Sering Jadi Menu Andalan, Bagus Gak Sih Awali Buka Puasa dengan Teh?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 4 April 2022 17:27
Sering Jadi Menu Andalan, Bagus Gak Sih Awali Buka Puasa dengan Teh?
Apalagi ketika buka bersama bareng teman-teman, biasanya sih buka puasanya diawali dengan teh.

Teh merupakan salah satu menu andalan masyarakat untuk berbuka puasa. Entah itu es teh manis, atau bahakn teh hangat. Memang, segar banget kayaknya kalau berbuka dengan teh. Namun, apakah teh sebenarnya bagus untuk kesehatan untuk menu berbuka puasa?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Minum Teh © Diadona

Ternyata melansir dari Kompas.com, dr. Dien Kalbu Ady, dokter RS PKU Muhammadiyah Surakarta, teh kurang baik dikonsumsi di bulan puasa ini. Berbuka puasa langsung dengan teh bisa menggangu penyerapan protein dan zat besi makanan nantinya.

Kepala Unit Gizi RS JIH Solo, Himaa Aliya, S.Gz, juga mengungkapkan hal yang senada, bahwa teh bisa mengganggu penyerapan protein dan zat besi. Padahal, kedua zat tersebut penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan.

 

2 dari 4 halaman

Himma menyarankan untuk meminum teh 1-2 jam sebelum atau setelah makan. Alasannya agar zat pada teh nantinya tidak mengganggu proses penyerapan nutrisi dalam makanan.

" Jika setelah makan ingin minum teh, beri jeda waktu setidaknya 1/2 jam sampai 1 jam."

 

3 dari 4 halaman

Selain itu, teh bersifat diuretik, sehingga membuat seseorang yang mengonsumsinya jadi sering ingin buang air kecil. Selama puasa, tubuh tentu membutuhkan cairan, sehingga sangat penting untuk menjaga cairan tubuh. Namun, teh bisa membuat buh terasa tetap dehidrasi karena cairan yang banyak dikeluarkan setelahnya.

Teh memang kurang baik jadi menu awal berbuka puasa. Jadi, cermat dalam berbuka agar tetap sehat dan kuat, ya!

Beri Komentar