5 Cara Makan Sayuran untuk Diet, Tetap Enak, Sehat Tanpa Bikin Tersiksa

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 25 Oktober 2022 16:23
5 Cara Makan Sayuran untuk Diet, Tetap Enak, Sehat Tanpa Bikin Tersiksa
Kamu harus tahu nih gimana cara makan sayuran untuk diet agar enak tapi tak minim processing agar nutrisinya tetap terjaga

Buat yang lagi diet, sayuran dan buah wajib masuk dalam menu harian bahkan mengambil sebagian porsi dari karbohidrat. Sayangnya nih kalu tak diolah dan cara makan sayuran untuk diet yang tak benar, sayuran justru akan tak akan membrikan hasil optimal sebagai makanan diet.

Air dan serat dalam sayuran akan menambah volume masakan kamu sehingga kamu bisa makan makanan dalam jumlah yang sama dengan kalori yang lebih sedikit. Sebagian besar buah dan sayuran secara alami rendah lemak dan kalori dan mengenyangkan.

Biar nggak bingung gimana cara makan sayuran untuk diet, coba deh pantengin tips yang Diadona kutip dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 4 halaman

Tak Semua Sayur Baik Dimakan Mentah

Cara Blanshing Sayuran MPASI © Diadona

Beberapa nutrisi dalam sayuran terikat di dinding sel atau selulase. Pemecahannya menggunakan enzim selulase yang tidak dimiliki oleh manusia. Maka, salah satu cara mendapatkan manfaat nutrisinya yakni dengan memasaknya sehingga dinding tersebut akan pecah, nutris akan terlepas dan tubuh bisa mendapatkan manfaatnya dengan mudah

Contoh sayuran tinggi selulosa adalah bayam, kangkung, kol, brokoli, paprika merah, wortel dan juga tauge.

Agar nutrisinya tetap terjaga dan warnanya tetap hijau, kamu bila merebusnya dengan menggunakan metode blanshing. Blanshing adalah teknik dua langkah yang dimulai dengan memasukkan bahan makanan ke dalam panci besar berisi air mendidih dalam waktu yang sangat singkat – terkadang detik, terkadang menit – lalu dengan cepat memindahkannya ke wadah berisi es batu.

Sebelum diolah, pastikan kamu telah memilih sayuran yang segar dan menyimpannya dengan baik ya!

2 dari 4 halaman

Rebus dengan Sedikit Garam

Cara Blanshing Sayuran MPASI agar Praktis, Sehat dan Segar Lebih Lama © Diadona

Salah satu cara makan sayuran untuk diet yang paling umum adalah dengan merebusnya lalu dicocol dengan saus atau mayonese yang minim kalori. Tapi sayangnya nih nggak semua orang suka sayuran rebus karena cenderung hambar.

Sebagai cara makan sayuran untuk diet berikut, kamu bisa menambahkan sedikit garam ketika merebusnya. Tapi perhatikan dua hal penting ini ya!
Pertama, garam memiliki efek mengeraskan jaringan sayuran dengan cara yang sama seperti mengeraskan jaringan daging; dan, kedua, membantu mengeluarkan rasa sayuran.
Dengan dua hal tersebut kita jadi harus tahu nih kapan sebaiknya memasukkan garam dalam rebusan sayuran.

Untuk sayuran yang keras, rebus dengan menggunakan air mendidih sampai agak lunak tanpa menggunakan garam. Baru masukkan garam tepat sebelum memasak selesai.

3 dari 4 halaman

Tumis dengan Minyak Zaitun

Resep Tumis Kangkung Bawang Putih © Diadona

Menumis sayuran dengan sedikit minyak adalah cara yang simple, enak dan juga sehat untuk menjadikanya sebagai menu diet. Kurangi penggunaan bumbu lain seperti kecap atau saus tiram ya!

Sebuah penelitian yang dirilis oleh Food Chemistry menunjukkan bahwa sayuran yang dimasak dengan minyak zaitun extra virgin mengandung antioksidan yang ditransfer dari minyak, ditambah kapasitas antioksidan sayuran bahkan lebih besar daripada dalam bentuk mentah.

Jadi bisa dibilang nih bahwa kalau kamu diet dan ingin sayuran, masak dengan menggunakan minyak zaitun selain kandungan lemak jenuhnya yang lebih sehat juga mengandung antioksidan yang lebih baik.

Bingung mau bikin tumsi sayur apa? Coba deh bikin dengan nyontek resep tumis kangkung berikut. Dijamin enak dan super simple!

4 dari 4 halaman

Panggang Sayuran

Resep Honey Miso Eggplant © Diadona

Metode ini mungkin nggak familiar tapi merupakan cara makan sayuran untuk diet nggak nggak memakai banyak minyak. Perlu diketahui kalau memanggang sayuran nggak sama dengan memanggang daging ya! Kamu cukup lakukan metode griddling di atas wajan menggunakan api kecil atau sedang.

Nggak hanya dipanggang, cara memakan sayuran untuk diet juga bisa dengan dioven dengan suhu sedang,

Pamggang sayuran dengan menggunakan minyak zaitun atau canola. Selain lebih sehat, rasa yang dihasilkan juga jadi lebih kuat. Nah slah satu contoh sayuran yang dipanggang yakni Honey Miso Eggplant beriktu ini

Bahan:

  • Terong ukurang besar (belah is vertikal)
  • 2 sdm miso 2 sdm
  • 2 sdm madu
  • Garam
  • Gula

Cara membuat :

  • Balur terong dengan garam untuk mengeluarkan cairannya. Diamkan sekitar 30 menit lalu lap dengan tisu
  • Campur miso, madu, air, gula dan garam sampai mendapatkan rasa seimbang yang diinginkan
  • Oleskan campuran miso pada terong
  • Panggang dalam oven sekitar 30 menit

Udah siap menjalani diet tanpa tersiksa?

Beri Komentar