12 Tips Pola Makan Diet, Anti Tersiksa dan Cepat Turunkan Berat Badan Lho!

Reporter : Arifina
Rabu, 14 Juni 2023 17:17
12 Tips Pola Makan Diet, Anti Tersiksa dan Cepat Turunkan Berat Badan Lho!
Anti tersiksa saat diet? Terapkan pola makan ini deh!

Mengadopsi pola makan yang sehat dan seimbang merupakan salah satu faktor kunci dalam mencapai tujuan penurunan berat badan. Saat menjalani program diet, penting untuk mengatur pola makan dengan bijak dan memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berbagai pola diet, mulai dari diet endah karbohidrat, intermitten fasting, diet vegan, diet ketogenik, dan lainnya bisa dicoba untuk program penurunan berat badan. Tapi, tetap harus diperhatikan asupan makanan yang masuk dan diimbangi dengan olahraga.

1 dari 14 halaman

Tips Pola Makan Diet © Diadona

Dilansir dari laman kemenkes.go.id, setiap orang memiliki metode diet yang tidak sama. Karena itu, diet yang tepat harus memperhatikan kondisi tubuh dan melalui pendampingan dari profesional seperti ahli gizi.

Kebanyakan orang hanya tergiur turun berat badan dengan cepat tanpa memperhatikan pola makan yang sesuai untuk diet. Lantas, pola makan seperti apa yang harus diterapkn agar diet berhasil? Simak ulasannya berikut, dilansir diadona.id dari berbagai sumber!

2 dari 14 halaman

Jangan Melewatkan Sarapan

Diet yang tepat tidak serta merta memangkas semua jadwal makan. Biar proses dietmu lebih cepat berhasil, maka jangan pernah melewatkan sarapan ya!

Sarapan amat penting untuk memberikan energi tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. Namun, pilihlah menu-menu sehat yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta serat, seperti telur, susu skim, kacang-kacangan, buah dan sayuran.

3 dari 14 halaman

Konsumsi Air Putih Sebelum Makan

Untuk mendapati penurunan berat badan yang cepat, biasakan untuk mimum air putih sebelum makan. Setidaknya 30 menit saat sebelum makan berat.

Dengan pembiasaan ini, dapat mencegah makan terlalu banyak dan membuat lebih cepat kenyang.

4 dari 14 halaman

Jauhi Minuman Manis

Minuman yang mengandung banyak gula akan memperlambat proses dietmu. Biar diet berjalan lancar, sementara waktu hindari untuk meminum minuman manis ya!

Sebaba, minuman manis dan berkalori tinggi seperti soda, es teh manis, yoghurt manis, minuman berenergi dan jus buah kemasan justru akan menaikkan berat badanmu.

5 dari 14 halaman

Konsumsi Makanan Berserat

Tips Pola Makan Diet © Diadona

Makanan yang mengandung serat dinilai ampuh untuk menjalankan progrm diet. kandungan makanan berserat akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Kamu bisa memilih makanan jenis kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara, dan oat sebagai menu makanan dietmu ya!

6 dari 14 halaman

Hindari Makanan Olahan

Maknana olahan seperti buah kering, fast food, roti, kue, biskuit, sayuran kaleng, makanan yang dibekukan, sereal sarapan, hingga daging olahan dianjurkan dihindari saat proses diet berlangsung.

Sebaiknya, konsumsi buah, sayur, ikan dan kacang-kacangan segar. Selain bergizo, makanan tersebut akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

7 dari 14 halaman

Makan dengan Perlahan

Nikmatilah makananmu secara perlahan. Cara ini akan membuatmu lebih cepat kenyang meski tak banyak mengonsumsi makanan lho!

Makan terlalu cepat justru akan membuatmu mengalami kenaikan berat badan.

8 dari 14 halaman

Konsumsi Kopi dan Teh

Minuman berkafein seperti kopi dan teh dinilai ampuh untuk menurunkan berat badan. namun, kamu harus mengonsumsinya tanpa bahan tambahan kain seperti gula dan krim.

Kopi dan teh mampu meningkatkan kadar hormon epinefrin. Dengan begitu lemk dalam tubuh akan dipecah dan membuat berat badan turun.

9 dari 14 halaman

Hitung Kebutuhan Kalori

Tips Pola Makan Diet © Diadona

Saat proses diet, kamu perlu mengatur asupan makanan yang masuk. Disarankan untuk emmulai diet sehat dengan menghitung kebutuhan kalori.

Kenali kebutuhan kaloriu untuk tubuhmu, dan pastikan kamu tidak berlebihan saat makan ya!

10 dari 14 halaman

Atur Porsi Makan

Mengatur porsi makan untuk diet perlu dilakukan agar kamu mendapati proses yang cepat. Buakn berarti tidak boleh makan apapun lho!

Idealnya dalam menu makanan terdapat lauk-pauk, karbohidrat, sayuran hijau, dan buah menyesuaikan kebutuhan tubuh ya!

11 dari 14 halaman

Makan Sampai Tidak Terasa Lapar

Dalam progrm diet, upyakn untuk mkan sampai tidak terasa lapar. Tapi, jangan berlebihan.

Cobalah memulai makan pagi dengan porsi yang banyak dan mengurangi porsi tersebut secara bertahap hingga makan malam. Penyesuain jumlah makanan ini akan membuat tubuhmu dengan sendirinya mengerti saat harus makan dan berhenti.

12 dari 14 halaman

Kurangi Makan Garam

Tidak hanya gula, garam juga menjadi salah satu pemicu berat badan naik lho! Karena itu. dalam proses dietmu disarankan untuk mengurangi asupan garam.

Kamu bisa memperhatikan asupan nutrisi disetiap makanna yang kamu makan. Bagi orang dewasa, tidak boleh mengonsumsi lebih dari 6 gram garam atau sekitar satu sendok teh dalam sehari.

13 dari 14 halaman

Batasi Kebiasaan Ngemil

Tips Pola Makan Diet © Diadona

Mengonsumsi camilan memang boleh-boleh saja, tapi saat kamu sedang menjalani diet sebaiknya hal itu dibatasi ya! Terlebih mengonsumsi camilan kurang sehat seperti gorengan, keripik, dan es krim.

Gantilah camilnmu dengan makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, kacang almond, hingga yoghurt tinggi protein dan rendah lemak.

Beri Komentar