9 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong, Maafkan atau Lepaskan?

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 28 Februari 2024 08:23
9 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong, Maafkan atau Lepaskan?
Pertimbangkan kembali apakah kamu akan memaafkan, melepaskan, atau hanya membiarkan saja ketika pacarmu berbohong.

Nggak ada perasaan yang lebih menyakitkan ketika pacarmu ternyata berbohong, apalagi jika dilakukan terus menerus. Kebohongan yang dianggap sepele apabila menumpuk seiring waktu akan terasa sama sakitnya seperti mendapat kebohongan yang besar. Dalam menghadapi pacar yang suka berbohong, secara nggak langsung akan menentukan apakah hubungan kalian bakal bertahan atau tidak.

Memutuskan kelanjutan hubungan kamu dan pacarmu memang akan sulit. Meskipun di satu sisi kamu masih ingin bertahan, tetapi di sisi lain kamu juga menginginkan agar pacarmu bisa mengurangi atau bahkan benar-benar berhenti berbohong.

Nah, kalau pacarmu tipikal orang yang suka berbohong, apa yang bakal kamu lakukan? Apakah kamu akan mencoba untuk membicarakannya dengan pacarmu? Ataukah kamu akan berencana putus dengannya? Atau… Kamu bakal biarkan saja?

Diadona bakal bantu kamu buat rangkumin apa saja yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi pacar yang suka berbohong, dari berbagai sumber.

 

1 dari 7 halaman

Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong © Diadona

©shutterstock.com/SUPERMAO

Tentukan Apakah Kebohongannya Akan Memicu Masalah

Dalam menghadapi pacar yang suka berbohong, kamu bisa memikirkan terlebih dahulu apakah kebohongan yang ditunjukkan pacarmu berpotensi menimbulkan masalah yang besar pada hubungan kalian atau masih bisa ditoleransi. 

Kalau kebohongan pacarmu masih dalam skala kecil, kamu bisa jelaskan bahwa berbohong itu nggak ada untungnya meskipun niatnya baik. Yakinkan dia kalau kalian harus mencoba untuk tetap jujur satu sama lain meskipun nggak jarang itu bukan hal yang ingin didengar.

Tetapi, kalau pacarmu menunjukkan kebohongan yang kemungkinan akan berdampak fatal, pasti nggak akan kamu biarkan, kan? Toh semakin besar kebohongannya, semakin besar pula efek yang bakal ditimbulkan.

Nah, keputusan ada di tanganmu buat menentukan apakah kebohongan pacarmu bakal jadi pemecah masalah bagi hubungan kalian atau nggak.

Tenangkan Perasaanmu

Ketika mengetahui pacarmu telah berbohong, rasanya wajar kalau kamu akan merasa kecewa, sedih, dan sebagainya. Untuk menghadapi pacar yang suka berbohong, tenangkan perasaanmu dahulu dan coba untuk kontrol emosi agar nantinya nggak meluap-luap. 

Kalau kamu udah terlanjur emosi berat, kamu nggak akan bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik karena nggak bisa fokus dan nggak tenang. Setelah tenang, kamu bisa dengan mudah menyampaikan apa saja yang ingin kamu katakan kepada pacarmu.

2 dari 7 halaman

Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong © Diadona

©shutterstock.com/TimeImage Production

Jangan Langsung Berpikir yang Tidak-Tidak

Kalau kamu merasa bahwa pacarmu berbohong atau kamu memergokinya berbohong, jangan langsung berpikir yang buruk. Semakin lama kamu berpikiran buruk, semakin kamu akan membuat skenario yang nggak terduga di kepalamu. 

Kalau kamu khawatir dan yakin pacarmu berbohong, lebih baik segera membicarakan solusinya dibanding menyimpannya di dalam hati. Bisa jadi mungkin nalurimu ternyata benar, atau mungkin kamu akan lega karena mengetahui nggak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bicarakan dengan Tenang

Kalau kamu yakin pacarmu berbohong, temui dia dan tetap tenang. Ketika kamu menemui pacarmu dalam keadaan marah, kamu dan pacarmu kemungkinan bakal terlibat pertengkaran.

Tetap tenang dan mengatur emosi akan membuat obrolan kalian akan menjadi lebih lancar. Usahakan juga agar tidak langsung menuduh dan jelaskan saja perasaanmu setelah dibohongi oleh pacarmu. Coba untuk berpikiran terbuka dan fokus sepenuhnya pada apa yang dia katakan.

Pahami Terlebih Dahulu

Dibandingkan dengan meluapkan emosi terlebih dahulu, kamu bisa menanamkan rasa empati terlebih dahulu untuk pacar. Kamu bisa mencoba memahami apa alasan dia berbohong. Biasanya, orang melakukan kebohongan karena berbagai alasan, seperti malu, takut, merasa nggak aman, dan lain-lain. 

Bukan berarti ini membenarkan kebohongan dan melarang kamu untuk merasa kecewa, ya! It’s totally normal dan nggak ada salahnya.

Mencoba memahami sudut pandangnya dapat membantu menenangkan emosi kamu dan memungkinkan kamu agar bisa memutuskan cara terbaik untuk melanjutkan obrolan kalian.

3 dari 7 halaman

Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong © Diadona

©shutterstock.com/Kmpzzz

Tanyakan Alasan Berbohong

Ketika menghadapi pacar yang suka berbohong, pertanyaan besar yang perlu kamu tanyakan adalah “ mengapa?” Apa yang membuat dia memutuskan untuk berbohong kepadamu sebagai seseorang yang dia sayangi?

Saat pacarmu memberikan penjelasan, kamu bisa perhatikan baik-baik bahasa tubuhnya. Dilansir dari laman web Relish, beberapa contoh bahasa tubuh di bawah ini bisa kamu jadikan pertimbangan ketika kamu mengajak pacarmu membicarakan permasalahan yang akan kalian bahas.

  • Menggerakkan kepala dengan cepat ketika kamu membahas topik tertentu (misalnya menyentak ke belakang, memiringkan ke samping, dan lain-lain). 
  • Menghela nafas sedikit lebih berat.
  • Lebih diam dibandingkan biasanya.
  • Mengulangi kata-kata tertentu dengan makna yang mirip secara berulang (misalnya “ Aku nggak melakukannya… Aku nggak melakukannya, kok…”) sebagai cara untuk meyakinkan dirinya sendiri bahwa kebohongan itu benar atau memberi lebih banyak waktu untuk memikirkan apa yang ingin dikatakan.
  • Membicarakan terlalu banyak hal yang nggak berkaitan dengan apa yang kamu tanyakan. 
  • Kadang menyentuh atau menutup mulutnya.
  • Sering menggerakkan kakinya.
  • Berusaha keras untuk mempertahankan kontak mata sebagai cara meyakinkan kamu.

4 dari 7 halaman

Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong © Diadona

©shutterstock.com/Kmpzzz

Menciptakan Safe Space untuk Kejujuran

Sebagai upaya menghadapi pacar yang suka berbohong, penting untuk menciptakan ruang aman bagi mereka untuk jujur. Kamu perlu memastikan ke dia kalau nggak apa-apa kok mengatakan yang sebenarnya. 

Kalau kamu memberi pemahaman bahwa kebenaran lebih diterima daripada kebohongan, kamu akan menciptakan kepercayaan untuknya.

Dukung dia dengan tidak memberikan respon perkataan yang kasar dan terkesan menyindir perbuatan pacarmu di masa lalu. Buktikan bahwa kamu nggak akan merasa tersakiti kalau di kemudian hari pacarmu mengatakan kebenaran yang mungkin menyakitkan.



5 dari 7 halaman

Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong © Diadona

©shutterstock.com/takayuki

Putuskan Apakah Masih Ingin Melanjutkan Hubungan

Ketika pacarmu berbohong, tentunya akan menyebabkan kekacauan baik secara fisik maupun emosional dalam hubungan kalian. Kebohongan kecil sekalipun bisa bertambah buruk dan menyebabkan hancurnya suatu hubungan, apalagi jika sering dilakukan.

Kamu bisa memutuskan apakah mempertahankan hubungan masih menjadi hal terbaik untuk dilakukan atau justru sebaliknya.

Trauma akibat pengkhianatan adalah akibat buruk dari kebohongan yang terus-menerus, yang dapat membuat kamu merasa hancur, kecewa, marah, sakit hati, dan terluka. Kepercayaanmu yang sudah dirusak akan sulit untuk dibangun kembali.

Ketahui Kapan Kebohongan Pacarmu Akan Menjadi Kehancuran Hubungan

Memang, semua kebohongan nggak selalu berdampak buruk. Tetapi, kebohongan yang disengaja dan cukup sering dilakukan bisa berdampak pada kehancuran hubungan, apalagi ketika dulunya sudah pernah berjanji untuk tidak berbohong lagi.

Kalau kamu udah ngasih empati dan pengertian ketika menghadapi pacar yang suka berbohong, memang akan menjadi awal yang baik. Tetapi, apabila pacarmu telah melakukannya berulang kali, berarti dia tidak pantas untuk memperoleh cinta dan waktumu.

6 dari 7 halaman

Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berbohong © Diadona

©shutterstock.com/Basicdog

Tegaskan Bahwa Kebohongan Selanjutnya Nggak Akan Dimaklumi

Kamu nggak harus menerima dan memaklumi perilaku pacar kamu meskipun kamu berempati dan tetap tenang, kok! Agar pacar kamu nggak mengulangi perbuatannya lagi, kamu bisa tetapkan batasan yang jelas tentang kejujuran.

Kalau kamu memutuskan untuk melanjutkan hubungan kalian, kamu harus menyadarkan dia kalau berbohong adalah perbuatan yang cukup fatal, nggak peduli apakah reaksi pacar kamu akan merasa malu atau canggung.

Dengan mengungkapkan ini, kamu udah ngasih paham ke dia kalau kejujuran jauh lebih baik daripada kebohongan.

7 dari 7 halaman

Dengan mengetahui apa saja yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi pacar yang suka berbohong memang dapat membantu, tetapi kamu dan pacarmu juga harus menyelesaikan masalah yang kemungkinan muncul di kemudian hari,

Semoga Diadona bisa membantu kamu buat menghadapi pacar yang suka berbohong, ya!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar