10 Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Hubungin Mantan setelah Putus

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 9 Maret 2024 08:48
10 Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Hubungin Mantan setelah Putus
Salah satu manfaat cut off mantan adalah bisa jadi trik kalau kamu mau dianggap sudah move on, padahal sebenarnya masih kangen.

Setelah memutuskan hubungan, ada beberapa orang yang tetap ingin berteman baik dengan mantan. Namun, ada juga yang mempertimbangkan buat cut off mantan.

Tapi… Sebenarnya boleh nggak sih, kita memilih untuk tetap berhubungan dengan mantan?

Jawabannya, antara ya dan nggak. Kamu harus memikirkan terlebih dulu apa alasanmu masih ingin menghubungi mantan. Dilansir dari laman web Psychology Today, saling terhubung ketika udah putus bisa jadi menandakan kamu dan mantanmu menjadikan masing-masing sebagai cadangan kalau hubungan kalian nggak puas dengan pasangan baru kalian.

Mengakhiri hubungan memang hal yang tidak mudah, apalagi bila sudah lama dijalani. Ketika hubungan berakhir, kamu mungkin belum siap kehilangan sosoknya di hidup kamu. Karena alasan itulah, kamu masih sering menghubungi dia.

Saat kamu masih menghubungi mantan, kamu akan terikat dengan mantanmu dan bikin kamu makin sulit melupakan dia. Hal ini bisa jadi buruk buat kesehatan fisik maupun mentalmu, lho! Apalagi kalau sebelumnya kalian menjalani hubungan yang memang tidak baik bila diteruskan

Nah, kalau kamu masih ragu, Diadona sudah merangkum manfaat cut off mantan yang sudah dihimpun dari berbagai sumber. Check it out!

 

1 dari 5 halaman

Manfaat Cut Off Mantan © Diadonashutterstock.com/Streamlight Studios

Memberi Kesempatan Kamu Buat Memulihkan Diri

Kamu bisa memulihkan diri sesegera mungkin bila kamu cut off mantan kamu. Kamu bisa menyembuhkan diri dari rasa sakit yang kamu rasakan setelah putus dengan mantanmu.

Entah seberapa lama kamu sudah menjalin hubungan dengan mantanmu dan putus, kamu pasti akan merasa sedih dan sakit hati. Hal ini harus kamu lalui agar kamu menjadi dirimu sendiri.

No worries, kamu bisa gunakan waktu sesuai yang kamu butuhkan agar bisa meredakan perasaan-perasaanmu tersebut.

Buat Kamu Bisa Lebih Maju Lagi

Ketika kamu sudah menjalani hubungan dengan mantanmu dan tiba-tiba putus, kamu pasti akan kepikiran gimana kabarnya saat ini. Kemungkinan kamu malah menjadi nggak fokus sama kehidupanmu karena masih memikirkan mantan dan mencari cara untuk menghubunginya.

Nah, coba deh pertimbangkan buat beneran cut off dia dari hidup kamu. Dengan demikian, kamu bisa punya waktu dan ruang untuk semakin maju dalam menjalani kehidupanmu. 

Kamu bisa fokus dengan apa yang harus kamu lakukan karena nggak sibuk menanyakan kabar terbaru dari mantanmu dan bahkan mengetahui kapan kamu akan siap untuk menjalani hubungan lagi.

2 dari 5 halaman

Manfaat Cut Off Mantan © Diadonashutterstock.com/Pra Chid

Bikin Kamu Lebih Mudah Menjalin Hubungan Baru

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan setelah cut off mantan adalah kamu bisa lebih mudah menjalani hubungan baru dengan orang lain. Kamu nggak akan sibuk stalking sosmednya ataupun pusing sendiri karena dia membatasimu dalam berhubungan dengan orang lain.

Sebaliknya, kamu akan punya waktu dan energi untuk menjalin hubungan baru, entah dalam konteks pertemanan atau hubungan romantis. Hal ini bisa kamu jadikan prioritas untuk membangun koneksi barumu dan mungkin menemukan sumber kebahagiaan barumu.

Sulit Menjalin Hubungan Pertemanan Seperti Dulu

Nggak semua orang ingin berteman kembali dengan mantannya setelah putus. Apalagi kalau berteman dengannya berarti membuat kamu teringat lagi tentang hal buruk yang terjadi antara kalian berdua.

Dari sisi ini, manfaat cut off mantan adalah kamu bisa melupakan semua sakit yang kamu rasakan akibat hubungan kalian, meskipun itu berarti harus melupakan orangnya sekalian.

3 dari 5 halaman

Manfaat Cut Off Mantan © Diadonashutterstock.com/Tirachard Kumtanom

Mengingatkanmu Kalau Dia Nggak Sempurna

Ketika kamu dan mantanmu memutuskan untuk putus, kamu mungkin akan kesulitan melupakan dia. Padahal, mengingatnya membuat kamu sakit.

Nah, kalau kamu bisa mengingat bahwa mantanmu bukan sosok yang sempurna, maka menghadapi rasa sakit setelah putus akan jadi jauh lebih mudah.

Dengan kamu cut off mantan, kamu mungkin akan menyadari kalau mantanmu nggak sesempurna yang kamu kira saat kalian masih berhubungan. Setelah kamu melakukan cut off, kamu bisa berpikir lebih jernih dan mengingat saat-saat dia melakukan hal yang bikin kamu nggak nyaman atau kebiasaannya yang bikin kamu kesal.

Dia Bakalan Mengira Bahwa Kamu Sudah Move On

Manfaat cut off mantan adalah kamu bisa membuat mantanmu bertanya-tanya dan penasaran tentang apa yang kamu lakukan.

Kalau dia nggak bisa tahu bagaimana kabar terbarumu lewat media sosial dan nggak bisa menghubungimu, mungkin mantanmu akan mengira kalau kamu sudah move on darinya. Dengan demikian, dia nggak akan punya keberanian untuk bermain-main dengan kamu lagi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Cut Off Mantan © Diadonashutterstock.com/Farknot Architect

Bermanfaat Bagi Kesehatan Mentalmu

Ini adalah manfaat cut off mantan yang paling utama : kesehatan mental kamu!

Kamu nggak akan merasa cemas dan overthinking tentang apa yang sudah mantanmu lakukan setelah kalian putus. Kamu nggak akan lagi teringat rasa sakit yang kamu rasakan, kamu nggak akan punya kesempatan mengingat ‘kekurangan’ kamu, melakukan pengandai-andaikan, dan semua hal yang menyakitkan.

Nah secara keseluruhan, cut off mantan sangat bermanfaat buat kesehatan mentalmu.

Dilansir dari laman web PsyPost, penggunaan media sosial yang cukup masif bisa bikin kamu kurang tidur, cemas, dan social jetlag yang bisa memengaruhi aktivitasmu sehari-hari.

Kalau kamu memutuskan untuk cut off, kamu nggak perlu khawatir tentang apa yang mantanmu unggah di media sosial, dengan siapa saja dia pergi, dan sebagainya. 

Membantumu Menentukan Langkah Selanjutnya

Kamu mungkin nggak segera menyadari manfaat cut off mantan itu berdampak positif. Nggak apa-apa kok, kamu memerlukan waktu untuk refleksi diri setelah hubungan kalian berakhir. Wajar banget kalau kadang kamu masih ingin menghubungi kembali mantanmu.

Dengan kamu memiliki jeda waktu, kamu bisa memutuskan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya. Bisa jadi kamu ingin menjalani hubungan yang baru dengan orang lain atau masih ingin sendiri dalam beberapa waktu.

5 dari 5 halaman

Manfaat Cut Off Mantan © Diadonashutterstock.com/Monster Ztudio

Bisa Mengisi Waktu yang Tersita

Salah satu manfaat cut off mantan adalah kamu jadi punya banyak waktu untuk masa depanmu. Pikirkan kembali hal yang tidak bisa kamu lakukan sebelumnya karena dia melarang. Lakukan aktivitas yang kamu sukai, pakai semua waktu yang ada untuk kamu isi dengan kegiatan itu.

Bisa Bikin CLBK

Bertolak belakang dengan manfaat cut off mantan seperti yang udah Diadona share di bagian awal artikel, kali ini cut off mantan justru bisa bikin kalian balikan.

Kok bisa?

Meskipun nggak mudah, upayamu untuk cut off bisa mempengaruhi perasaan mantanmu. Yup, kita bisa gunakan teori berkebalikan. 

Mantanmu nggak akan tahu apakah kamu masih merindukannya, ingin balikan, atau sudah ada sosok yang sedang pendekatan denganmu atau belum. Kalau dia beneran pengen balikan, cut off akan mendorong mantanmu untuk inisiatif menghubungimu kembali atau kembali berhubungan denganmu.

Banyak sekali manfaat cut off mantan yang bisa kamu dapat setelah kamu memutuskan untuk memutuskan interaksimu dengan mantan. Kalau kamu sedang nggak ingin menjalin hubungan lagi dalam waktu dekat dan ingin memulihkan diri, kamu bisa melakukannya agar kamu bisa kembali menjadi dirimu seperti dulu. 

Jadi gimana, Diazens? Apakah kamu semakin yakin untuk cut off mantan atau masih ingin berhubungan dengannya?

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar