8 Tips Agar Daging Tidak Alot, Memasak Lebih Mudah dan Tak Makan Waktu

Reporter : Arifina
Rabu, 28 Juni 2023 17:17
8 Tips Agar Daging Tidak Alot, Memasak Lebih Mudah dan Tak Makan Waktu
Ini nih tips agar daging tidak alot nggak pakai lama!

Rasa alot pada daging menjadikan makanan satu ini kurang nikmat disantap. Hal itu disebabkan karena cara pengolahan yang kurang tepat.

Mengolah daging memang tidak mudah, tapi dengan trik khusus daging yang alot akan lebih empuk. Daging yang empuk dan mudah dikunyah menjadikan rasanya lebih enak dan lezat.

Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips agar daging tidak alot. Simak yuk!

1 dari 8 halaman

Bungkus Daging dengan Daun Pepaya

Tips Agar Daging Tidak Alot © Diadona

Siapkan daun pepaya secukupnya, remas-remas agar getahnya keluar. Kemudian, gunakan daun pepaya untuk membungkus daging dan diamkan kurang lebih 1 jam sebelum direbus atau diolah.

Membungkus daging dengan daun pepaya sudah banyak dilakukan oleh masyarakat pedesaan lho! Cara ini adalah langkah mudah untuk membuat daging agar tidak alot.

2 dari 8 halaman

Beri Taburan Garam

Taburkan garam di seluruh permukaan daging sebelum memasaknya. Diamkan kurang lebih selama 1 jam, lalu bersihkan dan bilan dengan air matang lalu olah sesuai selera.

Dengan menaburi garam, maka daging yang dimasak bakal empuk lebih cepat. Hal ini karena garam bisa membantu menghancurkan protein pada daging yang membuat tekstur juga lebih melunak.

3 dari 8 halaman

Rendam dengan Nanas

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Potong-potong buah nanas, lalu gunakan untuk merendam daging. Namun, perhatikan waktunya agar tidak terlalu lama agar tidak menjadi hancur saat dimasak.

Cukup diamkan beberapa saat untuk mendapati hasil daging yang empuk ketika diolah menjadi masakan. Kandungan asam pada nanas inilah yang bisa membuat daging menjadi tidak alot.

4 dari 8 halaman

Perhatikan Teknik Pemotongan Daging

Teknik memotong daging cukup berpengaruh pada tekstur daging saat dimasak. Dianjurkan untuk memotong daging tepat pada bagian seratnya agar lebih pendek.

Sebab, semakin panjang serat maka daging justru semakin alot. Selain dipotong, bisa juga dengan memukul daging agar seratnya terputus.

5 dari 8 halaman

Gunakan Baking Powder

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Tak hanya untuk membuat kue, baking powder rupanya cukup efektif untuk membuat daging tidak alot lho! Cukup taburkan baking pwder secukupnya ke daging secara merata.

Diamkan semalaman sebelum daging dimasak keesokan harinya. Merendam daging dengan baking powder juga bisa dilakukan bersamaan dengan bumbu-bumbu marinasi lho!

6 dari 8 halaman

Hindari Memasak dengan Api Besar

Alih-alih menggunakan api besar saat memasak agar cepat matang, mengolah daging justru dianjurkan menggunakan api kecil. Cara ini akan membuat daging matang sempurna dan teskturnya cenderung lebih lunak.

Penggunaan api kecil ini juga membantu bumbu-bumbu meresap ke dalma daging. Sehingga, rasa daging yang diolah lebih lezat.

7 dari 8 halaman

Pakai Teknik 5-30-7

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Rebuslah daging menggunakan teknik 5-30-7 untuk mendapati rasa tidak alot. Teknik ini sudah banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga sejak lama.

Strategi ini merupakan cara merebus dalam waktu awal 5 menit, kemudian didiamkan selama 30 menit tanpa membuka tutupnya, lalu merebus kembali di waktu 7 menit. Hasilnya, dijamin daging lebih empuk saat diolah menjadi menu makanan favorit keluarga.

8 dari 8 halaman

Marinasi Daging

Marinasi daging juga salah satu tips membuat daging tidak alot. Gunakan bahan-bahan seperti air perasan lemon, cuka maupun buttermilk saat proses marinasi daging ya!

Selain menjadikan daging cepat melunak, cara ini juga sebagai penambah cita rasa.

Itulah sederet tips agar daging tidak alot. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar