Sudah Ada Sejak Abad 17, Ini Perjalanan Panjang Oncom Hingga Bisa Dikonsumsi Masyarakat

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 5 Februari 2021 15:46
Sudah Ada Sejak Abad 17, Ini Perjalanan Panjang Oncom Hingga Bisa Dikonsumsi Masyarakat
Oncom memang dikenal sebagai makanan yang berbahan limbah.

Oncom adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang cukup digemari. Namun, bagi kamu yang belum tahu, oncom merupakan olahan makanan yang justru berasal dari limbah makanan.

Oncom sendiri memiliki rasa yang terbilang unik. Berbagai olahan oncom bisa kita nikmati seperti Sambel Oncom, Tumis Oncom, Nasi Tutug Oncom, dan masih banyak lagi.

Lalu, dari mana asal oncom? Mengapa dari limbah bisa dijadikan makanan oleh masyarakat Jawa Barat? Yuk kita ulas sejarahnya.

1 dari 3 halaman

Sejarah Oncom

Ilustrasi Oncom © Diadona

Ternyata, Oncom adalah makanan yang punya sejarah cukup panjang. Melansir dari Kompas, menurut sejarawan kuliner bernama Fadly Rahman, oncom diperkirakan sudah dikonsumsi oleh masyarakat sejak abad ke-17. Ini bersamaan ketika baru ditemukannya tempe.

Sama halnya dengan tempe, oncom merupakan bentuk kreativitas masyarakat Indonesia dalam mengolah makanan.

Mereka melakukan teknik fermentasi terhadap sisa bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai, hingga ampas kelapa.

2 dari 3 halaman

Misteri Nama Oncom

Pepes Oncom © Diadona

Di mana asal nama oncom? Ternyata hingga detik ini, masih belum terpecahkan asal mula nama oncom sendiri. Mengutip dari berbagai sumber, nama Oncom sendiri tak tertulis secara jelas dalam berbagai naskah kuno.

Nama oncom sendiri sudah ada sekitar abad 19-20 dalam banyak laporan dari para ahli botani, ahli pangan, dan juga ahli gizi asal Belanda saat itu.

Dalam berbagai catatan para ahli botani, ahli pangan, dan ahli gizi Eropa kala itu, disinggung soal popularitas oncom di kalangan produsen dan konsumen pribumi. Tak hanya itu, dalam laporan yang terbit tahun 1924 juga disbutkan soal distribusi oncom di pasar dan bagaimana oncom dijual untuk konsumsi sehari-hari masyarakat masa itu.

" Secara terminologi memang belum bisa dipastikan asal usulnya (nama oncom) dari mana. Kalau melacak secara taksonomi nama makanan di Jawa Barat, biasanya orang Sunda itu kreatif melakukan penyingkatan (nama) makanan," ucap Fadly mengutip dari kompas.

3 dari 3 halaman

Kandungan Gizi

Ilustrasi Tutug Oncom © Diadona

Meskipun terbuat dari ampas, oncom ternyata juga punya beragam kandungan gizi. Melansir dari berbagai sumber, salah satu manfaat oncom adalah mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Kandungan karbohidrat dan protein tercena cukup tinggi pada oncom dari bungkil kacang tanah. Dan masih banyak lagi kandungan dalam oncom.

Kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan harga yang cukup murah.

Tertarik untuk menyantapnya?

Beri Komentar