5 Tips Menyimpan Daging Tanpa Kulkas Agar Tidak Rusak dan Tahan Lama

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 28 Juni 2023 15:48
5 Tips Menyimpan Daging Tanpa Kulkas Agar Tidak Rusak dan Tahan Lama
Tips ini berfungsi banget ketika kamu nggak punya kulkas dan bikin daging awet tahan lama.

Momen Idul Adha identik dengan melimpahnya daging kurban, baik sapi maupun kambing. Karena tak akan habis dalam satu-dua kali memasak, daging yang didapat bisa disimpan di freezer dan bisa tahan hingga berbulan-bulan. Tapi bagaimana bila tak ada kulkas untuk menyimpan daging

Umumnya, daging mentah harus disimpan di suhu rendah untuk menjaga kualitasnya. Sebab daging mentah adalah tempat ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya. Saat disimpan di freezer atau kulkas, suhu rendah mampu memperlambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme yang bisa membuat daging cepat busuk.

1 dari 5 halaman

Tips Menyimpan Daging Tanpa Kulkas © Diadona

Jemur Daging

Mengeringkan daging adalah metode yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk menyimpan daging tanpa kulkas. Pertama, kamu bisa menaburi garam pada daging yang sudah diiris tipis lalu keringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan oven.

Metode mengeringkan bekerja dengan menghilangkan kadar air yang ada di seluruh daging. Tanpa adanya kelembaban, mikroorganisme yang bertanggung jawab atas pembusukan seperti bakteri, ragi, dan lainnya tidak dapat bertahan dan berkembang yang pada akhirnya akan mati. Pastikan untuk membuang semua kulit dan lemak dari daging sebelum dipotong dan potong irisan daging setipis mungkin agar membuat daging bisa matang lebih kering.

2 dari 5 halaman

Pengasapan Daging

Mengasapi adalah metode lain untuk mengawetkan daging yang dapat disesuaikan dengan lingkungan dan situasi. Proses kerjanya menggunakan asap dan panas untuk mengeringkan daging sekaligus memberikan rasa yang khas. Pengasapan bekerja dengan cara yang hampir sama dengan pengeringan, dengan menghilangkan kadar air dari daging yang mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan. 

Metode mengasapi lebih efektif dalam menghancurkan bakteri. Sebab,  asap mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai fenol dan senyawa lain yang diserap ke dalam daging selama proses pengasapan. Bahan kimia ini bertindak sebagai pengawet alami dan membantu memperpanjang umur simpan daging yang sekarang diasap.

Bagaimana cara mengasapi daging? Yakni letakkan daging pada wadah khusus lalu asapi dari bawah. Pastikan seluruh bagian daging terkena asap secara merata. Sebelum diasapi, daging bisa direndam dengan air garam terlebih dahulu atau tidak.

Proses pengasapan daging bisa dilakukan dengan suu 35-40 derajat celcius selama kurng lebih 4-8 jam. 

3 dari 5 halaman

Tips Menyimpan Daging Tanpa Kulkas © Diadona

Lumuri Daging dengan Garam

Tips menyimpan daging tanpa kulkas lainnya yakni dengan melakukan metode penggaraman. Metode ini memanfaatkan sifat garam yang akan menaik air keluar, sehingga kadar air pada daging jadi berkurang. Lebih lanjut, ketiadaan air akan mengganggu pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab daging rusak.

Penggaraman biasanya dilakukan dengan dua metode. Pertama dilakukan cukup sederhana membungkus potongan daging dengan garam. Metode kedua melibatkan daging yang direndam dalam larutan yang sangat asin, kadang-kadang disebut brining. Dengan metode penggaraman, daging memang akan lebih awet tanpa kulkas tapi akan mengubah rasa daging menjadi lebih asin.

4 dari 5 halaman

Daging Kaleng

Metode pengawetan daging yang paling umum terakhir adalah metode pengalengan. Pengalengan melibatkan menyegel daging dalam wadah dan kemudian memanaskannya untuk menghancurkan semua mikroorganisme yang mampu merusak makanan.

Dalam kondisi normal, produk kalengan dapat disimpan dengan aman pada suhu kamar tanpa perlu batas waktu. Namun, karena masalah kualitas ada baiknya untuk mencantumkan tanggal pembuatan agar tahu kapan daging tersebut dibuat dan sebaiknya hingga kapan daging tersebut baik untuk dikonsumsi.

Untuk metode pengalengan, kamu juga bisa menggunakan toples atau jar kaca tahan panas yang ada di rumah.

5 dari 5 halaman

Simpan di Cooler Box

Cara ini mungkin bukan tips menyimpan daging tanpa kulkas, tapi bisa kamu manfaatkan untuk handling daging selama dalam perjalanan atau beberapa waktu saja. Caranya, bungkus daging di wadah kedap udara. Kamu bisa menggunakan pengemasan vakum, ziplock atau clipwrpa Tujuannya untuk meminimalisir keberadaan udara di sekitar daging.

Masukkan daging ke dalam cooler box lalu kubur dagingnya menggunakan es batu. Secara perlahan, es batu memang akan mencair tapi cooler box akan membantu menahan suhu dingin terperangkap di dalamnya.

Dengan cara demikian, daging bisa tahan tanpa kulkas selama beberapa waktu.

Nah, di antara tips menyimpan daging tanpa kulkas di atas, mana yang mungkin untuk kamu lakukan?

Editor : Intan Lathifah

[crosslink_1]

Beri Komentar