21 Dekorasi Dapur Minimalis yang Sederhana, Murah Tapi Cantik nan Elegan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 10 Agustus 2023 10:30
21 Dekorasi Dapur Minimalis yang Sederhana, Murah Tapi Cantik nan Elegan
Tak perlu mahal lho buat bikin dekorasi dapur minimalis. Yang kamu perlukan hanya dapur yang rapi, skema warna yang sama dan juga peletakan barang.

Ngomongin desain dapur nih, model minimalis nampaknya selalu jadi idaman. Sebagai ruangan dengan fungsi vital, lalu lintas yang tinggi, serta banyak barang, dapur akan rawan berantakan. Makanya nih kamu butuh desain dapur minimalis agar dapur kamu nggak cuman menarik secara visual tapi juga menghasilkan fungsi yang optimal.

Bikin dapur minimalis sederhana nggak melulu harus mahal atau bikin kamu membuang barang-barang yang sudah ada. Sebelum merombak dapur kamu, cari tahu dulu nih apa kunci menciptakan ruangan dapur minimalis : 

Singkirkan Barang Tidak Penting

Pertama, singkirkan barang-barang yang jadi penyebab kekacauan di dapur kamu, misalnya struk belanja, kresek bekas belanja dan lainnya. Nggak ada salahnya juga menyingkirkan benda-benda dekoratif yang membuat dapur jadi sempit.

Kunci dekorasi dapur minimalis adalah menciptakan ruang kosong sebanyak mungkin. Jadi untuk peralatan dapur yang sudah lama tak pernah digunakan atau sudah rusak tapi tak sempat kamu perbaiki, tak ada salahnya menyingkirkannya. 

Pikirkan Skema Warna

Warna minimalis identik dengan warna yang netral. Ini bikin ruangan jadi terkesan sederhana. Dilansir dari Apartment Therapy, menggunakan warna-warna dengan senada antar ruangan membuat area tersebut nampak lebih luas daripada yang sebenernya.

Simpan Semua Barang di Tempat yang Tepat

Buat menciptakan dapur yang bersih, rapi dan nampak minimalis, penting banget buat menempatkan setiap benda di tempatnya. Tapi tentu, ini harus dimulai dengan memberikan tempat pada benda-benda tersebut.

Misalnya nih kamu harus punya tempat untuk menyimpan stok sabun cuci piring dan sponnya, wadah serbet bersih, dan setiap perintilan dapur. Selesai digunakan, tempatkan lagi mereka di posisi yang seharusnya.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk cari inspirasi dekorasi dapur minimalis dari berbagai potret dapur di bawah ini :

1 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Sederhana Tanpa Kitchen Set

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona 

Kunci dari dekorasi dapur minimalis sederhana ini terletak dari penggunaan palet warna yang natural, yakni putih dan coklat tua. Agar nampak rapi, pemilik dapur memanfaatkan korden yang dipasang pada bagian bawah meja dapur sehiangga semua peralatan tersembunyi.

Biar nampak cantik, gunakan warna dan model meja makan yang selaras dengan desain dapur ya!

2 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis dan Taman Belakang Rumah

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Motif kayu tak hanya digunakan sebagai desain pintu lemari, namun pada lantai hingga meja makan. Tenang aja, tak harus selalu beli baru kok karena kamu bisa memanfaatkan kertas stiker motif kayu untuk melapisi meja hingg akabinet dapur kamu.

Menerapkan konsep dapur dengan taman belakang rumah, warna hijau di taman bikin momen memasak dan kumpul bersama di meja makan jadi makiin menyenangkan!

3 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Sempit

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Walaupun sempit, namun dengan penataan dan pencahayaan yang tepat membuat dapur ini nampak cantik kan? Barang-barang yang kerap digunakan untuk memasak berada di bagian luar tempat penyimpanan, sementara barang lainnya tersimpan di lemari dapur yang tertutup. 

Manfaatkan rak khusus untuk menyimpan bumbu untuk menyimpan ruang. Hilangkan kenop pada pintu lemari penyimpanan untuk membuat keseluruhan ruangan nampak cantik dan minimalis.

4 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Sederhana untuk Rumah Kecil

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Siapa bilang lahan super sempit nggak bisa buat dapur? Manfaatkan rak tempel dinding untuk menyimpan barang-barang di dapur, dan gunakan box tertutup yang tahan debu. Bagian bawah dapur juga bisa banget kamu manfaatkan dengan membuat rak minimalis yang cantik untuk menyimpan stok makanan.

Perhatikan juga penggunaan pallete warna putih untuk dinding dan keseluruhan barang-barang di dapur yang bikin dekorasi dapur makin kece.



5 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Memanjang

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Warna netral seperti putih dan krem bikin dapur di atas ini jadi nampak cantik dan bersih ya! Pemilik nampaknya memaksimalkan bagian bawah meja dapur sebagai tempat penyimpanan sehingga tak banyak peralatan di atas meja.

6 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Sederhana

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Sekali lagi, faktor cahaya juga bikin dapur kamu nggak cuman bebas gelap dan lembab tapi menonjolkan desain cantiknya. Selain dekorasi dan penataan barang, pastikan juga tinggi meja, cucian piring dan kompor pas sesuai dengan tinggi badan kamu ya!

7 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Terbuka

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Desain dapur terbuka memastikan sirkulasi udara dan cahaya berlangsung optimal. Pallete warna kayu seperti pada foto di atas nggak cuman bikin dapur nampak sederhana, tapi juga ngasih kesan hangat. Jangan lupa tambahkan dengan pencahayaan yang tepat buat bikin nuansa dapur kamu makin cantik!

8 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Modern

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Selain warna coklat, putih dan hitam, warna biru navy ini juga cocok banget untuk dekorasi dapur minimalis kamu! Warna cat ini memberi kesan elegan dan juga mewah, cocok dengan meja dan lemari dapur berwarna putih.

9 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Estetik

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Konsep warna hitam dan putih pada dapur di atas juga nampak kece ya, ditambah dengan keberadaan tanaman yang ngasih kesan segar. Bagian dinding dapur tak perlu kamu rombak, kamu cuman perlu memasang wallpaper stiker yang harganya murah meriah.

10 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis untuk Rumah Sempit

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Kalau diperhatikan, ruangan dapur berikut berada di atas lahan yang sempit namun bisa dimanfaatkan sevara maksimal dengan penggunaan ruang bagian bawah. Tak pakai korden untuk menutupi barang-bawang yang berantakan, sebab telah ditata dengan apik dengan rak-rak plastik.

Dinding, meja hingga seluruh barang-barang dalam dapur ini hanya menggunakan tiga macam warna, yakni warna hitam, coklat muda dan juga putih. Bisa bsnget kamu aplikasikan untuk dapur kamu nih Diazen!

11 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Monokrom

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Bikin dapur makin hidup dengan keberadaan tanaman hijau nih Diazen! Kamu bisa menggunakan tanaman yang minim perawatan atau tanaman indoor sehingga tak repot mengeluarkannya dari ruangan untuk mendapatkan sinar matahari.

12 dari 21 halaman

Dekorasi dan Inspirasi Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Selain bikin dapur rapi, penataan yang tepat juga memudahkan kamu saat memasak lho! Contohnya saat menata teflon seperti pada foto di atas yang disusun dengan cara berderet alih-alih menumpuknya. Rak besi di bagian bawah cocok untuk menyimpan stok makanan sementara itu sisi yang lain tertutup dengan korden untuk menutupi bagian dapur.

13 dari 21 halaman

Dekorasi Dapur Minimalis Bergaya Natural

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Selain minimalis, warna coklat kayu juga punya kesan yang cantik dan hangat, lho! Tertarik pengen coba?

 

14 dari 21 halaman

Dekorasi dan Inspirasi Desain Dapur Minimalis Terbuka Industrial

Dekorasi Dapur Minimalis Terbuka Industrial © Diadona

Menggunakan cat warna abu-abu sehingga ngasih kesan unfurnished, dapur Rumah Damarisa ini menonjolkan konsep desain industrial. Ditambah dengan kitchen set serta lantai kayu untuk sentuhan alami.

Tak hanya lantai dan dinding, namun penggunaan perabot minimalis adalah kunci pada penataan dapur sempit di atas. Misalnya, memanfaatkan rak gantung untuk menyimpan wajan, panci dan lainnya.

15 dari 21 halaman

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Scandinavian

Dekorasi dan Desain Dapur Minimalis Berkonsep Scandinavian © Diadona

Model dapur bergaya Scandinavian identik dengan tata letak dapur yang fungsional, penggunaan panel netral, estetika minimalis, serta tone kayu yang hangat ditambah dengan sentuhan aksesoris yang eksentrik.

Walaupun kecil dan sederhana, namun dekorasi dapur minimalis di atas mampu mencukupi kebutuhan memasak kamu dengan ketinggian meja kompor dan bak cuci piring yang nyaman. Rak pada bagian atas digunakan untuk menampung bumbu dan dekorasi serta lemari penyimpanan bagian bawah untuk penyimpanan.

16 dari 21 halaman

Desain Dapur Minimalis Sederhana

Desain Dapur Minimalis Sederhana © Diadona

Menambahkan lampu gantung pada dapur nggak cuman sebagai pernyataan dekoratif, tapi juga ngasih pencahayaan yang lebih lembut ke dapur. Selain itu, lampu juga ngasih nuansa yang lebih nyaman serta menarik, jadi bikin lebih betah di dapur.

17 dari 21 halaman

Desain Dapur Minimalis dengan Ubin Motif Lucu

Desain Dapur Minimalis dengan Ubin Motif Lucu © Diadona

Tambahkan nuansa warna-warni yang unik dan elegan dengan penggunaan dinding seperti di atas. Motifnya bikin nuansa dapur jadi makin segar dan nyaman dipandang tanpa menggunakan warna-warni dari perabotan. 

18 dari 21 halaman

Desain Dapur Minimalis Murah

Desain Dapur Minimalis Murah © Diadona

Kitchen set pada desain dapur memang mahal. Terutama pada bagian rak bawah dan rak atas. Namun kamu tetep bisa mendapatkan dapur minimalis, cantik dan rapi dengan meniru desain seperti pada di atas.

Bagian bawah meja dapur dapat digunakan sebagai rak penyimpanan. Alih-alih menambahkan sekat yang harganya tak murah, tambahkan kotak untuk penyimpanan peralatan masak sesuai fungsi. Terakhir agar dapur tak nampak berantakan, pasang tirai dapur dengan motif sesuai desain dapur secara keseluruhan.

19 dari 21 halaman

Desain Dapur Minimalis dan Ruang Makan

Desain Dapur Minimalis dan Ruang Makan © Diadona

Menyatukan dapur dengan ruang lain berarti menghilangkan sekat atau dinding pembatas antar ruangan, membuat dapur atau bahkan seluruh rumah jadi terasa lebih luas.

Namun untuk keperluan keindahan ruangan, kamu harus perhatikan banyak hal ya! Mulai dari kesesuaian desain antara dapur dengan meja makan, tempatkan meja makan di area yang strategis serta gunakan tempat penyimpanan peralatan masak dapur yang pas dan cantik.

20 dari 21 halaman

Desain dan Dekorasi Dapur Minimalis Warna Putih

Desain dan Dekorasi Dapur Minimalis Warna Putih © Diadona

Daya tarik desain dapur minimalis warna putih terletak pada kemampuannya membuat dapur tampak lebih terang dan luas. Selain itu, dapur warna putih juga terlihat lebih bersih.

Gunakan material yang mudah dibersihkan, seperti keramik atau plastik. Untuk menambahkan warna, gunakan tone warna alami seperti coklat, abu-abu muda hingga hitam. Dapur sederhana namun cantik dapat terwujud dengan mudah deh!

21 dari 21 halaman

Dekorasi Desain Dapur Minimalis Unfinished

Dekorasi Desain Dapur Minimalis Unfunished © Diadona

Konsep desain unfinished atau industrial pada interrior lebih banyak mengespose elemen-elemen mentah. Elemen arsitektural pada bangunana sengaja ditampilkan tanpa finishing. Alih-alih seperti bangunan mangkrak, ternyaa konsep industrial memilih kesan unik dan sangat ngetren saat ini lho!

Pada model dapur minimalis di atas, konsep industrial dengan dinding beton yang terekspose dipadukan dengan elemen kayu dan benda dekoratif penuh gaya. Misalnya, roster warna abu, meja dan perabot kayu serta lampu gantung prisma yang hangat.

Untuk melengkapi desainnya, tambahkan meja makan dengan desain yang sesuai.

Sudah siap mau mendekor dapur dengan desain dapur minimalis yang mana?

Beri Komentar