Restoran Ini Berani Hadirkan Hidangan Berbahan Ganja

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 3 Februari 2021 18:32
Restoran Ini Berani Hadirkan Hidangan Berbahan Ganja
Restoran ini sajikan hidangan berbahan Ganja seperti pizza ganja, daun ganja goreng, sampai jus ganja.

Jika mendengar kata Ganja, yang terlintas di pikiran kita adalah tanaman yang selalu dikaitkan dengan obat-obatan terlarang. Tak heran, penggunaan tanaman ganja di negara ini masih sangat dibatasi dan tak sembarang orang bisa memiliki atau mengonsumsinya. Bahkan, jika secara ilegal mengonsumsi atau memiliki, bisa-bisa kamu terkena pidana.

Namun, di restoran ini, kamu bisa menikmati semua hidangan berbahan ganja. Bahkan, restoran ini sudah legal. Di mana itu?

1 dari 3 halaman

Ban Lao Rueng

Restoran Ganja © Diadona

Ban Lao Rueng adalah merupakan salah satu restoran di Thailand yang mengusung konsep berbasis Ganja. Letaknya berada di Kota Prachinburi, Thailand sekitar 2 jam dari kota Bangkok. Restoran ini berada di sebelah Rumah Sakit Chao Phraya Abhaibhubejhr.

Ya, Ganja disajikan dalam berbagai menu pilihan. Restoran ini mengusung konsep kedai rumahan bergaya Thailand-China di tepi pantai.

2 dari 3 halaman

Nggak Bikin 'High'

Meskipun begitu, Restoran ini tak akan membuat orang yang mengonsumsinya langsung mengalami efek samping dari ganja seperti high. Pasalnya, restoran ini hanya menggunakan bagian tanaman tertentu yang dianggap aman untuk dikonsumsi.

Melansir dari The Thaiger, restoran ini hanya menggunakan beberapa bagian ganja dengan kandungan tetrahydrocannabinol (THC) yang rendah. Bagian-bagian ini adalah batang, daun, dan akar. Bagian ini legal dikonsumsi di Thailand.

Melansir dari Vice, sebagai upaya perluasan industri ganja medis, Thailand secara resmi menghapus tanaman ganja kecuali biji dan bunga berkadar THC tinggi, dari daftar narkotika kategori 5. Artinya, warga Thailand bisa mengonsumsi kanabis untuk pengobatan. Namun, untuk saat ini, hanya pihak tertentu saja yang diperbolehkan menanam dan mendistribusikan ganja.

Melihat hal ini, restoran ini ingin mematuhi peraturan, sehingga hanya menggunakan daun ganja dengan kadar THC rendah. Inilah yang membedakan Ban Lao Rueng dengan restoran lain di seluruh dunia yang justru menggunakan ganja berkadar tinggi.

Restoran inipun legal beroperasi karena dikelola oleh Rumah Sakit Chaophraya Abhaibhubejhr, yang memang menyediakan terapi ganja pertama di Thailand.

3 dari 3 halaman

Menu

Restoran Ganja © Diadona

Sementara itu, mengutip dari Coconuts Bangkok, restoran ini menyajikan Salad pedas dengan daun ganja goreng sebagai salah satu sayur pilihannya. Ada juga roti yang disajikan bersama daun ganja dan daging.

Lalu ada menu bernama Smiley Tempura, di mana tempura disajikan dengan lima daun ganja goreng dan salad mangga pedas.

Ada pula Good-mood pizza yang hadir dengan taburan potongan daun ganja.

Untuk menu minumannya, ada jus herbal berbahan ganja yang diberi nama Good-mood Soda.

Restoran Ganja © Diadona

Tertarik untuk mencobanya?