15 Alasan Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Cintai

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 29 Februari 2024 22:36
15 Alasan Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Cintai
Meski sudah lama berpisah, kenangan tentang dia melekat dalam pikiran dan sulit dilupakan.

Saat ini, kamu mungkin masih punya ikatan emosional dengan mantanmu sebagai  orang yang dulu kamu cintai, atau sekadar merasakan nostalgia yang membuatmu bertanya-tanya kenapa kamu masih sulit melupakannya. Banyak hal bisa menjadi alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai.

Menurut psikolog klinis Carla Marie Manly, PhD, dalam laman web Well Good, ada sejumlah pengalaman yang dapat memperkuat kamu dan pasanganmu secara emosional dan membuat perpisahan menjadi hal sulit yang dialami. Bahkan, ketika hubungan kalian sudah berakhir, pikiran tentang mantan masih dapat muncul karena kenangan tersebut masih ada.

Kira-kira apa saja sih alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai? Diadona akan bantu kamu mengenali alasan-alasannya setelah menghimpun dari berbagai sumber di bawah ini.

 

1 dari 8 halaman

Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Sayang © Diadona©shutterstock.com/JUTARAT BUADOK

1. Butuh Waktu untuk Memproses

Alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai adalah karena kamu bukan pihak yang memutuskan untuk berpisah. Sebagai orang yang merencanakan untuk berpisah, mantanmu pasti sudah mempersiapkan segala hal untuk menghadapinya. 

Namun, nggak hanya sedih karena kalian berpisah, kamu sebagai pihak yang menerima akan lebih terkejut dan kecewa saat mantanmu memutuskan untuk mengakhiri hubungan kalian.

Selain itu, mantanmu mungkin belum tentu paham mengapa dia memutuskan hubungan kalian, atau nggak mau memberitahu kamu dengan jelas alasannya demi menyelamatkan kamu dari sesuatu. Jadi, kamu masih perlu waktu untuk memproses, memahami, dan memutuskan untuk move on.

2. Masih Ada Masalah yang Belum Terselesaikan

Adanya masalah yang belum sempat terselesaikan diantara kalian juga bisa menjadi alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai. Mungkin kamu menyesal telah melakukan atau mengatakan hal-hal tertentu ketika kalian bersama, dan hubungan itu berakhir sebelum kamu sempat minta maaf.

Ketika ada sesuatu yang belum terselesaikan, kamu akan merenungkan tentang hal itu hingga masuk ke alam bawah sadarmu.

Pikiranmu ingin mencari tahu gimana kalau kamu nggak melakukan hal itu atau gimana kalau kamu sempat meminta maaf kepada mantanmu.

Namun, kenyataannya, bayanganmu hanya sebatas di pikiran saja, sehingga kamu jadi sulit untuk berhenti memikirkannya.

2 dari 8 halaman

Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Sayang © Diadona©shutterstock.com

3. Membayangkan Masa Depan Dengannya

Suatu hubungan yang kamu anggap berakhir terlalu cepat juga bisa membuat kamu halu. Kamu jadi berandai-andai gimana kalau kalian masih bersama. 

Kamu mengisi kekosongan hidup dengan membayangkan masa depanmu dan mantanmu. Padahal, halu yang kamu ciptakan ini bisa jadi alasan kenapa sulit untuk melupakan orang yang kita cintai.

4. Merasa Tersakiti Atas Perlakuannya

Merasa tersakiti atas perlakuan mantanmu bisa jadi alasan mengapa ingatannya masih melekat di benakmu. Misalnya, dia pernah berkhianat, selingkuh, atau memperlakukanmu dengan kasar bisa membuatmu sulit melupakannya.

Ditambah lagi kalau mantanmu nggak mencoba untuk menebus kesalahannya dan membiarkannya sampai hubungan kalian berakhir. Rasa sakit ini bisa menjadi alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai.

3 dari 8 halaman

Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Sayang © Diadona©shutterstock.com/shisu_ka

5. Dulunya Suka Putus Nyambung

Alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai bisa jadi karena kamu dan mantanmu sering mengakhiri hubungan kalian dan kembali lagi, yang nggak cuma terjadi sekali dua kali saja. Hal ini bisa membuatmu berpikir bahwa ada permasalahan dalam dirimu sendiri yang perlu kamu selesaikan.

6. Kehilangan Orang di Sekitar Mantanmu

Dalam beberapa kasus, perpisahan nggak cuma hanya antara kamu dan mantanmu, tetapi juga bisa orang di sekitarmu yang berhubungan dengan mantanmu.

Setelah kalian berpisah, kemungkinan besar kamu juga akan jarang bertemu dan berinteraksi lagi dengan teman, keluarga, atau rekan yang diperkenalkan mantanmu kepadamu.

Kehilangan banyak orang di sekitar mantanmu bisa menjadi alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai. Kamu akan menganggap seolah dia masih memengaruhi hidupmu meski telah berpisah denganmu.

4 dari 8 halaman

Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Sayang © Diadona©shutterstock.com/TORWAISTUDIO

7. Dia Hadir Saat Hari Pentingmu

Hubungan dapat melekat dalam pikiran kita karena adanya dampak emosional yang mendalam. Hadirnya mantanmu saat peristiwa penting dalam hidupmu, seperti ketika kamu lulus kuliah, jadi alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai.

Awalnya, sih, bukan hal yang buruk kalau mantanmu terlibat pada peristiwa penting dalam hidupmu. Namun, saat ini pengalaman tersebut tersimpan di ingatanmu dan akan terus menerus kamu ingat.

8. Masih Sering Muncul di Sekitarmu

Apakah kamu masih melihat postingan terbarunya di Instagram? Atau kalian pernah nggak sengaja bertemu di acara yang diselenggarakan oleh teman kalian?

Kalau mantanmu masih sering muncul di sekitarmu, hal ini bisa menjadi alasan kenapa sulit melupakan dia.

Meskipun kamu sudah berusaha buat menjauhkan diri agar nggak memikirkan atau melihat update terbarunya, momen ketika kamu nggak sengaja melihat postingan terbaru atau nggak sengaja bertemu pasti akan memunculkan kenangan-kenangan yang tersisa.

5 dari 8 halaman

Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Sayang © Diadona©shutterstock.com/Kmpzzz

9. Teringat Sampai Terbawa Mimpi

Ketika kamu mencoba menyingkirkan ingatanmu tentang mantanmu yang dulu kamu cintai, kamu mungkin akan masih bermimpi tentangnya. Saat kita tidur, pikiran kita akan terbuka seperti buku cerita masa lalu yang secara nggak sadar akan menampilkan kembali kenanganmu dan mantanmu di masa lalu.

Kamu akan merasa kesal ketika terbangun dengan mimpi yang menampilkan mantanmu. Maka dari itu, ini menjadi alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai.

10. Cenderung Meromantisasi Masa Lalu

Ketika kamu nggak sengaja melewati toko kue dan melihat kukis cokelat, kamu mungkin akan teringat ketika mantanmu dulu sering membelikanmu kukis cokelat yang serupa. Kamu akan menghubungkan kukis itu dengan kenangan masa lalu yang mungkin akan membuat kamu kembali ke hubungan itu lagi.

Nggak jarang kalau kamu bisa dengan mudah melupakan hal-hal yang bikin kamu dan mantanmu nggak cocok dan hanya mengingat ketika dia membelikanmu kue, bunga, dan hadiah atau jalan-jalan bersamamu. Hal ini bisa menjadi alasan kenapa sulit melupakan dia.

6 dari 8 halaman

Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Sayang © Diadona©shutterstock.com/CandyRetriever

11. Dia Membuatmu Merasa Sempurna

Ketika kamu menjalin hubungan, rasanya seperti kamu lebih mementingkan mantanmu dibandingkan kebutuhan dan keinginanmu sendiri. Kamu merasa bahwa pacarmu lebih perlu diperhatikan dibandingkan dirimu sendiri.

Namun, ketika hubungan kalian berakhir, tiba-tiba kamu dihadapkan pada keadaan gimana kamu akan kembali mementingkan kebutuhan dan keinginanmu sendiri. Hal ini bisa menjadi alasan kenapa sulit melupakan dia, karena dia membuatmu merasa sempurna dan bisa melengkapi kekuranganmu, dan sekarang kamu harus menemukan cara untuk mengisi kekosongan itu lagi. 

12. Khawatir Nggak Ada Orang Seperti Dia

Alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai di masa lalu karena adanya kekhawatiran nggak akan bisa menemukan orang seperti mantanmu lagi. Kamu mungkin merasa kalau dia adalah orang yang paling cocok denganmu dan memang tipikal pasangan yang sempurna.

Dengan ini, kamu juga nggak sadar kalau ada orang lain di luar sana yang bisa jadi sebanding atau mungkin lebih baik dibandingkan mantanmu. Nggak perlu terburu-buru menjalin hubungan lagi, carilah sampai kamu merasa kalau orang itu adalah pengganti yang cocok buatmu.

7 dari 8 halaman

Kenapa Sulit Melupakan Orang yang Kita Sayang © Diadona©shutterstock.com/Chz_mhOng

13. Mempengaruhi Caramu dalam Menjalani Hubungan Baru

Ketika hubungan yang dulu kamu jalani adalah hubungan yang baik dan sehat, kemungkinan besar kamu akan menginginkan perasaan itu lagi dan lagi bahkan setelah berpisah. Ini adalah alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai.

14. Pengalaman Pertama Jatuh Cinta

Ini adalah pengalaman pertama kamu jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan orang lain. Karena ini adalah kali pertama kamu merasakannya, kemungkinan besar kamu akan mengingat pengalaman ini dengan jelas.

Pengalaman ini bisa sangat kuat menempel di ingatamu dan menimbulkan perasaan yang kuat ketika sebuah ingatan terpicu. Maka dari itu, ketika kamu mendengar lagu kesukaannya nggak sengaja terputar atau ketika melihat fotonya muncul di media sosial dapat membuat kamu emosional.

8 dari 8 halaman

Cara Move On dari Mantan Tersayang © Diadona© rimma

15. Pengalaman Menyenangkan Selalu Teringat di Otak 

Dilansir dari laman web Bustle, seorang konselor pasangan bernama Dr. Robin mengatakan bahwa cinta itu membuat ketagihan. Efek neurotransmitter yang ditimbulkan oleh rasa ketagihan tersebut bisa muncul di otak ketika sedang jatuh cinta, seperti endorfin, dopamin, dan serotonin.

Nah, zat-zat tersebut dapat muncul ketika kau merasakan kenyamanan dalam hubunganmu dan mantanmu, sehingga kamu bisa merasakan perasaan menyenangkan yang intens, terutama kalau dikombinasikan dengan sentuhan fisik. Otakmu mengingat efek neurotransmitter tersebut dan menginginkan pengalaman itu kembali.

Ada banyak alasan kenapa sulit melupakan orang yang kita cintai. Kita nggak bisa selalu menyalahkan perasaan tersebut karena orang-orang yang kita cintai bisa jadi akan pergi, entah karena sengaja, nggak sengaja, atau terpaksa.

Kita nggak harus melupakan orang yang dulunya pernah bersama dengan kita. Bisa jadi kamu bakal menyimpan kenanganmu dengan dirinya di hatimu dan melanjutkan hidup tanpa melupakan orang tersebut.

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar