6 Cara Memilih Yogurt untuk Diet, Baca Label Kemasan dan Kenali Jenisnya ya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 24 Desember 2022 22:07
6 Cara Memilih Yogurt untuk Diet, Baca Label Kemasan dan Kenali Jenisnya ya!
Cara memilih yogurt untuk diet yakni dengan mempertimbangkan penambahan gula, kandungan protein dan juga jenis yogurtnya.

Yogurt wajib masuk dalam menu sehatmu karena profil nutrisinya yang bagus banget. Yogurt bagus untuk kesehatan usus karena kandungan prebiotiknya, juga mengandungan kalsium serta protein yang baik untuk tubuh. Namun untuk kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan, ada baiknya kamu tau gimana cara memilih yogurt untuk diet.

Banyak jenis yogurt di pasaran yang nggak cocok untuk kamu yang sedang diet karena kadar gulanya yang tinggi. Tahu kan bahwa gula dalam bentuk kalori yang tidak terpakai dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak tubuh.

Agar yogurt yang kamu konsumsi memberikan nutrisi optimal buat tubuh sekaligus membantu menurunkan berat badan, pilih produk sesuai dengan tips berikut :

1 dari 3 halaman

Cara Memilih Yogurt untuk Diet © Diadona

Yogurt dengan Kandungan Protein Tinggi

Triknya adalah memilih yogurt berprotein tinggi, yang akan membuat kamu kenyang lebih lama daripada yogurt yang memiliki sedikit atau tanpa protein dan banyak tambahan gula.

Dalam menurunkan berat badan, protein dapat mempercepat metabolisme, mengurangi nafsu makan dan juga berpengaruh pada hormon yang mengatur rasa kenyang.

Pilih Plain Yogurt

Secara umum sih semua yogurt berangkat dari yogurt plain. Dalam prosesnya untuk menarik konsumen, yogurt kemudian ditambah dengan perasa dan pemanis tertentu.

Nah agar yogurt plain yang kamu pilih untuk diet ini nggak menyiksa kamu, kamu boleh banget tuh menambahkan bahan lain untuk meningkatkan rasanya sekaligus kandungan gizinya tanpa memberikan gula tambahan. Contohnya dengan memberikan madu, buah berri atau kacang-kacangan yang sehat dan bergizi.

2 dari 3 halaman

Cara Memilih Yogurt untuk Diet © Diadona

Pilih Greek Yogurt

Apa sih yang membuat Greek yogurt berbeda dengan yogurt biasa? Dikutip dari Women Health Magazine, penyaringan yang lebih ekstensif membuat Greek yogurt lebih kental dan juga lembut. Proses ini juga membuat greek yogurt lebih kaya akan protein.

Lihat Daftar Bahan

Dikutip dari Healthline, salah satu cara memilih yogurt untuk diet yang mungkin dilakukan adalah dengan melihat daftar komposisinya dan ambil yogurt yang dibuat dari paling sedikit bahan.

Dalam label makanan, bahan biaanya dicantumnya berurutan berdasarkan beratnya. Jadi, pilih yogurt yang mencantumkan gula di bagian lebih bawah. Malah lebih baik lagi kalau kamu memilih yogurt tanpa kandungan gula sama sekali.

Dan fyi nih gula bsa dicantumkan dengan berbagai nama lho, di antaranya:

  • Sukrosa
  • Sirup jagung fruktosa tinggi
  • dll

3 dari 3 halaman

Cara Memilih Yogurt untuk Diet © Diadona

Baca Nutrition Fact

Fakta nutrisi pada kemasan makanan adalah informasi penting tentang kandungan nutrisinya, mulai dari karbohidra, lemak, protein dan gula dalam setiap sajian. Ingat, angka yang tercantum adalah dalam setiap satu takaran sajian ya!

Hindari Yogurt Tinggi Gula

Penambahan gula ada yogurt membuat bahan yang sehat ini jadi kurang sehat. Namun bila jumlah gula yang dikonsumsi dari yogurt dan makanan lain yang kamu konsumsi masih berada dalam batas konsumsi harian sih tentu hal itu nggak jadi masalah. Tapi tentu beda cerita bila kamu sedang diet yang berarti harus mengurangi konsumsi gula.

Jangan sampai ya makanan yang kamu kira menyehatkan ternyata bikit diet kamu jadi lebih jauh dari kata berhasil karena ketidak tahuan dalam memilih makanan. Kan sayang banget..

Beri Komentar