pegal dan Sakit Kepala

Meskipun tidur di atas lantai bisa menghilangkan pegal linu, ternyata bisa menyebabkan pegal dan sakit kepala, nih. Wah, kok bisa? Sebab lantai itu suhunya dingin, di mana kalau tidur kelamaan di sana jaringan tubuh bisa membengkak yang mana bisa menyebakan ruang persendian terdesak.

2. Pilek dan Masuk Angin

Selanjutnya, tidur di atas lantai bisa membuat tubuh jadi pilek dan tidak enak seperti maag yang disertai flu, meski tidak dengan serta-merta. Ketika kedinginan, tubuh jadi rentan jatuh sakit. Untuk mengatasinya, kamu bisa tidak tidur di atas lantai secara langsung, melainkan dengan matras dan sejenisnya.

3. Tidak Nyenyak

Tidur di atas lantai berarti tidur atas permukaan yang keras dan dingin. Bagi sebagian besar yang tidurnya selalu di atas kasur, tidurnya kemungkinan tidak nyenyak nih kalau tidur di lantai. Rasanya kayak jadi nggak nyaman gitu soalnya. Belum lagi jika ada debu, apalagi ada serangga yang lewat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beri Komentar