9 Manfaat Tomat untuk Diet, Buah Kaya Nutrisi yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Reporter : Arifina
Senin, 8 Mei 2023 20:07
9 Manfaat Tomat untuk Diet, Buah Kaya Nutrisi yang Ampuh Turunkan Berat Badan
Kamu lagi diet? Cobain sering-sering makan tomat deh!

Buah tomat umumnya digunakan sebagai tambahan untuk bahan memasak atau sekedar dimakan dan dibuat jus. Rasanya yang segar bisa menambah selera saat memakannya.

Tak hanya lezat, rupanya tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho! Salah satunya, untuk diet. Buah berwarna kemerahan berbentuk bulat ini memiliki banyak nutrisi yang rendah kalori.

1 dari 11 halaman

Buah tomat juga dipercaya sebagai makanan yang ampuh menjaga kesehatan jantung, hingga mencegah kanker. Selain untuk kesehatan dan diet, tomat juga kaya manfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin C dan likopen dalam buah ini disebut-sebut dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Lantas, apa saja sih manfaat tomat bagi kamu yang sedang menjalani diet? Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber!

2 dari 11 halaman

Tinggi Serat

Manfaat tomat untuk diet © Diadona

Tomat yang bulat itu banyak mengandung serat yang tinggi  sekitar 1,5 gram per 100 gramnya. Serat inilah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami dan memperbaiki pencernaan.

3 dari 11 halaman

Rendah Kalori

Tak hanya tinggi serat, tomat juga rendah kalori. Bahkan, terbilang sangat rendah, yaitu 18 kalori per 100 gram.

Karena itulah, buah tomat sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan atau bahan makanan dalam menu diet rendah kalori kamu nih!

4 dari 11 halaman

Rendah Lemak

Manfaat tomat untuk diet © Diadona

Mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, tentu saja itu karena kandungan dalam tomat yang rendah lemak. Buah ini disarankan dikonsumsi buat kamu yang khsusunya menjalani diet rendah lemak dan rendah kolesterol lho!

5 dari 11 halaman

Ampuh Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Buah berbentuk bulat dengan warna merah ini memiliki indeks glikemik rendah. Kandungan inilah yang dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Manfaat makan tomat secara rutin dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh.

6 dari 11 halaman

Tomat Mengandung Air yang Tinggi

Cara Menyimpan Tomat Agar Tahan Lama © Diadona

Memakan tomat membuat proses diet kamu lebih cepat berhasil jika rutin dijalankan. Sebab, dalam satu buah tomat mengandung air yang banyak dimana hal itu dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kandungan air ini juga dipercaya ampuh mengontrol nafsu makan. Tentunya, ini sangat membantu untuk program diet kamu ya!

7 dari 11 halaman

Tomat dapat Mengurari Risiko Obesitas

Sebuah penilitian di Taiwan menyebutkan, mengonsumsi tomat amat membantu mengurangi risiko obesotas pada orang dewasa. Hal itu karena terdapat kandungan senyawa lycopene di dalam tomat.

Kandungan tersebut dinilai dapat membantu mengatur metabolisme dalam tubuh. Memakan tomat dengan rutin dapat mengurangi penumpukan lemak yang mencegah risiko obesitas deh!

8 dari 11 halaman

Tomat dapat Turunkan Tekanan Darah

Manfaat tomat untuk diet © Diadona

Mengandung kalim yang tinggi, tomat dapat menurunkan tekanan darah lho! Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Queen Mary di London mengungkapkan, mengonsumsi sup tomat setiap hari selama 8 minggu ampuh dalam menurunkan tekanan darah pada seorang penderita hipertensi.

9 dari 11 halaman

Tomat dapat Mengurangi lemak Visceral

Buah tomat dapat mengurangi lemak visceral, yaitu lemak yang menumpuk di sekitar organ tubuh seperti hati dan pankreas. Karenanya, jika rutin mengonsumsi jus tomat setidaknya selama 8 minggu maka dapat mengurangi lemak tersebut.

10 dari 11 halaman

Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Membuat Masker Tomat untuk Jerawat © Diadona

Mengonsumsi tomat secara rutin dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh lho! Hal ini karena ada kandungan lipid di dalam tomat.

Selain itu, kandugan lainnya seperti asam amino dalam tomat ampuh membantu tubuh dalam membakar lemak.

Beri Komentar