Resep Kue Bawang 1 Kg Tepung Terigu, Jajanan Lebaran Super Gurih, dan Praktis Dibuat!

Reporter : Arifina
Jumat, 15 Maret 2024 10:47
Resep Kue Bawang 1 Kg Tepung Terigu, Jajanan Lebaran Super Gurih, dan  Praktis Dibuat!
Menu camilan super praktis, cocok untuk suguhan Lebaran nih!

Resep kue bawang 1 Kg tepung terigu akan menghasilkan camilan super kriuk dan gurih dengan jumlah yang banyak nih! Kue kering satu ini biasanya kerap menjadi salah satu suguhan di meja saat momen Lebaran tiba.

Kudapan ringan satu ini dikenal dengan kelezatannya dan aroma bawang yang khas. Tak ayal, kue bawang menjadi sajian yang tepat untuk menemani waktu luang atau sebagai menu camilan pendamping minum teh hangat di sore hari, hingga acara-acara penting lainnya, termasuk Hari Raya Idul Fitri.

 

1 dari 8 halaman

Resep Kue Bawang 1 Kg Tepung Terigu © Diadona

Kue bawang disebut juga dengan stik bawang, bahkan ada juga yang menamainya kue korek api. Hal ini, karena bentuknya yang cenderung memanjang. Namun, sebenarnya pengolahan kue bawang ini beragam tergantung selera masing-masing.

Tekstur renyah dan cita rasa gurih dari kue bawang ini dihasilkan dari perpaduan dari bahan utama tepung terigu dan santan. Campuran santan inilah yang membuat olahan kue kering satu ini rasanya semakin gurih, kemudian dipadukan dengan bawang yang semakin beraroma.

Nah, buat kamu yang sedang mencari inspirasi untuk membuat kue Lebaran, resep kue bawang 1 kg tepung terigu berikut bisa jadi pilihan lho!

2 dari 8 halaman

Resep Kue Bawang 1 Kg Tepung Terigu

Membuat kue bawang tidaklah sulot, bahkan terbilang cukup praktis dibandingkan olahan kue kering lainnya. Terlebih, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat simpel dan mudah ditemui di pasaran.

Bahan-Bahan:

  • 1 kg tepung terigu
  • 4 butir kuning telur
  • 6 sdm mentega
  • 10 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt garam
  • Santan secukupnya
  • 1/2 sdt lada bubuk

 

3 dari 8 halaman

Cara Membuat Kue Bawang 1 Kg Tepung Terigu

Resep Kue Bawang 1 Kg Tepung Terigu © Diadona

Langkah 1: Persiapan Bahan

Ayak tepung terigu: Ayak tepung terigu ke dalam sebuah wadah besar. Ini untuk memastikan tidak ada gumpalan dan membuat tekstur kue lebih halus.

Tambahkan bawang putih: Setelah tepung terigu diayak, tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam tepung. Campur hingga merata.

 

4 dari 8 halaman

Langkah 2: Membuat Adonan

Tambahkan air: Tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung dan bawang putih sambil terus diaduk. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

Tak perlu menggunakan banyak air, tergantung pada konsistensi adonan yang diinginkan.

Tambahkan mentega, kuning telur dan bumbu: Setelah adonan tercampur rata, tambahkan mentega, kuning telur, garam, dan lada bubuk. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur secara merata dan tidak ada gumpalan.

Masukkan santan: Tuangkan santan kental ke dalam adonan kemudian aduk-aduk kembali sampai tercampur rata. Uleni adonan kue bawang sampai kalis dan tidak lengket di tangan.

 

5 dari 8 halaman

Resep Kue Bawang 1 Kg Tepung Terigu © Diadona

Langkah 3: Bentuk Adonan Kue Bawang

Bentuk adonan: Ambil sebagian kecil adonan dengan sendok atau tangan, lalu bentuk menjadi bulatan kecil, pipihkan atau gilas tipis, dan potong memanjang.

Kamu juga bisa membentuk adonan kue bawang menggunakan gilingan untuk mempermudah. Tinggal digunting-gunting untuk menyesuaikan panjang kue bawang sesuai selera yang diinginkan.

 

6 dari 8 halaman

Langkah 4: Menggoreng Kue Bawang

Panaskan minyak: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menggoreng adonan kue bawang.

Goreng adonan: Masukkan adonan kue bawang yang sudah dibentuk ke dalam minyak panas. Goreng hingga kue bawang berwarna keemasan dan terlihat renyah.

Pastikan saat menggorengnya untuk membalik kue bawang. Hal ini agar kue matang secara merata di kedua sisi.

Angkat dan tiriskan: Setelah matang, angkat kue bawang dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Ulangi proses yang sama untuk sisa adonan hingga habis.

 

7 dari 8 halaman

Ilustrasi Kue Bawang © Diadona

Langkah 5: Penyajian

Kue bawang siap disajikan dan dinikmati. Kamu juga dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk kesegaran yang lebih lama dan sebagai stok Lebaran tiba nanti.

Itulah resep kue bawang 1 Kg tepung terigu yang bisa kamu jadikan untuk sajian hidangan di hari Lebaran nanti. Rasanya dijamin kriuk, dan gurih banget lho! Selamat mencoba ya!

Beri Komentar