Jenis Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Saat Tidur lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 2 Februari 2021 18:37
Jenis Teh Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Saat Tidur lho!
Tetep bisa ngeteh sampil menurunkan berat badan nih!

Saat ini masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya menjalani gaya hidup sehat. Kemudahan akses informasi menjadi salah satu faktor yang mendorong hal ini.

Sekarang semua orang sudah bisa mencari tahu bagaimana caranya mewujudkan gaya hidup sehat. Bahkan kita juga bisa mengetahui jenis-jenis makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan.

Bagi beberapa orang yang ingin menurunkan berat badan, menjaga pola makan adalah hal yang sangat penting. Banyak rekomendasi jenis makanan atau minuman yang baik untuk kita yang sedang menjalani diet.

1 dari 4 halaman

teh oolong © Diadona

Dilansir dari Times of India, ternyata ada jenis teh yang bisa mendukung program diet kita lho. Bahkan jenis teh ini bisa membantu menurunkan berat badan kita saat tidur.

Bagi kita yang sedang berusaha menurunkan berat badan, perjuangan ini tentu terasa cukup berat saat dijalani. Tapi menurut sebuah penelitian di Universitas Tsukaba, kita bisa menjalaninya dengan santai sambil menikmati secangkir teh.

Penelitian itu menemukan bahwa minum teh oolong sebelum tidur bisa membantu menurunkan berat badan. Kedengarannya mungkin emang nggak mungkin, tapi patut dicoba!

2 dari 4 halaman

Teh Oolong © Diadona

Nggak bisa disangkal bahwa meminum secangkir teh hangat bebas kafein bisa membantu membuat saraf lebih rileks. Tapi nggak semua campuran teh bisa mendorong kita tidur nyenyak lho.

Makanya kita harus memilih jenis teh dengan bijak. Menurut penelitian, teh oolong membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Teh oolong punya efek positif pada metabolisme yang bisa meningkatkan kesehatan usus dan juga kesehatan mental. Penelitian tersebut telah dilakukan pada 12 orang dewasa selama dua minggu untuk mengetahui pengaruh minum teh oolong pada metabolisme dan pembakaran lemak.

3 dari 4 halaman

Teh Oolong © Diadona

Penelitian yang dilakukan pada individu berusia 20 dan 56 tahun itu dilakukan dengan memberikan beberapa jenis teh yang berbeda. Ada kelompok yang diberi jenis kafein, oolong dan plasebo.

Ternyata hasil penelitian itu menunjukkan bahwa minum teh oolong dan minuman kafein mendorong pengurangan lemak kurang lebih sebanyak 20 persen. Tapi efek yang lebih baik ditunjukkan oleh mereka yang mengonsumsi teh oolong.

Setelah meminum teh oolong, orang-orang itu mulai punya pola tidur yang lebih baik. Minuman itu ternyata mendorong orang untuk tidur.

4 dari 4 halaman

Teh Oolong © Diadona

Profesor Kumpei Tokuyama yang diketahui sebagai ketua peneliti menjelaskan efek dari stimulasi teh oolong.

" Efek stimulasi teh oolong pada pemecahan lemak selama tidur dapat memiliki relevansi klinis yang nyata untuk mengontrol berat badan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami dampak teh oolong dalam jangka waktu yang lama."

Selain mendorong kebiasaan tidur yang baik, teh oolong juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Teh ini juga membantu mengelola kadar gula daran dan mengurangi pertumbuhan sel karena stres oksidatif.

Nggak sampai di situ aja, teh oolong juga bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Keren banget kan?

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar