Resep Kue Kacang 1/2 Kg Terigu, Super Lembut, Gurih dan Ngeprul untuk Suguhan Hari Raya

Reporter : Arifina
Jumat, 15 Maret 2024 19:07
Resep Kue Kacang 1/2 Kg Terigu, Super Lembut, Gurih dan Ngeprul untuk Suguhan Hari Raya
Bisa direcook buat suguhan Hari Raya Idul Fitri Nih!

Ingin membuat kue Lebaran? Resep kue kacang 1/2 Kg terigu ini bisa jadi referensi kamu. Sebab, kamu tak begitu membutuhkan banyak bahan dalam pembuatannya, dan cukup mudah untuk diikuti cara-caranya.

Kue kacang adalah salah satu variasi dari beragam kue kering. Biasanya kue ini juga cukup dinantikan oleh tamu-tamu ataupun keluarga di momen Lebaran.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah dipadukan dengan isian kacang tanah yang manis dan legit, membuat kue kacang selalu digemari. Jadi, sangat wajar jika jajanan Lebaran satu ini seakan menjadi salah satu yang wajib ada di meja tamu.

1 dari 6 halaman

Resep Kue Kacang 1/2 Kg Terigu © Diadona

Selain untuk momen hari Raya Idul Fitri, kue kacang bisa dibilang salah satu camilan yang cocok disantap saat sedang bersantai. Mengkonsumsi kue olahan kacang ini bisa menambah energi ketika tidak menyantap makanan berat lho!

Kue kacang disebut juga jenis kue klasik. Hal ini karena, olahan camilan ini hadir sejak berabad-abad lalu dan masih banyak digemari hingga saat ini.

Kini, kue kacang juga muncul dengan beragam variasi bentuk yang lucu dan lebih menarik tentunya. Nah, berikut resep yang bisa kamu recook di rumah untuk sajian Lebaran!

2 dari 6 halaman

Resep Kue Kacang 1/2 Kg Terigu

Terbuat dari bahan utama kacang tanah, kue kering satu ini dijamin lezat, super lembut dan ngeprul banget!

Bahan-Bahan:

  • 1/2 Kg tepung terigu
  • 500 gram kacang tanah (sangrai dan haluskan)
  • 3 sdm mentega
  • 250 gram gula halus
  • 3 butir kuning telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 250 ml minyak goreng

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Kacang 1/2 Kg Terigu

Resep Kue Kacang Lembut dan Renyah © Diadona

Langkah awal, campurkan bahan-bahan mulai dari kacang tanah yang sudah dihaluskan dan disangrai dengan tepung terigu, mentega, vanili, gula halus dan garam.

Mixer hingga semua bahan tersebut tercampur merata. Kamu juga bisa mencampur bahan dengan menggunakna spatula ya.

Kemudian, tuangkan sedikit demi sedikit minyak goreng, lalu aduk-aduk sampai tercampur rata. Diamkan adonan, lalu tutup dengan plastik wrap dan kulkas selama 30 menit.

 

4 dari 6 halaman

Keluarkan adonan kue kacang dari kulkas, kemudian mulai pembentukan. Kamu bisa mencetaknya sesuai selera, mulai dari bentuk bulat pipih, bulan, bintang, bunga, hingga model peanut.

Letakkan bentukan adonan kue kacang di atas loyang yang sudah diolesi mentega. Lakukan pembentukan kue sampai adonan habis.

Sementara itu, panaskan oven dengan suhu 150 derajat Celcius. Kemudian, panggan kue di dalam oven selama 10 menit, lalu keluarkan.

Olesi kue yang sudah dipanggang selama 10 menit dengan kuning telur. Agar tampilan kian menarik, kamu juga bisa menghiasi atas kue dengan sisa kacang yang dihaluskan kasar.

 

5 dari 6 halaman

Resep Kue Kacang 1/2 Kg Terigu © Diadona

Lalu, masukkan kembali kue kacang ke dalam oven, dan panggang lagi selama 10 menit. Angkat kue dari oven, diamkan di suhu ruang hingga agak dingin dan uap panasnya menghilang. Kue kacang siap dinikmati.

Kamu juga bisa memasukkan kue kacang tersebut ke dalam toples andalanmu untuk sajian jajanan Lebaran lho! Jika ingin menambah variasi rasa, kamu bisa banget menambahkan topping berupa chocochips, keju, dan yang lainnya sesuai selera ya!

Bagaimana? Mudah dan tidak ribet bukan cara membuatnya? Itulah resep kue kacang 1/2 Kg terigu yang bisa kamu recook di rumah. Dengan resep ini kamu bisa menghasilkan beberapa toples. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar