Ramadan Tiba, Ini 3 Hal yang Perlu Disiapkan Jika Lansia Tetap ingin Berpuasa

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 3 April 2022 08:27
Ramadan Tiba, Ini 3 Hal yang Perlu Disiapkan Jika Lansia Tetap ingin Berpuasa
Bagi lansia yang tetap jalankan puasa, simak beberapa hal ini, yuk~

Sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk berpuasa ketika bulan ramadan tiba. Namun untuk lansia, hal tersebut perlu dipertimbangkan sebab keadaan tubuh belum tentu seprima ketika masih muda dulu.

Namun, bagi mereka lansia yang tetap ingin berpuasa, tentu dipersilahkan. Sebab puasa sendiri membantu memnurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Beberapa hal tentu perlu dipersiapkan dengan matang jika lansia ingin tetap berpuasa di bulan Ramadan. Melansir dari Hellosehat.com, ini persiapannya.

 

1 dari 4 halaman

Perbanyak Minum

Minum Air Putih Sisa Semalaman Ternyata Bahaya Banget!Minum Air Putih Sisa Semalaman Ternyata Bahaya Banget! © Pexels

Ketika berpuasa, kadar air tentu cepat berkurang. Sebab semua yang berpuaa, termasuk lansia, hanya bisa minum sebelum dan sesudah berbuka puasa. Pastikan perbanyak minum air putih yang saat berbuka puasa dan sebelum imsak tiba.

Di samping itu, hindari sejauh mungkin kafein, seperti teh, kopim dan lain sebagainya. Sebab kafein bisa membuat orang gampang kencing, terlebih lansia yang punya masalah pengontrolan kandung kemih. Jika tidak, bisa-bisa nanti dehidrasi.

 

2 dari 4 halaman

Makanan Sehat Seimbang

Semua orang perlu makanan sehat seimbang. Namun khusus lansia apalagi mau berpuasa, hal tersebut wajib. Sebelum imsak dan berbuka puasa, lansia bisa perbanyak makan buah dan sayur, jangan lupa juga sumber protein seperti daging dan ikan, serta gandum utuh seperti oatmeal.

Kalau perlu tambahan suplemen lebih baik, bisa juga berupa susu. Sebab susu pun merupakan sumber protein yang baik, vitamin dan juga mineral. Terdapat juga kalsium, vitamin D, E B6, dan B12, yang sangat baik untuk tahan tubuh lansia selama berpuasa.

 

3 dari 4 halaman

Perbanyak Aktivitas Fisik

Ilustrasi Lansia OlahragaIlustrasi Lansia Olahraga © Shutterstock.com

Meskipun lansia berpuasa, bukan berarti seharian rebahan saja, ya. Justru perbanyak gerak sangat bagus untuk kesehatan lansia. Selama berpuasa, bisa bergerak-gerak ringan saja. Untuk berolahraga bisa dilakukan di waktu sahur dan setelah berbuka, yang ringan-ringan saja. Peran penting orang-orang terdekat sangat penting di sini.

Lansia bisa berjalan-jalan di seikitar komplek, atau olahraga rumahan seperto yoga, senam ringan, bahkan bersih-bersih rumah pun termasuk aktivitas fisik yang bermanfaat.

 

Beri Komentar