3 Cara Mencari Data yang Sama di Excel dengan Mudah

Reporter : Riza Umami
Rabu, 23 Agustus 2023 21:10
3 Cara Mencari Data yang Sama di Excel dengan Mudah
Ini nih cara mencari data yang sama di excel.

Apakah kamu seorang profesional bisnis yang terbiasa menggunakan dan mengolah data di tabel Excel, seorang mahasiswa yang mengolah data penelitian, atau pekerja yang diharuskan menggunakan Excel? Mengetahui bagaimana cara mencari data yang sama di Excel adalah salah satu keterampilan yang berharga.

Dengan berbagai fitur dan formula yang tersedia, Excel memberikan solusi yang tepat untuk menemukan, memeriksa, mengolah data, dan memastikan bahwa informasi yang kamu cari dapat ditemukan dengan cepat dan akurat.

Untuk kamu yang lagi bingung gimana sih cara untuk mencari data yang sama di Microsoft Excel, berikut ini nih ada beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan.

1 dari 4 halaman

Cara Mencari Data yang Sama di Excel dengan Mudah

Cara Mencari Data yang Sama di Excel © Diadona

Mencari data yang sama di Excel mungkin bisa memakan waktu kalau dikerjakan secara manual. Oleh sebab itu, kamu memerlukan cara pintas supaya bisa melakukannya dengan cepat.

Dilansir dari laman mamikos.com, ini nih salah satu cara yang bisa kamu lakukan.

  1. Pilih seluruh area dari rentang data yang ingin kamu periksa untuk mengidentifikasi duplikatnya.
  2. Buka tab Home yang terletak di bagian atas sheet, kemudian pilih Conditional Formatting.
  3. Klik opsi Highlight Cells Rule.
  4. Kemudian, kamu akan menemukan alternatif Duplicate Values.
  5. Langkah selanjutnya adalah mengatur pengaturan dengan memilih Value with untuk menentukan data yang duplikat yang ingin kamu temukan.
  6. Hasilnya, kamu akan melihat entri yang sama dalam sheet ini, yang ditandai dengan penyorotan berbeda dari data lainnya.

2 dari 4 halaman

Cara Mencari Data yang Sama di Excel pada Sheet Terpisah

Cara Mencari Data yang Sama di Excel © Diadona

Cara yang sebelumnya hanya bisa digunakan untuk mencari data yang sama di satu sheet yang sama saja. Untuk mencari data di sheet yang terpisah atau yang berbeda, kamu bisa melakukan cara di bawah ini nih, Diazens.

  1. Satukan kedua sheet yang sedang kamu gunakan dalam satu jendela layar tunggal dengan menggunakan menu New Window yang terletak di tab View.
  2. Dengan demikian, kedua sheet akan ditampilkan secara bersamaan dalam layar yang sama. Atur tampilan sesuai dengan data yang kamu kerjakan agar pengoperasiannya lebih mudah.
  3. Identifikasikan area dari tabel atau data yang ingin kamu periksa, setelah itu klik tab Home dan pilihlah Conditional Formatting.
  4. Tekan tombol New Rule dan pilih opsi Use a formula to determine which cells to format.
  5. Di kolom yang tersedia, pilihlah kolom yang digunakan di bagian sheet kedua. Kemudian, lakukan penyesuaian hingga simbol dolar terhapus dengan menekan tombol F berulang kali.
  6. Lanjutkan rumus dengan menambahkan tanda " <>" dan klik kolom yang sama di sheet yang pertama.
  7. Pilihlah tab Format, di mana kamu akan diberi pilihan untuk menentukan cara penyorotan data yang cocok.
  8. Setelah pengaturan selesai, tekan Ok. Sekarang, data yang memiliki kesamaan akan tampil dengan jelas, sesuai format penyorotan yang kamu pilih sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Cara Mencari Data yang Sama di Excel Menggunakan Fungsi Syarat

Cara Mencari Data yang Sama di Excel © Diadona

Bila kamu mencari data yang sama di kolom atau sheet yang berbeda, kamu bisa menggunakan fungsi syarat untuk melakukannya. Berikut ini nih langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

  1. Pastikan bahwa terlebih dahulu kamu telah menghapus aturan yang terkait dengan Conditional Formatting. Kemudian, blok data yang ingin kamu fokuskan pada sheet di Excel.
  2. Di langkah berikutnya, ke tab Home dan pilih Conditional Formatting. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik New Rule.
  3. Saat jendela baru sudah muncul, pilih opsi Use a formula to determine which cells to format.
  4. Selanjutnya, isilah dengan fungsi ini '=COUNTIF(Pilih sel)=Jumlah duplikat yang ingin kamu temukan' dalam kolom Format values where.
  5. Pilih Format untuk mengatur Highlight yang akan dikerjakan pada sel tersebut.
  6. Kamu memiliki fleksibilitas untuk mendesain cara highlight yang cocok untuk data yang sama, sesuai dengan keperluan kamu.
  7. Apabila kamu merasa yakin dengan pengaturan yang telah dilakukan, tekan tombol Ok dan tunggu sebentar hingga hasilnya muncul.

4 dari 4 halaman

Tips saat Mencari Data di Excel

Cara Mencari Data yang Sama di Excel © Diadona

Usai mengetahui cara mencari data yang sama di Excel, berikut ini ada beberapa tips untuk kamu saat mencari data di Excel.

  • Pahami Data kamu:
    Sebelum kamu mulai mencari data, pastikan kamu memahami struktur dan format data kamu. Ini akan membantu kamu menentukan cara terbaik untuk melakukan pencarian.
  • Gunakan Fungsi Find:
    Fungsi " Find" adalah cara sederhana untuk mencari teks tertentu dalam sel atau rentang. Kamu dapat menggunakannya dengan menekan tombol Ctrl + F atau melalui menu " Edit" > " Find" .
  • Filter Data:
    Gunakan fitur AutoFilter untuk menyaring data berdasarkan nilai tertentu. Ini membantu kamu memfokuskan pada data yang sesuai dengan kriteria tertentu.
  • Sort Data:
    Urutkan data kamu sebelum mencari. Ini membantu kamu mengelompokkan nilai yang sama bersama, membuatnya lebih mudah untuk melihat pola dan duplikasi.
  • Pakai Fungsi Search:
    Fungsi " Search" membantu kamu mencari teks tertentu dalam sel atau rentang, mirip dengan " Find" , namun tidak memerlukan pencocokan persis.
  • Fungsi Filter Berdasarkan Warna:
    Jika kamu telah memberi warna pada sel-sel tertentu, kamu dapat memanfaatkan fitur " Filter by Color" untuk menyaring data berdasarkan warna.
  • Gunakan Fungsi Lookup:
    Jika kamu ingin mencari nilai dalam tabel atau rentang data lain, fungsi-fungsi seperti VLOOKUP atau INDEX MATCH dapat membantu kamu menemukan data yang sesuai.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mencari data yang sama. Mungkin cara mencari data yang sama di Excel di atas cukup rumit tetapi kalau kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat pasti kamu bisa melakukannya.

Beri Komentar