Melihat dari Dekat Monowi, Kota yang Hanya Dihuni 1 Orang Penduduk!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 2 September 2020 15:20
Melihat dari Dekat Monowi, Kota yang Hanya Dihuni 1 Orang Penduduk!
Seperti apa ya, kota ini?

Kota juga merupakan pusat permukiman dan kegiatan yang memiliki batas wilayah administrasi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Kota biasanya juga dihuni oleh ratusan bahkan ribuan penduduk. Bahkan, watak dari penduduk juga menjadi ciri kehidupan perkotaan.

Namun, bagaimana jika di dalam kota hanya ada satu orang penduduk saja? Emang beneran ada ya?

Ya, sebuah kota di Amerika Serikat bernama Monowi memang terkenal karena hanya memiliki satu orang penduduk saja. Seperti apa sih kota ini? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Monowi

Kota Monowi © Diadona

Monowi merupakan sebuah kota kecil yang berada di Nebraska, Amerika Serikat. Yang menjadikan kota ini unik adalah populasinya yang hanya 1 orang. Satu orang itu adalah seorang wanita bernama Elsie Eiler.

Melansir dari Daily Mail, Elsie Eiler adalah walikota, pegawai desa, bendahara, dan juga penduduk. Ya tentu saja, karena dia adalah satu-satunya orang yang tinggal di Monowi.

Pada tahun 2000 lalu, penduduk Monowi dulunya dua orang, yang tak lain dan tak bukan adalah suaminya. Suami Eiler meninggal pada 2004 sehingga Eiler menjadi satu-satunya orang yang tinggal di Monowi.

2 dari 3 halaman

Sejarah

Kota Monowi © Diadona

Dulu, sekitar tahun 1930-an, Monowi adalah kota yang cukup ramai dengan jumlah penduduk mencapai 150 orang. Monowi merupakan tempat perhentian di jalur kereta api Elkhorn.

Sama halnya seperti kota lain, di Monowi juga terdapat tempat-tempat umum seperti kantor pos, tempat ibadah, sekolah, toko kelontong, restoran, dan bahkan penjara.

Kota ini menjadi sepi setelah perang dunia II. Secara perlahan, penduduk mulai meninggalkan kota tersebut. Hal ini karena kondisi pertanian yang kian memburuk setelah Perang Dunia II.

3 dari 3 halaman

Kehidupan di Monowi

Kota Monowi © Diadona

Meskipun Elsie tinggal sendiri di kota Monowi, ia tetap melanjutkan kehidupannya seperti biasa. Elsie bahkan membuka bar, restoran dan perpustakaan yang ia bangun bersama mendiang suaminya.

Kota Monowi © Diadona

Perpustakaan tersebut diberi nama Rudy's Library yang ia ambil dari nama mendiang suaminya. Meskipun ini perpustakaan kecil, namun ada sekitar 5000 buku bacaan berupa majalah dan buku-buku karya Goethe hingga majalah National Geographic edisi 1950-an.

Kota Monowi © Diadona

Untuk bar-nya, Elsie biasanya membuka bar pada pukul 09.00 dan para pelanggannya adalah masyarakat yang tinggal di sekitar kota yang berjarak 30-48 kilometer dari kota Monowi. Bahkan, sebagian besar pelanggan merupakan mantan penduduk asli dari Monowi.

Bagaimana? Tertarik untuk menemani Nyonya Elsie?

Beri Komentar