Sangat Inspiratif, Guru 52 Tahun Ini Rela Naik Kuda sampai 8 Jam Demi Mengajar Murid di Pegunungan

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 18 Desember 2020 10:20
Sangat Inspiratif, Guru 52 Tahun Ini Rela Naik Kuda sampai 8 Jam Demi Mengajar Murid di Pegunungan
Berdedikasi banget ya guru satu ini!

Masa pandemi seperti sekarang membuat banyak sekolah terpaksa melakukan proses belajar mengajar secara online. Namun sayangnya, tak semua siswa bisa mendapat koneksi internet yang baik.

Belum lama ini, seorang guru asal Chili mencuri perhatian publik atas dedikasinya yang luar biasa dalam mengajar murid. Guru bernama Cicilia Gatica ini rela menunggang kuda selama delapan jam sehari untuk mengajar ke-18 siswanya yang kesulitan mendapat akses internet.

1 dari 5 halaman

Murid Tak Bisa Akses Internet

Guru menunggang kuda demi mengajar murid di pegununganGuru menunggang kuda demi mengajar murid di pegunungan © ladbible.com

Melansir dari Ladbible, Cicilia Gatica adalah seorang guru di sekolah Sara Cruz Alvayay. Sekolah tempat Cicilia mengajar ini terletak di desa Juntas de Valeriano, Chili.

Sayangnya, koneksi internet di desa yang terletak di kaki pegunungan Andes itu sangat buruk sehingga banyak siswa yang tak bisa mengakses internet untuk sekolah online.

2 dari 5 halaman

Naik Kuda selama 8 Jam Sehari

Karena tak ingin murid didiknya ketinggalan pelajaran selama pandemi, guru berusia 52 tahun ini kemudian memutuskan untuk mengajar muridnya satu per satu. Untuk menjangkau muridnya, kadang guru berdedikasi ini harus menunggang kuda selama delapan jam per hari demi memastikan ia sudah menjangkau semua muridnya.

Saat awal masa lockdown, ia mencoba menghubungi keluarga dari semua muridnya dan mencoba menyusun strategi agar kelas bisa tetap berjalan.

" Anak-anak bertanya apakah aku bisa mengunjungi mereka di rumah, dan aku berkata 'tentu saja! Tidak masalah," ucap Cicilia pada media lokal.

3 dari 5 halaman

Murid Tinggal di Pegunungan

Guru menunggang kuda demi mengajar murid di pegununganGuru menunggang kuda demi mengajar murid di pegunungan © ladbible.com

Sayangnya, hambatan datang saat ia tahu beberapa keluarga murid memutuskan mengajak sang anak ke daerah pegunungan bersama mereka untuk membantu memelihara ternak atau melakukan pekerjaan pertanian lainnya.

Karena kondisi ini, akhirnya Cicilia memutuskan untuk mengunjungi murid-muridnya yang berada di pegunungan itu dengan berkuda.

4 dari 5 halaman

Tempuh Medan yang Sulit

Sejak saat itu, Cicilia mengunjungi setiap siswanya dua kali sebulan. Tentu saja, ia membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan pekerjaannya ini.

Perjalanan yang harus ditempuhnya pun nggak mudah. Cicilia harus menempuh jarak yang jauh dengan medan yang sulit dijangkau, bahkan seringkali harus melintasi jurang.

Guru baik hati ini biasanya akan berhenti untuk menginap di rumah salah seorang siswa dan istirahat setiap dua hari.

5 dari 5 halaman

Terima Penghargaan

Guru menunggang kuda demi mengajar murid di pegununganGuru menunggang kuda demi mengajar murid di pegunungan © ladbible.com

Usaha dan dedikasi Cicilia ini nggak luput dari perhatian. Ia dianugerahi penghargaan Nuevos Heroes (Pahlawan Baru) oleh clearing house setempat, Caja Los Heroes. Meski ia mendapat penghargaan dan hadiah, Cicilia mengatakan hal itu nggak akan membuatnya cepat puas dan malah ia jadikan motivasi untuk memberikan lebih.

Sangat berdedikasi banget ya guru asal Chili satu ini. Semoga sehat selalu ya untuk Cicilia dan pandemi ini semoga lekas berlalu.

Beri Komentar