Indahnya Antelope Canyon, Ngarai Unik bak Lukisan dari Alam

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 2 September 2020 16:20
Indahnya Antelope Canyon, Ngarai Unik bak Lukisan dari Alam
Bentuknya yang memanjakan mata ini tercipta melalui proses alami.

Berbicara tentang Ngarai, yang paling terkenal adalah Grand Canyon yang berada di Arizona Amerika Serikat. Namun, ternyata ngarai nggak melulu tentang Grand Canyon aja lho. Salah satu ngarai yang indah dan menakjubkan adalah Antelope Canyon.

Terletak di Arizona juga, Antelope Canyon memiliki keunikan lain yang patut untuk dikunjungi. Seperti apa indahnya tempat ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Antelope Canyon

Antelope Canyon © Diadona

Melansir dari Navajo Tours, Antelope Canyon berada di Page, Coconino County, Arizona, Amerika Serikat. Antelope Canyon ini masih dalam kompleks Navajo Indian Reservation. Ini merupakan daerah penampungan terbesar untuk suku Indian Dine dari Amerika Utara, yang juga disebut Navajo.

Yang menjadikannya unik adalah bentuknya yang indah bagaikan lukisan dari alam dari proses erosi batuan pasir Navajo oleh angin dan air hujan selama ribuan tahun. Kabarnya, tempat ini juga terbentuk akibat banjir bandang yang mengakibatkan erosi atau terkenal dengan proses sub-aerial.

Antelope Canyon © Diadona

Air hujan di musim muson mengalir ke cekungan memanjang yang terletak di atas bagian celah ngarai dan mengalir cepat sembari mengangkut butiran pasir yang dilewatinya saat mengalir ke dalam lorong-lorong sempit.

Seiring berjalannya waktu, lorong-lorong semakin terkikis dan menyebabkan lorong tersebut makin dalam dan menghaluskan tepian lorong dan menimbulkan bentuk dinding batuan bagaikan air yang mengalir.

2 dari 2 halaman

Antelope Canyon © Diadona

Dinding-dinding bertikal Antelope Canyon ini mampu mengubah warna dari pantulan sinar matahari. Hal ini ternyata adalah campuran paparan sinar matahari dan bayangan ngarai yang membuat Antelope Canyon memiliki warna yang cantik dan memanjakan mata wisatawan.

Warna yang dihasilkan adalah oranye dan merah di dinding-dinding ngarai. Saat musim panas, kita bisa melihat pancaran sinar matahari menerobos masuk melewati celah-celah dan membentuk pancaran sinar matahari di tengah remang-remang lorong bebatuan pasir.

Beri Komentar