15 Cara Membuat Pasangan Merasa Berharga, Sederhana tapi Bermakna

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 6 Maret 2024 18:55
15 Cara Membuat Pasangan Merasa Berharga, Sederhana tapi Bermakna
Apapun yang kamu lakukan pasti bakal dikenang dan diingat sama pasanganmu.

Dalam suatu hubungan, merawat rasa cinta bisa saja timbul dari hal-hal kecil. Penting untuk menunjukkan rasa cinta kita, dan salah satunya yaitu dengan melakukan berbagai cara menghargai pasangan. 

Rasa cinta itu bisa muncul karena dia bahagia setelah diapresiasi olehmu, memuji setiap hal kecil yang ada pada dirinya, dan terus melakukan yang terbaik meski kalian sudah bertahun-tahun bersama.

Mengutip dari John van Epp, seorang terapis dan penulis dari laman web Prevention, nggak perlu hal-hal besar untuk membuat suatu hubungan menjadi lebih baik, melainkan berbuat kebaikan yang kamu lakukan kepada pasangan seperti pasanganmu ingin kamu berbuat baik padanya.

Tunjukkan rasa cinta dan cara kamu menghargai pasanganmu dengan cara yang akan bermakna baginya. Sekecil apapun hal yang kamu lakukan, pasti akan selalu dikenang dan diingat olehnya.

Masih bingung gimana cara menunjukkan kepada pasangan kalau kamu menghargainya? Simak dalam ulasan berikut ini:

 

1 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/WHYFRAME

Perhatikan Hal-Hal kecil

Salah satu cara menghargai pasangan adalah memperhatikan hal-hal kecil yang ada pada pasanganmu.

Misalnya, kamu bisa mengingat hal-hal yang menarik perhatian pasanganmu, seperti makanan favoritnya atau hobinya. Meskipun kedengarannya sepele dan nggak penting, tetapi pasanganmu pasti akan senang dan merasa disayang.

Gunakan Love Language

Mengutip Dr. Gary Chapman, seorang penulis, pembicara, dan konselor dari laman web Best Self, ada lima tipe love language yang kemungkinan disukai oleh pasanganmu.

Lima love language itu adalah ungkapan apresiasi atau pujian, memberikan hadiah, menghabiskan waktu bersama, memperlakukan dengan hal yang dia sukai, dan memberikan sentuhan fisik.

Setelah kamu paham manakah love language yang disukai oleh pasanganmu, kamu bisa menggunakannya untuk menunjukkan betapa kamu menghargai dia. Meskipun mungkin love language kamu dan pasanganmu berbeda, dia pasti akan tetap suka, kok!

2 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/Just2shutter

Beri Dia Perhatian

Memberikan perhatian penuh adalah cara menghargai pasangan yang efektif. Kalau kamu bisa menghindari gangguan dan berjanji untuk menghabiskan waktu bersama pasanganmu ketika sedang bersama, pasanganmu akan merasa dihargai.

Meskipun mungkin kamu dan pasanganmu memiliki kesibukan lain dan sulit untuk menyamakan jadwal, nggak masalah buat sekadar bertemu atau berbincang sebentar lewat online. 

Ingat Tanggal-Tanggal Penting

Ketika kamu mengingat tanggal-tanggal penting, kamu memberi isyarat kalau hal-hal tersebut juga penting buat kamu. Apalagi tanggal-tanggal itu bisa kalian jadikan waktu untuk mengisi waktu bersama.

Kamu bisa menandai tanggal jadian kalian dan ulang tahun pasanganmu. Nggak perlu perayaan yang mewah, bahkan mengirim teks pesan atau sekadar jalan-jalan santai bisa jadi cara menghargai pasangan.

3 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/PKStockphoto

Kasih Pujian

Siapa sih, orang yang nggak suka diberi pujian? Merasa diperhatikan tentang apa yang sudah kamu lakukan pasti rasanya senang – dan ini bisa jadi contoh cara menghargai pasangan yang bisa kamu lakukan untuk pasanganmu.

Nggak cuma secara pribadi saja, kamu juga bisa memuji pasanganmu di depan umum dengan memberi tahu kalau kamu bangga dengan pasanganmu. Pasanganmu akan merasa diperhatikan, dicintai, dihargai, dan dibanggakan banget.

Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada pasanganmu, seperti mengirim pesan teks, menaruh catatan kecil di tasnya, atau ngasih hadiah kecil. Hal ini bisa menjadi cara menghargai pasangan karena ia akan merasa kalau kamu tetap memikirkannya setiap hari.

Seperti langkah yang sudah dijelaskan di nomor satu, kamu bisa mengkreasikan caramu berterima kasih kepada pasanganmu dengan hal-hal kecil yang dia suka. Sesimpel atau sebesar apapun caramu berterima kasih, pasanganmu akan merasa dihargai.

4 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/Hananeko_Studio

Apresiasi Hal-Hal yang Dianggap Biasa

Dalam hubungan kalian, bisa jadi rutinitas pasangan kamu adalah membuang sampah, mengambil belanjaan, atau menyiram tanaman. Kamu bisa memberikan ucapan pujian kepada pasanganmu yang telah melakukan pekerjaannya sehari-hari.

Meski kelihatannya remeh, dia akan senang mengetahui kalau kamu merasa puas dan berterima kasih dengan apa yang sudah dilakukan.

Dukung Hobi dan Impiannya

Apakah pasanganmu punya hobi yang suka dilakukan? Atau ada hal-hal apapun yang dia inginkan?

Meskipun hobi atau mimpi kamu dan pasanganmu kebetulan sama, kalian nggak selalu wajib buat melakukan dan mewujudkannya bersama. Cara menghargai pasangan bisa dengan memberikan semangat atau mendukung apa saja yang dia akan lakukan dan impian yang dimiliki meskipun dari jauh.

5 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/WHYFRAME

Buatlah Pasanganmu Merasa Penting

Ada suatu hal yang unik tentang adanya hubungan. Kamu dan pasanganmu punya waktu untuk satu sama lain, nggak ada hal yang lebih penting dibandingkan cinta antara kalian berdua.

Meluangkan waktu sejenak bisa membuat pasanganmu merasa kalau dia adalah sosok yang penting buat kamu. Hal ini bisa jadi cara menghargai pasangan yang dapat memperdalam hubungan kalian.

Lakukan Sesuatu untuk Pasangan Tanpa Alasan

Nggak perlu momen khusus dan barang mewah, kamu bisa meluangkan sesuatu hanya untuk pasanganmu, tanpa alasan sama sekali, dan tanpa pamrih. Kamu melakukan ini untuk membantu pasanganmu merasa dihargai dan dicintai dengan cara yang sederhana namun bermakna.

Hal-hal seperti ini akan membantu membuat pasanganmu senang dan ia akan merasa penting untuk dihargai dalam suatu hubungan.

6 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/Asia Images Group

Memasak Makanan Favorit

Salah satu cara menghargai pasangan adalah dengan memasak makanan kesukaannya. Kamu bisa menyiapkan bekal makan siang atau masak makan malam favoritnya.

Memasak makanan makanan favorit pasti akan membantu pasangan merasa dihargai dan diingat terutama perihal makanan favoritnya. Siapa tahu, pasanganmu ingin kamu memasak untuknya karena ketagihan. Hehehe…

Kirimi Pesan Teks Romantis

Gimana sih, cara menghargai pasangan hanya dengan kata-kata dan nggak menguras kantong? Kamu bisa coba dengan mengirimi dia pesan teks berisi kata-kata romantis.

Kamu bisa kirimkan pesan singkat kepada pasanganmu ketika dia sedang sibuk, sekadar untuk memberi tahu dia bahwa kamu memikirkannya akan selalu mencintainya. Meskipun sederhana, tetapi kata-kata itu bisa sangat berarti.

7 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/Prostock-studio

Ungkapkan Bahwa Kamu Mencintainya

Bantu dia ketika menghadapi sesuatu atau dengarkan saat dia membutuhkanmu. 

Kamu bisa ungkapkan pada pasanganmu kenapa kamu mencintainya, tunjukkan bahwa kamu ada untuk dia, dan dukung dia ketika membutuhkan dorongan dan semangat. Ini bisa menjadi salah satu cara terbaik agar pasanganmu merasa dicintai.

Tunjukkan Minat Kepada Kehidupannya

Tanyakan kepada pasanganmu tentang bagaimana hari-hari dia, apa saja sih tujuan dia, dan apa yang dilalui dia untuk hari ini. Sebisa mungkin kamu juga dengarkan tanggapannya dengan tulus. Hal ini menunjukkan bahwa kamu menghargai pikiran dan perasaannya dengan menunjukkan antusiasme terhadap apa yang dia lakukan dan lalui.

8 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/Chokniti-Studio

Memaafkan Ketika Dia Salah

Memberi maaf adalah aspek penting dari cara menghargai pasangan dalam hubungan. Belajarlah untuk melepaskan rasa sakit dan kebencian di masa lalu, dan coba untuk maafkan kesalahan pasanganmu baik sengaja atau tidak sengaja menyakitimu. 

Dengan memaafkan, secara nggak langsung kamu menunjukkan bahwa kamu menghargai dia, kesediaan dia untuk berubah, dan keinginan dia untuk belajar dari kesalahan masa lalunya. 

9 dari 9 halaman

Cara Menghargai Pasangan © Diadona©shutterstock.com/Asia Images Group

Terkadang, kita lupa menunjukkan rasa terima kasih kita kepada pasangan atas semua yang ia lakukan ke dalam hidup. Kamu bisa mencoba cara menghargai pasangan untuk menunjukkan betapa kamu sangat menghargainya.

Apapun yang akan kamu lakukan pasti akan membuat pasanganmu merasa tersentuh karena sangat dihargai olehmu.

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar