Resep Kue Sagu Keju 1 Kg, Camilan Lebaran yang Super Lembut, Manis, dan Gurih dalam Setiap Gigitan

Reporter : Arifina
Selasa, 19 Maret 2024 19:07
Resep Kue Sagu Keju 1 Kg, Camilan Lebaran yang Super Lembut, Manis, dan Gurih dalam Setiap Gigitan
Kue kesukaan siapa nih? Yuk, coba buat!

Resep kue sagu keju 1 Kg bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah lho! Kue kering satu ini bisa untuk kamu jadikan camilan harian bareng keluarga hingga hidangan jajanan Lebaran.

Kue sagu bisa dikatakan salah satu jenis kue kering khas Indonesia. Olahan kue kering satu ini memiliki rasa khas perpaduan manisnya dari gula dan gurihnya dari keju yang begitu nikmat.

1 dari 6 halaman

Resep Kue Sagu Keju 1 Kg © Diadona

Tekstur renyah dari sagu sebagai bahan utama kue kering ini membuatnya semakin lezat. Tak ayal, jika kue sagu menjadi salah satu yang banyak disukai semua kalangan.

Nah, sebentar lagi Lebaran akan tiba. Kamu bisa banget membuat kue sagu ini sebagai isian toples buat tamu dan keluarga nih!

Cara membuat kue sagu untuk jajanan Lebaran tidak begitu sulit dengan bahan-bahan yang tentunya juga mudah didapatkan di pasaran. Simak resepnya berikut!

2 dari 6 halaman

Resep Kue Sagu Keju 1 Kg

Dengan bahan utama 1 kg tepung sagu, kamu bisa menghasilkan setidaknya sekitar 5 porsi kue nih. Perhatikan bahan-bahan yang digunakan ya, pastikan selalu yang berkualitas agar hasilnya lebh lezat.

Bahan-Bahan:

  • 1 kg tepung sagu
  • 5 butir kuning telur
  • 500 gram keju parut
  • 300 gram gula halus
  • 400 gram mentega
  • 90 ml santan
  • 25 gram susu bubuk putih
  • 100 gram butter
  • 40 gram tepung maizena
  • 2 lembar daun pandan

 

3 dari 6 halaman

Cara membuat Kue Sagu Keju 1 Kg

Resep Kue Sagu Keju 1 Kg © Diadona

Sangrai terlebih dahulu tepung sagu dengan campuran daun pandan. Sangrai hingga tepung berbau harum dan ringan.

Biarkan tepung dingin di ruhu ruangan, sisihkan dahulu.

Selanjutnya, campur mentega, butter dan gula halus dalam wadah. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai berubah warna menjadi kuning pucat.

Masukkan kuning telur ke daplan adonan mentega satu per satu, kemudian tuangkan santan. Kocok lagi dengan micer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.

 

4 dari 6 halaman

Tambahkan keju, tepung sagu, tepung maizena, dan susu bubuk dalam adonan mentega tersebut. Aduk rata menggunakan spatula saja.

Langkah berikutnya, cetak kue sagu dengan memasukkan adonan ke dalam plastik segitiga. Lalu beri spuit bentuk bintang atau bunga di bagain ujungnya.

Gunting ujung plastiknya, kemudian keluarkan adonan dari spuit dan bentuk adonan sesuai selera. Letakkan adonan yang dibentuk di atas loyang yang sudah diolesi sedikit margarin.

5 dari 6 halaman

Resep Kue Sagu Keju © Diadona

Beri jarak antar adonan kue sagu di atas loyang sedikit saja. Lakukan proses ini sampai semua adonan habis ya, lalu, kue siap dipanggang.

Panaskan oven terlebih dahulu, panggang kue di suhu 150 derajat Celcius hingga matang. Angkat, biarkan kue sagu keju dingin lalu simpan dalam toples kedap udara.

Nah, kue sagu keju siap dinikmati bersama teh hangat ataupun suguhan saat Lebaran tiba.

Itulah resep kue sagu keju 1 Kg yang bisa kamu recook di rumah. Camilan gurih, lumer, dan ngeju banget ini sangat cocok dinikmati bareng keluarga saat momen Lebaran tiba. Selamat mencoba!

Beri Komentar