17 Tips Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan, Tetap Kenyang Tanpa Kelaparan

Reporter : Arifina
Selasa, 13 Juni 2023 20:07
17 Tips Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan, Tetap Kenyang Tanpa Kelaparan
Ini nih tips biar tetap kenyang tanpa makan berlebihan!

Nafsu makan yang berlebihan bisa memunuculkan berbagai masalah kesehatan. Makan berlebihan juga dapat mengganggu program diet yang tengah kamu jalani untuk menjaga berat badan atau menerapkan pola makan sehat.

Mengendalikan nafsu makan yang berlebihan memang membutuhkan disiplin dan kesadaran diri. Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips mmengurangi nafsu makan tapi tetap kenyang!

1 dari 17 halaman

1. Terapkan Jadwal Makan

Tips Mengurangi Nafsu Makan © Diadona

Menerapkan jadwal makan bisa mengatasi nafsu makan berlebih lho! Jika kamu terbiasa makan tiga kali sehari, yakni saat sarapan, makan siang, dan makan malam 4 jam sebelum tidur maka coba buat jadwalnya secara rutin.

Pastikan kamu makan di jam yang sudah kamu sesuikan. Dengan begitu kamu dapat menekan nafsu makan berlebih karena rasa kenyang di perut lebih terjaga.

2 dari 17 halaman

2. Biasakan Makan Perlahan

Hindari makan dengan terburu-buru, sebab hal ini justru akan membuat nafsu makanmu tinggi. Makan dengan ritme terlalu cepat juga menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu.

Karena itu, mulai biasakan untuk mengunyah makanan dengan perlahan dalam 32-33 kunyahan. Cara ini rasa kenyang lebih lama akan terasa.

3 dari 17 halaman

3. Tambahkan Porsi Protein

Asupan protein yang masuk ke dalam tubuh dengan tepat akan menekan nafsu makan berlebihan. Kamu bisa menambahkan menu berprotein tinggi di setiap makanan yang kamu makan.

Dalam tubuh, setidaknya perlu mengonsumsi kandungan protein sebanyak 20-3- persen dalam porsi makanan.

4 dari 17 halaman

4. Pilih Kalori Solid

Dalam makanan terdapat dua jenis kalori, yakni kalori solid dan cairan. Jenis makanan kalori solid harus dikunyah sebelum ditelan.

Sementara, kalori cairan biasanya terdapat dalam jus atau soda yang tinggal diminum saja. Sebuah penelitian menyebut mengunyah akan membuat lebih kenyang, karenanya makanan padat lebih cepat membantu menurunkan nafsu makan.

5 dari 17 halaman

5. Pilih Makanan Berserat Tinggi

Tips Mengurangi Nafsu Makan © Diadona

Cara ini dapat menjadi alternatif untuk mengurani nafsu makan berlebih lho! Yakni, dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat.

Buah-buahan, kacang polong dan sayuran hijau sangat dianjurkan untuk asupan makanan berserat dalam tubuh. Orang yang selalu rutin makan dengan kandungan serat tinggi akan merasa kenyang lebih lama.

6 dari 17 halaman

6. Hindari Stres

Hindari segla hal yang memicu tingkat stres. Hal ini agar keinginan makan tetap terkendali bukan karena lapar mata saja.

Kamu bisa menerapkan metode mindful eating, yaitu melatih kesadaran penuh saat makan. Sehingga, kamu akn lebih peka terhadap rasa lapar dan kenyang.

7 dari 17 halaman

7. Batasi Minum Alkohol

Mengonsumsi alkohol justru akan memicu nafsu makan tinggi. Karenanya, mengurangi atau membatasi minum alkohol sangat dianjurrkan untuk menekan nafsu makan.

Ini menjadi solusi sederhana agar nafsu makan terkontrol dan asupan kalori dalam tubuh yang masuk tetap stabil.

8 dari 17 halaman

8. Perbanyak Minum Air Putih

Tips Mengurangi Nafsu Makan © Diadona

Sebuah penelitian menyatakan, meminum air setidaknya 1,5 liter setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan nafsu makan dan berat badan lho! Mudah, dan simpel untuk dilakukan.

Meminum air putih sebelum makan juga terbukti dapat meningktkan rasa kenyang setelah makanan habis.

9 dari 17 halaman

9. Minum Kopi

Kopi dinilai ampuh meniungkatkan pelepasan hormon peptida YY (PYY). hal itu dipercaya bisa meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

Para ilmuwan percaya hormon PYY amat menentukan banyaknya makanan yang kita santap. Krena itu, minum kopi dipercaya bisa menurunkan nafsu makan.

10 dari 17 halaman

10. Konsumsi Teh Herbal

Teh herbal juga dinilai ampuh menurunkan nafsu makan nih! Selain itu, peneliti membuktikan meminum teh herbal secara teratur dapat meningkatkan suaana hati lho!

Namun, tetap harus diimbangi dengan olahraga teratur agar efeknya terasa dalam tubuh ya!

11 dari 17 halaman

11. Olahraga Sebelum Makan

Olahraga teratur rupanya dapat mengurangi nafsu makan dengan efektif lho! Bahkan, sesaat setelah berolahraga terutama melakukan m=olahraga berat, nafsu makan dapat berkurang.

Karenanya, berolahraga sebelum makan bisa kamu lakukan untuk menekan nafsu makan.

12 dari 17 halaman

12. Konsumsi Cokelat Hitam

Mengonsumsi cokelat juga bisa menekan nafsu makan lho! Asalkan, kamu memilih jenis cokelat hitam ya!

Penelitian menyebut, beberpa respoden yang mengonsumsi cokelat hitam berhasil mengurangi porsi makan.

13 dari 17 halaman

13. Konsumsi Jahe

Bahan makanan jahe cukup ampuh untuk mengurangi nafsu makan. Bahkan, menginsumi jahe juga dapat meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

14 dari 17 halaman

14. Makan Makanan Pedas

Tips Mengurangi Nafsu Makan © Diadona

Buat kamu yang hobi makan pedas, ini slah satu cara untuk mengurangi nafsu makan berlebih. Ternyata, bahan rempah-remph sepertu cabai dan paprika bisa meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Hal itu karena dua kandungan yang dimiliki keduanya, yakni capsaicin dan capsiate. Tapi, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut, karena baru berhasil untuk skala kecil.

15 dari 17 halaman

15. Perhatikan Ukuran Garpu untuk Makan

Alat makan memengaruhi nafsu makan lho! Salah satunya, garpu. Jenis garpu yang besar dapat mengurangi nafsu makan, namun jika sendok tidak berlaku ya.

Kemudian, makan dengan piring yang lebih kecil. Ini akan membuat kita berpikir piring sudah penuh dan makan telah lebih dari cukup.

16 dari 17 halaman

16. Bayangkan Makanan Idaman

Menurut beberapa peneliti, membayangkan makanan idaman saat makan akan menurunkan keinginan kita untuk melahapnya. Ini ampuh untuk menguarangi nafsu makanmu deh!

17 dari 17 halaman

17. Penuhi Kebutuhan Asam Lemak Omega-3

Dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 akan meningkatkan leptin dalam tubuh. Ini adalah hormon yang mampu mengurangi nafsu makan.

Namun, efek ini baru berhasil pada seorang dengan kondisi obesitas.

Itulah sederet tips mengurangi nafsu makan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar