7 Desain Rumah Atap Miring Satu Sisi yang Unik dan Bikin Hunian Terlihat Makin Beda

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 7 November 2023 15:38
7 Desain Rumah Atap Miring Satu Sisi yang Unik dan Bikin Hunian Terlihat Makin Beda
Rumah atap miring satu sisi di bawah ini punya tampilan yang unik dan modern.

Kehadiran rumah atap miring satu sisi sangat diminati saat ini. Atap ini memiliki bentuk yang cukup menarik dibandingkan bentuk atap datar yang sejak dulu telah digunakan oleh hunian di Indonesia. Tampilan atap miring satu sisi juga bisa dipasangkan dengan cara yang berbeda-beda seperti miring ke depan, miring belakang ataupun miring ke samping.

Selain memiliki daya tarik visual, bentuk atap miring satu sisi ternyata juga memuat nilai fungsi yang sangat bermanfaat bagi rumah. Kemiringan pada atap ini bisa digunakan sebagai drainase yang memudahkan aliran air hujan untuk turun dengan sempurna. Atap miring juga bisa membantu meminimalisir terjadinya genangan air yang berisiko merusak atap dan dinding rumah. 

Yuk intip rekomendasi rumah atap miring satu sisi yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam merancang rumah.

1 dari 7 halaman

Rumah Atap Miring Satu Sisi Kombinasi

Rumah Atap Miring Satu Sisi © Diadona

Rumah ini memiliki 2 bentuk atap yang berbeda, di mana satu sisi ditampilkan dengan atap yang miring dan sisi lainnya menggunakan atap datar. Pemakaian atap datar dan atap miring dalam satu rumah merupakan kombinasi yang pas untuk melindungi rumah kamu dengan maksimal.

Atap miring memiliki keunggulan yaitu bisa merespons sirkulasi udara panas yang masuk ke rumah dengan baik. Sementara itu, atap datar dapat mengendalikan biaya utilitas agar tetap stabil, khususnya di iklim yang hangat.

2 dari 7 halaman

Rumah Atap Miring Satu Sisi Bergaya Mid Century Modern

Rumah Atap Miring Satu Sisi © Diadona

Gaya rumah mid century modern adalah gaya arsitektur yang digunakan pada abad ke-20 serta menggabungkan desain bangunan modern dan tradisional. Untuk menonjolkan tampilan rumah pada gaya mid century modern, kamu bisa menggunakan atap yang berbentuk miring seperti ini. 

Pemasangan atap miring ini dilakukan secara menyeluruh untuk satu bangunan rumah, termasuk garasi. Meskipun pengerjaan atap miring cukup membutuhkan waktu yang lama, tetapi jenis atap ini menyimpan ketahanan yang awet dan kokoh.

3 dari 7 halaman

Rumah Atap Miring Satu Sisi dengan Balkon

Rumah Atap Miring Satu Sisi © Diadona

Jika kamu merasa bosan dengan tampilan rumah yang terlihat begitu-gitu saja, kamu bisa coba merenovasinya dengan bentuk atap miring yang seperti ini. 

Bentuk atap yang sengaja didesain dengan memberikan lubang di tengahnya bisa kamu isi untuk membangun balkon yang unik seperti ini. Sinar matahari akan lebih mudah untuk masuk ke rumah melalui bentuk atap yang bolong kayak gini.

4 dari 7 halaman

Rumah Atap Miring Satu Sisi yang Cantik

Rumah Atap Miring Satu Sisi © Diadona

Ide atap miring pada rumah yang satu ini dilakukan dengan cara menampilkan bagian atap datar di depan rumah, kemudian memasangkan atap miring di bagian belakangnya. Dengan atap datar yang pendek, tampilan atap miring akan tetap kelihatan karena dipasangkan pada bangunan rumah belakang yang punya ukuran lebih tinggi. Rumah atap miring ini cocok untuk jenis rumah yang memiliki halaman panjang.

5 dari 7 halaman

Rumah Atap Miring Satu Sisi Modern

Rumah Atap Miring Satu Sisi © Diadona

Bentuk rumah atap miring yang satu ini punya tampilan modern yang nggak membosankan. Perpaduan cat rumah berwarna cokelat yang dipadukan dengan material besi menjadikan tampilan rumah terasa hangat dan nyaman. 

Desain rumah dengan atap miring sangat cocok untuk dipasangkan jendela yang memiliki ukuran lebih besar, sehingga bisa menciptakan kesan rumah menjadi lebih mewah tanpa terkesan norak atau berlebihan.

6 dari 7 halaman

Rumah Atap Miring Satu Sisi yang Klasik

Rumah Atap Miring Satu Sisi © Diadona

Pemasangan atap miring tidak hanya dilakukan untuk rumah yang memiliki halaman luas, tetapi juga bisa diterapkan pada rumah yang berhalaman sempit. Rumah beratap miring ini sangat cocok untuk dipasang di rumah yang memiliki gaya klasik, sehingga dapat memberikan kesan rumah menjadi lebih homey. 

Pengeluaran yang dibutuhkan untuk memasang atap miring pada rumah minimalis ini tentunya nggak akan bikin dompet kamu jadi kering. Kamu bisa pilih atap dengan bahan yang berkualitas tinggi tetapi ramah di kantong, salah satunya seperti atap yang berjenis keramik.

7 dari 7 halaman

Rumah Atap Miring Satu Sisi yang Unik

Rumah Atap Miring Satu Sisi © Diadona

Model atap miring yang satu ini terlihat sangat berbeda di antara bentuk atap miring lainnya. Pasalnya, atap ini memiliki bentuk kemiringan yang cukup drastis ditambah dengan lengkungan sisi atap yang curam. 

Pemasangan atap miring ini tentunya membutuhkan pengerjaan yang cukup ekstra. Kamu bisa gunakan bahan-bahan yang memiliki sifat ketahanan yang kuat seperti baja dan kayu, agar dapat melindungi bangunan rumah dalam waktu yang lama. 

Itu dia inspirasi rumah atap miring satu sisi yang punya tampilan indah. Kira-kira kamu suka yang mana nih, Diazens? 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar