Jangan Sampai Dilewatin, Sarapan Justru Bikin Sukses Diet!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 4 April 2020 06:00
Jangan Sampai Dilewatin, Sarapan Justru Bikin Sukses Diet!
Yuk biasakan sarapan!

Banyak orang berpikir dengan melewatkan sarapan maka berat badan akan cepat berhasil turun. Atau banyak yang berpikir bahwa sarapan hanya akan membuatnya sia-sia alias malah bertambah berat badannya.

Padahal, pemikiran ini bisa jadi keliru. Melansir dari Aladokter.com, justru dengan sarapan kamu akan lebih bisa mengontrol berat badan, yang akan artinya akan menyukseskan program diet kalau kamu sedang menjalankannya.

1 dari 4 halaman

Alasannya adalah karena sarapan dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari. Kalau nggak sarapan, nanti di siang hari malah bisa makan berlebihan karena saking laparnya seperti sudah menderita. Masuk akal, kan? Bukannya terkontrolnya pola makan malah jadi berlebihan gitu di satu waktu. Katanya diet?

Nggak hanya itu. Sarapan juga memberi kita energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Sebab, ini berkaitan peningkatan konsentrasi, daya tahan tubuh dan penurunan kadar kolesterol.

2 dari 4 halaman

Tapi apakah sarapan memang benar-benar bisa menurunkan berat badan?

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Sayangnya, jawabannya nggak juga. Soalnya menurut penelitian di jurnal BMJ, nggak ada bukti kuat yang bisa menyatakan bahwa sarapan memang benar-benar bisa menurunkan berat badan.

Tapi, tapi, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sarapan itu membantu sukses diet, dan itu bukan berarti membantu menurunkan berat badan. Soalnya arti diet sendiri yang sebenarnya adalah sebuah metode yang mengatur asupan makan dan minuman agar mencapai dan menjaga berat badan yang terkontrol. 

3 dari 4 halaman

Pemilihan Makanan dan Minuman

Namanya juga mengatur asupan makanan, itu berarti sarapan yang kita pilih (begitu juga dengan makan siang dan lain-lainnya) nggak boleh asal-asalan terjun bebas ke dalam perut. Sarapan yang sehat itu mengandung kaya protein serat, bukan yang banyak lemak jahat dan karbohidrat.

Soalnya asupan protein dan serat itulah yang akan membuat perut kita bertahan merasa kenyang lebih lama. Nafsu makan pun terkendali. Selain itu, jangan lupa menyiapkan cemilan yang sehat seperti buah-buahan atau sayuran yang kaya dengan vitamin dan mineral.

4 dari 4 halaman

Nah guys, jadi jangan lupa untuk selalu sarapan ya sebelum memulai aktivitas. Tapi jangan asal pilih menu sarapan. Misalnya, kalau kamu kebanyakan makan karbohidrat, kadar gula kamu malah akan meningkat, malah itu bikin kamu cepat lapar dan makan kepengin makan terus.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar