Padahal Pas Sahur Udah Makan Banyak, tapi Kenapa Puasa Ngerasa Sering Pusing Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 6 April 2022 17:03
Padahal Pas Sahur Udah Makan Banyak, tapi Kenapa Puasa Ngerasa Sering Pusing Ya?
Pernah ngalamin kayak gini juga nggak?

Saat sedang berpuasa seperti sekarang ini, kita memang dianjutkan untuk sahur tepat sebelum memasuki waktu salat shubuh. Biasanya, masyarakat Indonesia akan mempersiapakan berbagai makanan biar bisa kuat menjalani puasa seharian.

Meski kita sering merasa sudah memenuhi kebutuhan nutrisi agar kuat berpuasa, kita justru sering pusing tiba-tiba. Masa gara-gara THR belum turun sih? ah nggak mungkin deh! Terus kenapa nih? sini kita lihat penjelasannya bareng-bareng!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Kadar Gula Darah Rendah © Diadona

Nah, menurut dr. Denta dalama penjelasannya di akun Twitter pribadinya, ada beberapa hal yang menjadi sebab kita tiba-tiba lemas dan mengalami sakit kepala. Pertama disebut sebagai hipoglikemia, apa itu?

Simplenya, hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah normal. Gula darah atau glukosa merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti, kentang, atau susu, glukosa juga diproduksi secara alami oleh hati.

2 dari 5 halaman

 

Bila kadar gula dalam darah rendah, maka tubuh akan kekurangan energi untuk beraktivitas. Intinya, selama kita memenuhi asupan glukosa dalam tubuh akan sangat kecil kemungkinan pusing dan lemas terjadi. Nah, selain itu apa lagi ya penyebabnya?

Pola makan juga bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan kita, terutama kepala yang pusing saat berpuasa. Biasanya, karena kita khawatir lemas saat berpuasa, kira akan berusaha sekuat tenagah mengonsumis makanan sebanyak-banyaknya.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Apalagi, kalau yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka puasa, didominasi oleh asupan karbohidrat dan gula tambahan. jika ini terjadi, sirkulasi darah menjadi tak lancar hingga menyebabkan darah tak mengalir ke otak. Terus gimana dong?

dr. Denta juga memberikan tips mudah agar kita tak gegabah makan dalam porsi besar saat berbuka puasa. Berbukalah dengan air putih dan makan buah-buahan. Barulah nanti ketika usai tarawih, kita dianjurkan makan berat.

4 dari 5 halaman

Sebenarnya hal terpenting supaya puasa tetap lancar dan energi tubuh tetap terjaga adalah menjaga asupan cairan. Semua sel, organ, dan jaringan tubuhmu terbuat dari air sehingga sangat penting untuk mengingat hal ini saat berpuasa. Meskipun kamu tidak makan, penting untuk tetap melembapkan diri sendiri.

Paling penting untuk diperhatikan saat berpuasa adalah elektrolit. Bahkan, melakukan puasa yang diperpanjang sangat lama tanpa asupan elektrolit yang tepat bisa sangat berbahaya. Elektrolit adalah bahan kimia yang sangat penting untuk berbagai proses fisiologis tubuh. Kontraksi otot, impuls saraf, detak jantung, tekanan darah, dan penembakan neuron otak semuanya membutuhkan mineral dan nutrisi tertentu.

 

Beri Komentar