Bukan Pelit atau Perhitungan, ini lho 7 Manfaat Split Bill saat Pacaran

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 1 Maret 2024 20:36
Bukan Pelit atau Perhitungan, ini lho 7 Manfaat Split Bill saat Pacaran
Dengan split bill, pengelaran kencan kamu akan dibagi untuk masing-masing pihak jadi terhindar dari drama di kemudian hari

Berkencan memang menyenangkan, tapi kalau udah urusan sama duit, mungkin lain lagi. Bukan karena pelit, tapi setiap orang tentu ada kebutuhan lain yang menjadi prioritas. Agar adil bagi kedua belah pihak yang berkencan dan menghindari drama di kemudian hari, banyak pasangan menerapkan sistem split bill saat berkencan.

Sistem split bill sendiri yaitu cara membagi pembayaran atau tagihan dalam hal apapun secara adil, merata, dan mampu beretika dengan benar. Hal tersebut bisa dilakukan dalam hubungan percintaan, contoh saat kamu ingin berpergian kemana dan bisa melakukan pembagian pembayaran. Jumlahnya tak harus selalu sama, namun harus adil dan disepakati masing-masing pihak. 

Soalnya nih perkara split bill ini sangat sensitif lho! Banyak perempuan yang merasa bahwa biaya berkencan adalah kewajiban laki-laki, sementara itu pihak laki-laki yang keberatan dengan sistem split bill kerap dianggap pelit dan tidak bisa royal. Maka yang penting dalam menerapkan sistem split bill ini adalah kedua belah pihak saling sepakat.

Misalnya, cowok akan membayar tiket nonton sementara itu si cewek akan membayar makan bersama.  

Apakah kamu ingin mencoba split bill dalam hubunganmu? Baca apa aja keuntungan dari menerapkan split bill di bawah ini dan gimana cara menerapkannya

1 dari 6 halaman

Split Bills adalah © Diadona©shutterstock.com/Dragon Images

Pembagian Tanggung Jawab

Dengan menerapkan split bill, kamu akan bisa belajar untuk bertanggung jawab. 

Dengan penggunaan split bill, kalian bisa belajar untuk memahami kondisi pasangan. Saat kamu nggak ada uang, kamu nggak harus merasa terbeban ketika melakukan pembayaran. Begitu pula saat pasangan kamu sedang bokek, kalian bisa menghabiskan waktu bersama tanpa harus mengeluarkan biaya. 

Adil

Banyak loh cewek atau cowok kamu yang merasa pasangannya terlalu perhitungan, pelit, dan tidak ingin berbagi. Padahal mungkin hanya perbedaan sudut pandang atau prioritas keuangan saja. 

Oleh karena itu, split bill sangatlah berguna bagi hubungan kamu dengan pasanganmu yang bisa memberikan rasa adil dan merata keseluruhan. 

split bill membuat penerapan dalam komitmen kisah cinta kalian menjadi tidak ada yang dirugikan. Hal itu meningkatkan kesetaraan gender menjadi hidup dalam percintaan. Adil tidak menyiksa loh, Daizens!

2 dari 6 halaman

Split Bills adalah © Diadona©shutterstock.com/APIWAN BORRIKONRATCHATAk

Hemat

Yang namanya kencan pasti kerap dilakukan dengan mengeluarkan biaya, misalnya makan, nonton, jalan-jalan atau ke tempat wisata. Nah salah satu kelebihan dari split bills adalah kamu jadi hemat karena pembiayaan kegiatan ini dibagi berdua.

Kalau sedang tak punya uang tak punya wishlist kencan yang panjang, kalian bisa menabung bersama-sama tanpa memaksakan kondisi keuangan.

3 dari 6 halaman

Split Bills adalah © Diadona©shutterstock.com/TimeImage Production

Menghindari Kecanggungan 

" Wow mahal banget! "

Kalimat ini mungkin banget terlontar dari kamu atau pasanganmu saat pergi bersama dan melihat tagihan melampaui ekspektasi. Dari hal itu, timbul rasa canggung antara kalian berdua dan bingung harus bagaimana. 

Daripada pusing atau bete karena tiba-tiba harus bokek, coba kamu terapkan sistem split bills setiap kalian bepergian.

Melihat Ketulusan Dia

Dengan menerapkan split bills atau dia juga membayar bagiannya, kamu bisa melihat kalau pasangan kamu adalah sosok yang tulus dan nggak cuman tertarik sama uang kamu aja. Dengan dia mau mengeluarkan uang untuk bersama denganmu, itu artinya kamu masuk dalam prioritasnya.

4 dari 6 halaman

Split Bills adalah © Diadona©shutterstock.com/WHYFRAME

Memperhatikan Situasi Keuangan

Terkadang keuangan seseorang sering mengalami up and down. Dalam situasi itu, kamu bisa mencoba untuk split bills saat berkencan. Selain itu, kamu dan pasanganmu menjadi tidak ada tekanan dan effort yang besar untuk mengeluarkan uang. 

Maka, kalian berdua harus saling jujur dan terbuka untuk bercerita terkait kondisi keuangan masing-masing. Jangan malu-malu ya, Daizens karena pasanganmu adalah tempat bercerita yang terbaik!

Berpikir secara Tim

Dalam sebuah hubungan percintaan, mempunyai pemikiran yang berkorelasi sangatlah penting. Hal itu, memberikan dampak yang baik dan positif bagi perjalanan cinta kalian dan menghindari miss komunikasi. Sama seperti split bills, kamu dan cowokmu harus memiliki tujuan yang ingin dicapai ketika berkencan bersama. 

Misalnya saat kondisi keuangan kalian sedang sulit tapi ingin kencan, kalian bisa memikirkan ide kencan yang tidak membuat mengeluarkan banyak uang.

No Drama 

Setiap hubungan acaran punya risiko perpisahan. Nah, jangan sampai perpisahan kalian diwarnai dengan drama di mana salah satu pihak merasa udah mengeluarkan biaya lebih banyak selama menjalin hubungan.

Dengan split bill, pengeluaran dibagi secara adil dan sesuai kesepakatan masing-masing sehingga menghindari munculnya drama yang menyangkut keuangan di kemudian hari.

 

5 dari 6 halaman

Split Bills adalah © Diadona©shutterstock.com/Makistock

Cara Menerapkan Split Bills saat Pacaran

Trus gimana cara memberlakukan sistem ini saat berkencan? Apakah setiap tagihan langsung dibagi dua sama rata?

Bayar Bergiliran

Pendekatan yang paling banyak dilakukan oleh para pasangan dalam menerapkan split bills adalah dengan membayar secara bergantian. Sekalipun biayanya mungkin tak akan sama rata, tapi dengan demikian kamu jadi nggak perlu khawatir membagi setiap pembayaran.

Misalnya nih saat kalian janjian nonton dan makan, pembagian pembayaran bisa dilakukan misalnya pihak cowok membayar tiket nonton, sementara itu pihak cewek akan membayar pembelian makan.

Nah namun karena pembayarannya bergantian, maka kedua belah harus harus sepakat siapa membayar apa dan pastikan bahwa aspek-aspek tersebut memiliki harga yang relatif sama. Jangan sampai salah satu pihak merasa keberatan karena harga yang dia bayarkan jauh lebih mahal.

6 dari 6 halaman

Split Bills adalah © Diadona©shutterstock.com/BongkarnGraphic

Menerapkan Kantong Uang Kencan

Alternatif lainnya yakni dengan menerapkan sistem dompet atau kantong uang yang akan digunakan bersama-sama selama berkencan. Sepakati bahwa masing-masing pihak memasukkan jumlah uang yang sama di waktu tertentu, misalnya. Selanjutnya uang dalam kantong atau dompet tersebut digunakan untuk membiayai kencan kalian berdua.

Cara split bills yang ini tentu lebih praktis karena tak harus membagi siapa membayar apa tiap berkencan. Selain itu kamu juga jadi bisa belajar mengelola keuangan dan membelanjakan sesuai anggaran.

Ngomongin masalah uang dengan pasangan, apalagi baru di tahap berkencan, memang bukan suatu hal yang mudah. Apalagi bila salah satu dari kalian masih memiliki paham yang berbeda tentang pembayaran biaya kencan.

Penulis : Catarina Berlinda Octania S.

Beri Komentar