14 Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Diet dan Kecantikan

Reporter : Shofi Febri
Kamis, 13 Februari 2020 13:22
14 Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Diet dan Kecantikan
Apakah diet jeruk nipis efektif? Berikut manfaat jeruk nipis untuk diet yang harus kamu ketahui.

Jeruk nipis identik dengan vitamin C yang dikandungnya. Dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam.

Dari kandungan di atas, jeruk nipis memiliki manfaat untuk diet yang dipercaya orang-orang dapat menurunkan berat badan. Berikut manfaat jeruk nipis untuk diet.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Diet

Ilustrasi Madu dan Jeruk NipisIlustrasi Madu dan Jeruk Nipis © 2020 https://rawpixel.com/

Mungkin kamu sudah mengetahui, sama seperti jeruk dan lemon, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan asam sitrat dan vitamin C yang terdapat di dalamnya dapat membantu melarutkan gula dan lemak di dalam tubuh, serta rendah akan kalori. Oleh karenanya, dengan mengonsumi segelas air hangat yang sudah dicampurkan perasan jeruk nipis setiap harinya dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan, membantu melancarkan pencernaan, sekaligus membantu proses detoksifikasi. Maka dari itu manfaat jeruk nipis untuk diet bisa membantumu untuk memiliki tubuh yang sehat juga.

Selain itu, dengan kombinasi jeruk nipis dan madu, kamu tidak hanya akan mendapat manfaat jeruk nipis, namun sekaligus juga mendapat manfaat dari madu. Kalau untuk diet, madu sendiri memiliki beberapa manfaat seperti memberikan energi tambahan agar kamu tidak mudah lapar, serta meningkatkan sistem pencernaan.

Rasa jeruk nipis yang sangat asam mungkin tidak terlalu disukai oleh beberapa orang. Dengan menambahkan 1 sendok madu pada segelas air hangat yang telah diberi perasan jeruk nipis, kamu tentunya tidak perlu cemas lagi dengan rasa asam tersebut. Namun, dalam mendapatkan manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet ini, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bila memiliki riwayat masalah lambung atau gigi sensitif.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Cepat

Banyak orang menginginkan menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan manfaat jeruk nipis kamu bisa mencobanya.

Ilustrasi DietIlustrasi Diet © 2020 https://rawpixel.com/

Mengoptimalkan pembakaran lemak

Meski diet jeruk nipis bagi beberapa orang dipercaya bisa menurunkan berat badan, hal itu tidak serta merta mengonsumsi jeruk langsung membakar lemak di tubuh. Karena pada dasarnya, tidak satu pun makan yang memiliki kemampuan untuk membakar lemak. Namun, manfaat jeruk nipis untuk diet kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat. Menurut sebuah penelitian, zat-zat tersebut bisa membakar lemak hingga 30% lebih banyak ketika kamu beraktivitas dan berolahraga.

Ini karena kandungan dalam jeruk nipis mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh. Maka, ketika kamu beraktivitas fisik, lemak dan gula dalam tubuh akan diubah lebih cepat menjadi sumber energi. Hal ini tentu baik untuk membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Menunda rasa lapar

Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat bisa membuat kenyang lebih lama. Begitu juga saat kamu menjalankan diet jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk diet menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini bisa membuatmu merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Sehingga godaan untuk konsumsi camilan berlebihan bisa diatasi.

Meningkatkan sistem pencernaan

Jika kamu memiliki masalah pencernaan, maka hal ini akan membuatmu lebih susah untuk menjalankan diet. Sedangkan, jika kamu menjalankan diet jeruk nipis maka kandungan senyawa flavonoidnya dapat melancarkan pencernaan. Dengan begitu, tubuh pun jadi tak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Pasalnya, timbunan zat-zat sisa tersebut bisa membuat perut dan pinggang tambah lebar.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet dan Kecantikan

Selain itu manfaat jeruk nipis untuk diet juga bisa untuk kecantikan. Berikut manfaat jeruk nipis untuk diet dan kecantikan.

Ilustrasi DietIlustrasi Diet © 2020 https://rawpixel.com

Menurunkan berat badan

Teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Caranya mudah dengan menyiapkan satu kantung teh celup atau 3 sendok teh, kemudian peras satu buah jeruk nipis. Kemudian seduh bahan-bahan tersebut dengan segelas air panas. Konsumsi teh tersebut secara rutin.

Menjaga berat badan ideal

Manfaat jeruk nipis untuk diet dapat memperlancar metabolisme tubuh. Oleh karena itu, bagi kamu yang mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet agar berat badan terjaga, minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari agar berat badan ideal terjaga.

Menghilangkan bau badan atau ketiak

Manfaat jeruk nipis untuk diet juga kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika kamu mengaplikasikan deodoran pada ketiakmu. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

Mencerahkan wajah

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2020 https://www.diadona.id

Manfaat jeruk nipis untuk diet kaya akan antioksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.

Caranya :

- Peras 1 buah jeruk nipis
- Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah
- Diamkan beberapa menit
- Cuci muka dengan air bersih

Menghilangkan dan mengobati jerawat

Sifat antibiotik jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencampurnya dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

Mengencangkan kulit

Selain mencerahkan wajah, manfaat jeruk nipis untuk diet juga dapat digunakan sebagai cara mengencangkan wajah yang alami.

Membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam

Manfaat jeruk nipis untuk diet lainnya adalah untuk membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam.

Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Bagi kamu yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, kamu bisa mengaplikasikan jeruk nipis untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.

Menebalkan rambut

ilustrasi rambutilustrasi rambut © wallpaperswide.com

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Kamu dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut atau untuk mengatasi kebotakan.

Menghilangkan ketombe

Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Setelah mengetahui manfaat jeruk nipis di atas, apakah kamu semakin bersemangat untuk menggunakan jeruk nipis? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar