9 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis yang Sudah Pasti Efektif

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 24 Agustus 2023 10:07
9 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis yang Sudah Pasti Efektif
Penting banget menjaga pemakaian sehari-hari biar baterai nggak boros

Salah satu hal yang menyebalkan dari sekian banyak permasalahan HP canggih adalah baterai yang cepat habis. Mungkin ini adalah konsekuensi dari banyaknya fitur canggih dan modern yang menguras banyak daya dari baterai.

Tapi tenang, ada banyak cara mengatasi baterai HP cepat habis yang bisa kamu lakukan. Misalnya dengan menggunakan hemat, mematikan layanan aplikasi dan banyak lainnya.

Baterai HP bisa cepat habis karena banyak hal, mulai dari aplikasi latar belakang yang terus berjalan, cahaya berlebihan, terllau banyak aplikasi hingga penggunaan berlebihan.

Diadona telah merangkum cara mengatasi baterai HP cepat habis dari berbagai sumber. Jadi, langsung saja mari kita simak beberapa tipsnya di bawah ini ya!

 

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis © Diadona

Gunakan Mode Hemat

Pertama, cara yang paling efektif untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis adalah dengan menggunakan mode hemat daya. Mode hemat akan mengurangi kinerja ponsel serta mengatur beberapa setelan agar lebih hemat energi. 

Jadi, kamu masih tetap bisa melakukan panggilan, mengirim pesan, dan menggunakan aplikasi penting meskipun dalam mode ini. Biasanya, kamu dapat mengaktifkan mode hemat melalui Pengaturan > Baterai.

Atur Kecerahan Layar

Kemudian, kamu tahu nggak sih kalau layar ponsel yang terlalu terang dapat menguras baterai dengan cepat loh Diazens. Nah, dengan mengurangi kecerahan layar akan sedikit membantu menghemat daya baterai HP kamu loh. 

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan fitur otomatis penyesuaian kecerahan. Jadi, fitur ini akan membantu menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan kamu.

 

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis © Diadona

Matikan Auto Update dan Auto Sync

Kemudian, kamu juga harus paham kalau fitur auto update dan auto sync pada aplikasi ataupun akun email dapat berkontribusi besar terhadap konsumsi daya baterai yang cepat habis. Oleh karena itu, matikan fitur ini jika kamu tidak memerlukannya. 

Tenang, kamu masih dapat memperbarui aplikasi dan sinkronisasi akun secara manual sesuai kebutuhan. Jadi baterai kamu akan hemat dan nggak cepat habis deh.

Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Selanjutnya, banyak ponsel pintar dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti NFC, Bluetooth, dan GPS. Nah, jika kamu tidak sedang menggunakannya, sebaiknya matikan fitur tersebut. 

Misalnya nih, ketika kamu tidak menggunakan Bluetooth, pastikan untuk mematikannya agar tidak terjadi pencarian perangkat terus menerus yang dapat menguras daya baterai. Begitu juga dengan aplikasi-aplikasi lain yang nggak kamu gunakan.

 

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis © Diadona

Matikan Fitur Getar

Lalu, kita semua pasti setuju kalau fitur getar pada ponsel mungkin sangat bermanfaat untuk memberi tahu tentang panggilan atau pesan yang masuk. Tetapi, ternyata fitur ini dapat menghabiskan daya baterai dengan cepat loh. 

Sebaiknya gunakan nada dering atau nada notifikasi ringan sebagai alternatif. Oh iya, kamu dapat mengatur pengaturan bunyi melalui Pengaturan > Bunyi.

Gunakan Wallpaper Gelap

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa jenis wallpaper yang kamu gunakan dapat berpengaruh pada konsumsi daya baterai. Contohnya, wallpaper dengan latar belakang gelap sebenarnya dapat membantu menghemat baterai pada layar AMOLED atau OLED. 

Ini karena di layar semacam itu, piksel yang berwarna hitam akan benar-benar mati. Sehingga semakin banyak area layar yang hitam, semakin sedikit energi baterai yang dikonsumsi oleh HP. 

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis © Diadona

Nonaktifkan Background Aplikasi

Kemudian, beberapa aplikasi ternyata dapat terus berjalan di latar belakang bahkan setelah kamu menutupnya. Ini bisa jadi penyebab baterai cepat habis. 

Jadi, pastikan kamu meninjau pengaturan aplikasi kamu dan nonaktifkan izin latar belakang untuk aplikasi yang tidak kamu gunakan. Ini akan membantu mengurangi penggunaan daya tanpa mengorbankan kinerja HP kamu, Diazens.

Jangan Gunakan HP saat Mengisi Daya

Yang nggak kalah pentingnya juga nih. Kebiasaan menggunakan ponsel saat diisi daya atau dicas pasti sering kamu lakukan. Ini sebenarnya dapat merugikan masa pakai baterai dalam jangka panjang loh.

Jadi, pengisian daya dan penggunaan ponsel secara bersamaan dapat menyebabkan suhu baterai meningkat, yang kemudian dapat mempengaruhi umur baterai. Sebaiknya biarkan ponsel kamu mengisi daya tanpa digunakan untuk menjaga suhu baterai tetap stabil.

 

5 dari 5 halaman

Jaga Siklus Pengisian Daya

Terakhir nih, penting buat kamu untuk menjaga siklus pengisian daya dengan baik loh Diazens. Disarankan untuk mengisi daya ponsel kamu ketika baterai mencapai sekitar 20-30% dan melepaskannya saat baterai mencapai sekitar 80-90%. 

Hal ini akan membantu menjaga baterai dalam kondisi optimal dan memperpanjang masa pakai baterai secara keseluruhan. Jadi jangan dicas saat baterai benar-benar habis ya dan lepas ketika baterai belum penuh.

So, dengan menerapkan cara atau tips-tips di atas dalam penggunaan sehari-hari, akan dengan mudah mengatasi masalah baterai HP cepat habis. Nggak cuma itu, ini juga akan menjaga HP kamu tetap berfungsi dengan optimal. Jadi, selamat mencoba ya!

 

Beri Komentar